Jika Anda suka membaca blog Brain Academy, Anda pasti akan menemukan kalimat ini di paragraf terakhir: Apakah masih ada yang bingung? Mari k...
Daftar Isi [Tampil]

    Jika Anda suka membaca blog Brain Academy, Anda pasti akan menemukan kalimat ini di paragraf terakhir:

    Apakah masih ada yang bingung? Mari kita bertanya pada Guru Master STAR di Brain Academy. Anda bisa mengikuti pelatihan online atau datang langsung ke cabang. Ada pelajaran trialnya gratis lho!

    Ya, kalimat ini termasuk dalam kalimat persuasif, tahukah anda apa yang dimaksud dengan persuasif? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata persuasif mempunyai arti membujuk dengan lembut kepada seseorang untuk membujuk.. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri dan struktur teks persuasif. Untuk mendengarkan!


    Memahami Teks Persuasif

    Teks persuasif atau persuasif, disengaja untuk untuk mengundang,dikatakan, atau membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu berdasarkan apa yang penulis suruh mereka lakukan. Penulisan teks persuasif bersifat subyektif karena isinya sepenuhnya merupakan pendapat pribadi penulis terhadap suatu topik.

    Kalimat persuasif sering muncul dalam pidato, teks negosiasi, atau iklan.. Kalimat ini biasanya diawali dengan kata-kata: “besar“, “muatan""Oke,"dll. Kalimat persuasif dapat berupa ajakan, keberatan atau permintaan.


    Ciri-Ciri Teks Persuasif

    Teks persuasif memiliki beberapa ciri yang dapat kita temukan dari penggunaan bahasanya:

    1. Adanya kewajiban

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, teks persuasi bersifat perintah yang menyatakan bahwa suatu perbuatan tertentu dilarang atau wajib dilakukan. Oleh karena itu, teks persuasif seringkali mengandung kata-kata imperatif.

    2. Terdapat konjungsi argumentatif

    Contohnya adalah kata oleh karena itu, akibatnya, akibatnya,dll. Adanya konjungsi argumentatif akan membuat pembaca semakin terinspirasi dengan teks yang kita tulis.

    3. Ada Data dan Fakta

    Sekarang,Seperti yang kita ketahui, tujuan teks persuasif adalah untuk mempengaruhi dan membujuk pembacanya. Oleh karena itu, teks persuasif harus mempunyai justifikasi yang kuat serta didukung oleh data dan fakta.

    4. Dapat meyakinkan pembaca

    Teks persuasif diciptakan untuk membujuk pembaca dan mengambil tindakan sesuai pemikiran penulis. Karena teks persuasif bertujuan untuk mempersuasi pembacanya.

    5. Undangan

    Ciri teks persuasif selanjutnya adalah adanya kalimat ajakan di dalamnya. Kehadiran kalimat ajakan ini memudahkan Anda memahami teks persuasif. Beberapa kata ajakan yang sering ditemukan dalam teks persuasif adalah kata l.lakukanlah, ayo, ayodan seperti.

    Tujuan Teks Persuasif

    Apa tujuan dari teks persuasif? Oleh karena itu, teks persuasif bertujuan untuk mempersuasi atau mengajak pembacanya agar mengikuti dan melaksanakan ajakan, perintah, atau bujukan yang disampaikan pengarang dalam teks tersebut.

    Struktur Teks Persuasi

    Untuk membuat teks persuasif, Anda perlu mengetahui strukturnya terlebih dahulu. Ada empat struktur yang harus ada dalam teks persuasif; pengenalan topik, rangkaian argumen, pernyataan ajakan dan penegasan kembali. Berikut penjelasannya:

    1. Pengantar Edisi 

    Pengenalan topik adalah pengenalan atau penyajian suatu topik atau topik yang menjadi dasar tulisan yang dibahas dalam teks.

    2. Rangkaian Argumen

    Struktur kedua dalam teks persuasif adalah seperangkat argumen. Berikut pendapat dan fakta mengenai topik yang dibahas pada pendahuluan mata pelajaran.

    3. Pernyataan Undangan

    Termasuk didalamnya adalah ajakan kepada pembaca untuk mempercayai ide-ide yang disampaikan penulis; pernyataan ajakan tersebut dapat disampaikan secara tersurat maupun tersirat.

    4. Verifikasi ulang

    Struktur terakhir dalam teks persuasif adalah reaffirmation, yaitu penegasan terhadap pernyataan sebelumnya yang ditandai dengan kata “”.itu dia""Seperti ini," Ve "Kemudian".

    Kaidah Kebahasaan dalam Teks Persuasi

    Kaidah linguistik adalah kaidah atau ciri kebahasaan tertentu yang melekat pada teks dan karya sastra. Teks persuasi memiliki kaidah kebahasaan yang bermacam-macam:

    1. Kata Undangan

    kata undangan Sekelompok kata yang digunakan untuk mengundang, membujuk, atau mendorong pembaca atau pendengar. Ada dua jenis kata ajakan: tersurat dan tersirat.
    • Contoh undangan ekspres: Oke Ve besar.
    • Contoh undangan tersirat:inginkan, sebaiknya, diharapkan, perlu, Ve mutlak.
    2. Kata Kerja Mental

    kata kerja mental Kata kerja yang melibatkan emosi atau reaksi terhadap suatu tindakan atau peristiwa.

    Contoh kata kerja mental: lupa, ingat, ragu, kagumi, asumsikan, simpulkan

    3. Kata-kata Teknis

    kata teknis Kata-kata khas atau gabungan kata yang menyentuh atau berhubungan dengan bidang tertentu.

    Misalnya dalam bidang pendidikan, contoh kata teknisnya adalah: kurikulum, UTBK, PTS, dll.

    4. Kata-kata Terkait Argumentatif

    kata hubungan kontroversial Kata-kata yang digunakan untuk menekankan suatu argumen dalam sebuah kalimat atau paragraf.

    Contoh konjungsi argumentatif: jika, mengapa, karena, oleh karena itu, akibatnya, dan oleh karena itu.

    5. Kata-kata Rujukan

    Kata utamanya adalah Kata-kata yang digunakan sebagai masukan sebelum menyajikan data yang menjadi sumber teks persuasif. Kata referensi adalah kata-kata yang digunakan sebagai pengganti suatu benda, tempat, atau orang.

    Contoh kata pengantar: berdasarkan, berasumsi, dan karena itu.

    Contoh Teks Persuasi

    Setelah memahami pengertian, ciri, struktur dan kaidah bahasa yang digunakan, sekarang mari kita lihat contoh teks persuasif, yuk!

    Seperti yang Anda ketahui, tema yang disampaikan dalam teks persuasi bermacam-macam. Terutama pendidikan, lingkungan hidup, politik dan kesehatan.

    1. Contoh teks persuasif bertema kesehatan

    Pentingnya Olahraga untuk Kesehatan Anda

    Salam Sehat!

    Kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup kita. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, tapi juga membantu meningkatkan kesehatan mental.

    Banyak orang mungkin merasa kesulitan untuk mulai berolahraga, namun ada banyak pilihan olahraga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup individu. Mulailah dengan aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda dan secara bertahap tingkatkan intensitas dan durasinya.

    Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan:
    • Ini mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi dan penyakit jantung.
    • Ini membantu meningkatkan daya tahan dan kondisi fisik.
    • Ini meningkatkan kesehatan mental dan membantu mengurangi stres.
    • Meningkatkan kualitas tidur.
    • Ini meningkatkan kepercayaan diri dan membantu mengatasi depresi.
    • Jangan jadikan kebiasaan malas dan kurangnya waktu menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Lakukan yang terbaik dan pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai aktivitas fisik baru.
    • Jadi mulailah berolahraga sekarang dan jadikan hidup Anda lebih sehat dan bahagia!
    2. Contoh teks persuasif bertemakan pariwisata

    Perjalanan: Mengisi Hidup dengan Pengalaman Baru

    Kita semua merasakan stres dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang yang kita butuhkan adalah istirahat dan relaksasi. Bepergian adalah cara yang bagus untuk mengisi ulang energi Anda dan mengalami sesuatu yang baru.

    Traveling tidak selalu harus jauh dan mahal. Ada banyak tempat di sekitar kita yang menawarkan pengalaman menarik dan unik. Mulailah dengan meneliti tempat-tempat menarik di sekitar Anda dan cari tahu peristiwa atau aktivitas apa yang sedang terjadi.

    Mengalami budaya baru, mencoba makanan baru, atau melihat pemandangan alam yang indah bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, traveling juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

    Jangan biarkan kekhawatiran tentang biaya dan waktu menghentikan Anda untuk bepergian. Ada banyak pilihan liburan yang bisa disesuaikan dengan budget dan jadwal saat ini. Mulailah dengan membuat rencana dan anggaran yang tepat, dan jangan ragu untuk meminta nasihat teman atau keluarga.

    Jadi luangkan waktu untuk berlibur dan isi hidup Anda dengan pengalaman baru. Nikmati keindahan dunia ini dan jadikan liburan Anda menjadi kenangan yang tak terlupakan.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done