Karakter Semangat kebangsaan atau mengutamakan kepentingan nasional disebut juga dengan nasionalisme. Prinsip nasionalisme Indonesia merupak...
Daftar Isi [Tampil]

    Karakter Semangat kebangsaan atau mengutamakan kepentingan nasional disebut juga dengan nasionalisme. Prinsip nasionalisme Indonesia merupakan prinsip penting bagi bangsa dan negara. Nasionalisme Indonesia bukan berarti kita merasa lebih unggul dari bangsa lain. Kutipan dari buku Semangat Nasionalisme Dalam Rangka Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara Ditulis oleh Ketut Rusmulyani (2020: 2)Nasionalisme dikatakan sebagai prinsip, sentimen, dan upaya patriotisme, dan kita siap mempertahankannya dengan sekuat tenaga.

    Nasionalisme berbeda dengan semangat nasionalisme. Asas semangat nasionalisme menekankan pada suasana batin yang ada dalam diri setiap individu sebagai individu dan sebagai bagian dari bangsa dan negara, yang diwujudkan dalam bentuk peningkatan kesadaran dan perilaku, cinta tanah air, bekerja keras membangun, mengembangkan. dan memeliharanya. Yaitu kehidupan yang harmonis dan pengorbanan untuk menjaga persatuan dan solidaritas.


    Karakter Bergairah Untuk Kepentingan Nasional

    Sebelumnya telah dijelaskan sebagai berikutjiwa Nasionalisme atau mengutamakan kepentingan nasional disebut nasionalisme. Dalam prinsip nasionalisme, masyarakat tidak memberikan ruang dan ruang untuk mempertanyakan asal usul suku, agama, ras, budaya, dan perbedaan golongan. Keinginan untuk bersatu sebagai bangsa membawa pada kesimpulan bahwa setiap individu harus berani mengorbankan kepentingan pribadinya demi menjaga nilai-nilai persatuan.

    Tanpa pengorbanan, semangat nasionalisme atau kemauan berkorban demi kepentingan nasional sulit terwujud. Bahkan, bisa jadi menimbulkan perpecahan. Sedangkan dalam nasionalisme, kita juga menumbuhkan rasa bangga sebagai bangsaIndonesia. Semangat kebanggaan yang telah dibangun bangsa Indonesia sejak kemerdekaan harus terus dipupuk agar tetap bisa bertahan.

    Baca Juga: Dalam Hal Menyaring Budaya Asing Maka Kedudukan Pancasila Berfungsi Sebagai

    Bentuk nasionalisme yang dimaksud adalah jujur, adil, disiplin, tidak sewenang-wenang, tidak korup, toleran, dan sebagainya. Rasa nasionalisme harus tetap dijaga dalam masyarakat Indonesia, hal ini bertujuan untuk berani melawan. Jika kita tidak bisa menghayati semangat nasionalisme, kita tidak bisa lagi menjaga eksistensi bangsa dan negara dari kehancuran total.

    Penting untuk diingat bahwa semangat atau kepentingan nasional harus diutamakan.Nasional Disebut juga nasionalisme. Saya harap informasi ini bermanfaat!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done