Kencing Ini adalah cairan limbah yang dihasilkan dari proses metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri merupakan proses penguraian zat-zat di d...
Daftar Isi [Tampil]

    Kencing Ini adalah cairan limbah yang dihasilkan dari proses metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri merupakan proses penguraian zat-zat di dalam tubuh.

    Dalam dunia medis, urine kerap dijadikan sebagai tolok ukur apakah seseorang mengidap suatu penyakit. Kelainan pada proses buang air kecil merupakan gejala dari banyak penyakit.


    Bila Kadar Glukosa Dalam Urin 1,5% Kemungkinan Orang Tersebut Menderita

    Misalnya, untuk mengevaluasi apakah seseorang menderita albuminuria, petugas medis akan memeriksa apakah urinnya bercampur dengan albumin. Jika albumin terkontaminasi, orang tersebut mungkin menderita albuminuria.

    Ada banyak jenis penyakit yang memiliki gejala kencing selain albuminuria. Gejala-gejala ini dapat terjadi, misalnya ketika kadar glukosa atau gula darah 1,5% dalam urin, kemungkinan seseorang menderita penyakit tertentu.

    Apa nama penyakit yang timbul gejala tersebut? Inilah jawabannya.

    Baca Juga: Uretra Yg Terdapat Di Dalam Penis Berfungsi Untuk

    Diabetes

    Kutipan dari buku Anatomi Fisiologi Urin Ditulis oleh Inzhici S Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan bercampurnya glukosa dengan urin. Jika kadar glukosa dalam urin 1,5%, kemungkinan besar orang tersebut menderita diabetes.

    Diabetes Melitus merupakan penyakit atau kelainan metabolisme yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia) akibat rusaknya sekresi dan fungsi insulin.

    Selain kadar glukosa dalam urin mencapai 1,5%, ada gejala lain yang dirasakan penderita diabetes:
    • Peningkatan frekuensi buang air kecil (lebih dari biasanya).
    • Dehidrasi atau rasa haus yang ekstrem.
    • Kita sering merasa lapar.
    • Mudah lesu dan lelah.
    • Iritasi pada area genital, seperti munculnya sariawan, dapat menyebabkan pembengkakan dan gatal-gatal.
    • Kulit terasa gatal dan sangat kering.
    • Penurunan berat badan yang ekstrem.
    • Mudah kesemutan atau mati rasa.
    Mengutip situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, jenis diabetes dibagi berdasarkan penyebab utama terjadinya penyakit ini:
    1. Diabetes tipe 1 adalah diabetes yang disebabkan oleh kerusakan sel beta pankreas yang memproduksi insulin, sehingga pasien sangat kekurangan insulin.
    2. Tipe 2 merupakan jenis diabetes yang disebabkan oleh gangguan sekresi dan resistensi insulin. Akibatnya, pasien tidak mampu merespons insulin yang diproduksi tubuh secara normal dan membangun kekebalannya sendiri, sehingga terjadi kekurangan insulin relatif.
    3. Tipe Spesifik merupakan jenis diabetes yang disebabkan oleh faktor genetik, terutama kerusakan genetik pada sel beta pankreas, serta konsumsi obat-obatan atau bahan kimia.
    4. Diabetes gestasional merupakan salah satu jenis diabetes yang terjadi karena kehamilan, namun penyakit ini hanya bersifat sementara dan membaik setelah melahirkan.
    Untuk mencegah diabetes, Anda bisa mengatur pola makan agar lebih sehat. Makan makanan sehat, olahraga teratur, dan periksakan kadar gula ke dokter secara rutin.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done