Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi Nasional adalah menghormati perbedaan. Melaksanakan integrasi dalam suatu negara sangatlah pent...
Daftar Isi [Tampil]

    Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi Nasional adalah menghormati perbedaan. Melaksanakan integrasi dalam suatu negara sangatlah penting dalam rangka menjamin keharmonisan antar masyarakat. Seperti diketahui, Indonesia terdiri dari berbagai suku, tradisi, agama, dan budaya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang majemuk dan rentan terhadap perselisihan akibat perbedaan tersebut. Namun dengan integrasi, masyarakat bisa mengedepankan toleransi dalam hubungan sosial. Untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial, integrasi harus dilaksanakan pada seluruh lapisan masyarakat. Untuk lebih memahami integrasi nasional, simak penjelasan lebih lanjut di artikel ini.


    Implementasi Integrasi Nasional di Indonesia

    mengutip dari buku Strategi Penyelenggaraan Kursus Online Pada Masa Pandemi, Ermanovida dkk (2022), Integrasi nasional merupakan upaya menyatukan perbedaan-perbedaan dalam suatu bangsa negara Menciptakan keharmonisan dalam skala nasional.

    Indonesia adalah negara besar dengan banyak perbedaan. Oleh karena itu, negara ini rawan konflik internal sehingga perlu dicegah dengan menerapkan integrasi nasional.

    Salah satu faktor yang mendukung integrasi nasional adalah munculnya perasaan senasib dan perjuangan di kalangan masyarakat. rakyat. Hal ini akan memungkinkan manusia berada dalam persamaan dan persaudaraan yang erat satu sama lain. Contoh rasa senasib dan perjuangan yang sama dapat kita lihat pada peristiwa perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Resistensi tersebut dapat tercipta dari kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan.


    Cara Meningkatkan Integrasi Nasional

    Upaya apa yang dilakukan untuk mempertahankan integrasi sosial? Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan integrasi nasional di Indonesia antara lain:
    • Pelestarian dasar negara Pancasila dan UUD 1945.
    • Mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    • Meningkatkan rasa patriotisme.
    • Meningkatkan toleransi antar suku, budaya dan agama.
    • Hindari rasisme.
    • Meningkatkan toleransi beragama terhadap orang lain.
    • Berbuat baik dan adil terhadap sesama tanpa membeda-bedakan berdasarkan latar belakangnya.
    • Berperilaku sesuai aturan yang berlaku di rumah, sekolah atau di masyarakat.
    • Berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat.
    • Mempromosikan sikap empati, toleransi dan toleransi antar masyarakat.
    • Penuhi tanggung jawab Anda dengan kemampuan terbaik Anda.
    Setelah menyimak pembahasan di atas, terlihat bahwa cara meningkatkan integrasi nasional adalah dengan menghargai dan memupuk perbedaan, toleransi antar komunitas.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done