Analisis SWOT diperlukan untuk menguji kelayakan suatu usaha (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman). Analisis ini sering digunakan untuk me...
Daftar Isi [Tampil]

    Analisis SWOT diperlukan untuk menguji kelayakan suatu usaha (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman). Analisis ini sering digunakan untuk mengkaji suatu permasalahan baik pada produk maupun bisnis yang dijalankannya.

    mengutip dari buku Analisis SWOT Olahan Salak di UD Halwa Indoraya Desa Kedungrejo Megaluh Jombang Ditulis oleh Siti Nur Qomariyah dan Ahmad Nurzaifin, Analisis SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor yang dilakukan secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.

    Deskripsi dan analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (memaksa) Juga peluang (peluang). Analisis ini juga bertujuan untuk meminimalkan kelemahan (kelemahan) dan ancaman (ancaman).



    Definisi SWOT

    Dijelaskan dalam buku Analisis SWOT Menggunakan Metode Survei Menurut Salim dan Siswanto, analisis SWOT adalah faktor-faktor yang digunakan untuk mendapatkan sudut pandang dasar mengenai strategi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

    Artinya mengevaluasi upaya mana yang dapat dijadikan alternatif solusi dalam mengelola dan mengembangkan strategi. Faktor-faktor yang termasuk dalam analisis SWOT meliputi:
    • Kekuatan (kekuatan). Ini adalah keadaan kekuasaan yang ada dalam organisasi, proyek, atau konsep yang ada. Kekuatan yang dianalisis adalah faktor-faktor yang melekat pada organisasi, proyek atau konsep yang ada.
    • Kelemahan (kelemahan). Ini adalah kelemahan yang ada pada organisasi, proyek, atau konsep yang ada. Kelemahan yang dianalisis adalah faktor-faktor yang melekat pada organisasi, proyek atau konsep saat ini.
    • Peluang (peluang). Ini adalah kondisi untuk peluang pengembangan di masa depan. Kondisi yang muncul adalah peluang yang muncul dari organisasi, proyek atau konsep itu sendiri; misalnya pesaing, kebijakan pemerintah dan kondisi lingkungan sekitar.
    • Ancaman (ancaman). Ini adalah situasi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek, atau konsep itu sendiri.

    Peran Analisis SWOT Dalam Pengujian Kelayakan Usaha

    Dijelaskan di halaman Investopedia Analisis SWOT bertujuan untuk mengevaluasi potensi saat ini dan masa depan serta faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang disebutkan adalah kekuatan dan kelemahan. perusahaan. Sedangkan faktor eksternal merupakan peluang dan ancaman.

    Menurut Afif Salim dan Agus B. Siswanto dalam buku Analisis SWOT menggunakan Metode Survei Analisis SWOT diperlukan untuk menguji kelayakan suatu usaha karena mempunyai peran sebagai berikut:
    • Memudahkan memetakan faktor-faktor penting: Keempat komponen dalam analisis SWOT akan memudahkan Anda mengetahui dan memetakan faktor-faktor mana saja yang penting dalam suatu strategi.
    • Mengantisipasi permasalahan di masa depan: Analisis SWOT juga memungkinkan Anda menemukan potensi yang dapat memicu permasalahan. Dari sini para pebisnis bisa memperkirakan permasalahan apa saja yang mungkin timbul.
    • Mengetahui posisi perusahaan: Dengan menggunakan analisis SWOT, Anda dapat mengetahui posisi perusahaan Anda dan juga menganalisis perusahaan pesaing. Hal ini tentunya menguntungkan untuk mengalahkan perusahaan pesaing di pasar.
    • Perusahaan bisa berkembang lebih cepat: Analisa SWOT jika digunakan dengan tepat akan memudahkan para pebisnis dalam mengembangkan perusahaannya.
    • Kemudahan Pengambilan Keputusan: Analisis SWOT digunakan untuk perencanaan strategi dan solusi masalah. Oleh karena itu, analisis SWOT dapat memudahkan para pebisnis dalam mengambil keputusan penting.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done