Kegiatan perdagangan internasional yang berlangsung adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu negara akan barang atau jasa yang tidak dapat dipr...
Daftar Isi [Tampil]

    Kegiatan perdagangan internasional yang berlangsung adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu negara akan barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri karena faktor-faktor tertentu.

    Kutipan dari deskripsi di buku perdagangan internasional (2018) Menurut Wahono Diphayana, perdagangan internasional juga dapat diartikan sebagai transaksi komersial antar pihak yang berasal lebih dari satu negara.

    Contoh transaksi komersial antara lain impor dan ekspor produk, pembelian bahan mentah dari luar negeri, dan investasi di negara lain.

    Kegiatan perdagangan internasional dapat dilakukan oleh warga suatu negara dengan warga negara lain, dengan warga negara lain, dengan pemerintah negara lain, atau antara pemerintah suatu negara dengan negara lain.

    Perdagangan internasional oleh negara-negara peserta; Ini dibagi menjadi tiga jenis: perdagangan bilateral, regional dan multilateral.

    Lebih-lebih lagi,Modul Ekonomi SMA Kelas XI Disebutkan bahwa perdagangan internasional yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 adalah kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain berdasarkan kesepakatan bersama.


    Dampak Negatif Perdagangan Internasional

    Selain banyak manfaat yang diberikan, perdagangan internasional juga memberikan dampak negatif terhadap aktivitas perekonomian suatu negara.

    Beberapa dampak negatif perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

    Baca Juga: Barang-Barang Yang Didatangkan Dari Luar Negeri Disebut

    1. Produk dalam negeri semakin menurun

    Perdagangan internasional ini juga akan menciptakan persaingan industri antar negara.

    Jika produksi industri suatu negara berkualitas rendah dan harga relatif mahal dibandingkan negara lain, maka akan terjadi penurunan permintaan di negara tersebut. Hal ini dikarenakan konsumen cenderung mencari produk yang berkualitas dan terjangkau.

    2. Ketergantungan pada negara maju

    Dalam hal produksi barang, negara berkembang dan miskin sangat bergantung pada negara maju, terutama pada faktor produksi yang berhubungan dengan teknologi.

    Di sisi lain, dari sisi konsumsi barang, perkembangan produk elektronik dan otomotif kini semakin dikuasai oleh negara-negara maju. Akibatnya, mayoritas negara-negara miskin dan berkembang masih hanya sekedar konsumen.

    3. Industri kecil kesulitan bersaing

    Keterbatasan modal seringkali menghambat industri kecil untuk mengembangkan diri.

    Kegiatan bisnis internasional berpotensi semakin membatasi ruang lingkup industri kecil karena harus bersaing dengan industri nasional dan multinasional yang bermodal lebih besar.

    4. Persaingan tidak sehat

    Langkah yang dilakukan pemerintah suatu negara dengan menerapkan kebijakan tertentu seperti praktik dumping dan pajak impor guna mendapatkan persaingan dalam perdagangan internasional adalah tindakan yang tidak tepat.

    Strategi ini menghancurkan esensi perdagangan internasional yang seharusnya didasarkan pada prinsip persaingan komersial yang sehat.

    Upaya Mengatasi Dampak Negatif Perdagangan Internasional

    Di bawah ini berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari kegiatan perdagangan internasional.
    • Penerapan sistem kebijakan perdagangan internasional
    • Meningkatkan efisiensi dalam mengolah sumber daya perekonomian negara
    • Mewujudkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    • Memberikan kepentingan khusus kepada industri dalam negeri dengan memberikan subsidi
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done