Aliran barang dan jasa yang masuk ke dalam negeri dari luar negeri disebut kegiatan impor. Kegiatan ini dilakukan oleh banyak negara, termas...
Daftar Isi [Tampil]

    Aliran barang dan jasa yang masuk ke dalam negeri dari luar negeri disebut kegiatan impor. Kegiatan ini dilakukan oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya manfaat dan tujuan dari kegiatan tersebut impor untuk negara masing-masing.

    Selain itu, aktivitas impor sangat erat kaitannya dengan pendapatan pemerintah dan kondisi perekonomian di negara tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika hampir semua negara kini melakukan aktivitas impor.


    Suatu istilah yang berkaitan dengan arus barang dan jasa yang masuk ke suatu negara dari luar negeri

    Kutipan dari buku Seri Soal IPS Mendalam untuk Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs, Tim Tentor Eduka (2020:106), terupdate untuk mempelajari Produk dan jasa yang masuk ke dalam negeri dari luar negeri disebut impor.

    Sedangkan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2021, impor adalah kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean. Tujuan pemasukan barang atau jasa dari luar negeri adalah untuk mendistribusikannya di dalam negeri atau untuk membebaskan lalu lintas daerah.

    Pada dasarnya ada berbagai alasan yang mendorong suatu negara melakukan kegiatan impor; Ini termasuk yang berikut ini.

    Baca Juga: Barang-Barang Yang Didatangkan Dari Luar Negeri Disebut

    Menghemat biaya produksi sehingga barang yang dijual bisa lebih murah.

    Negara pengimpor dapat memproduksi barang atau jasa sendiri, namun jumlahnya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

    Negara-negara pengimpor membutuhkan bahan mentah, keterampilan, dll. Ia tidak dapat memproduksi barang tertentu karena kekurangannya.

    Dari ketiga alasan di atas, nampaknya tujuan kegiatan impor adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Kegiatan impor juga merupakan salah satu bentuk komunikasi dan kerjasama antar negara.

    Menariknya lagi, aktivitas impor suatu negara juga dapat memperbaiki neraca pembayarannya dan mengurangi pengeluaran devisa ke negara lain. Untuk itu, impor merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan setiap negara saat ini.

    Oleh karena itu berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa arus masuk barang dan jasa adalah sebagai berikut: luar negeri Itu disebut impor ke dalam negeri. Saya harap informasi ini bermanfaat.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done