Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile Lengkap

Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile Lengkap

Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile terus di kembangkang dari tahun ketahun, mulai dari Operasi Sistem (OS), kecepatan jaringan mobile, sampai ke aplikasi yang digunakan.

Operasi Sistem Mobile dari ketahun terus berkembang contohnya saja mulai dari Operasi Sistem Android versi Apple Pie / Alpha v1.0 dikembangkan menjadi sampai seperti sekarang yaitu versi Android Pie.

Bukan hanya sistem operasi yang berkembang, namun kecepatan jaringan mobile juga terus berkembang mulai dari teknologi 0G / 0,5G (Zero Generation), sampai sekarang sudah mencapai teknologi 5G.

Oleh sebab itu mari kita bahas Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile dari awal sampai saat ini, atau teknologi mobile terbaru.

Pengertian Mobile Teknologi

Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile

Mobile teknologi merupakan suatu perangkat teknologi tang berbasis mobile atau yang biasa kita sebut dengan Handphone.

Hampir semua orang sekarang menggunakan handphone sebagai alat komunikasi, bahkan zaman sekarang sudah ada yang namanya smarthphone, dimana smartphone ini lebih canggih dan lebih menarik di bandingkan dengan handphone-handphone biasa.

Teknologi yang digunakan dalam smarthphone jauh lebih canggih dengan handphone biasa, dimana di dalam smarthphone ini teknologinya hampir menyamai dengan teknologi yang ada pada komputer.

Setelah Anda mengetahui perngertiannya, mari kita bahas perkembangan teknologi aplikasi mobile menurut sistem operasi Android dari versi ke versi.

Pekembangan Teknologi Aplikasi Mobile Menurut Versi Android Sistem

Versi Android Sistem terus berkembang mulai dari versi Apple Pie / Alpha v1.0, sampai seperti sekarang Android Pie yang menjadi generasi Android ke 9, atau generasi Android terbaru masa kini.

Sekarang mari kita bahas perkembangan teknologi mobile tersebut dibawah ini, simak dengan baik ya.

1. Apple Pie / Alpha v1.0

Operasi Sistem Android yang pertama adalah versi Apple Pie, Operasi Sistem Android ini dirilis pada tanggal 23 September 2008.

2.Banana Bread v1.1

Selanjutnya Operasi Sistem Android yang kedua yaitu Banana Bread yang telah dirilis pada bulan Februari 2009.

3. CupCake v1.5

Sistem Operasi Android CupCake adalah OS Android yang mulai berbeda dengan OS Android yang sebelumnya, di OS Android ini Google sudah mulai menunjukan perkembangan teknologi yang pesat, jika dilihat dari veri OS Android sebelumnya.

4. Donut v1.6

Versi OS Android Donut dirilis pada bulan September 2009, pada versi OS Android ini Google mulai memperbaiki masalah / bug yang ada pada OS Android sebelumnya. 

Dan menambahkan fitur nafigasi turn-by-turn pada OS Android yang membuatnya menjadi lebih sempurna pada masanya.

5. Eclair v2.0-2.1

Pada versi OS Android ini sudah mulai menunjukan perkembangan teknologi mobile yang pesat, yaitu mulai dari penambahan Bluetooth, penambahan fitur multi-touch, Live Wallpaper dan juga Blitz kamera. Dan OS Android ini dirilis pada Oktober 2009.

6. Froyo / Forzen Yogurt v2.2

Pada bulan Mei 2010 kolaborasi antara Google Chroome dengan Android mulai terlihat dengan ditambahkanya script Chroome pada Os Android ini, dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan kinerja.

7. Gingerbread v2.3

Pada generasi OS Android ini mulailah muncul perusahaan smartphone raksasa yaitu perusahan Samsung yang merilis Samsung Nexus.

Di Versi Android 2.3 ini Google menambahkan fitur baru yaitu internet Calling, NFC, Download Manager. Dan Versi Android ini dirilis pada bulan Desember tahun 2010.

8. Honeycomb v3.0-3.2

Honeycomb v3.0-3.2 dirilis pada Februari 2014, pada versi OS Android ini di khususkan untuk tablet yang pada saat itu menjadi trend smartphone.

9. Ice Cream Sandwich v4.0

OS Android ini adalah OS yang multi fungsi karena pada zamannya versi ini dapat dipasang pada tablet dan jenis Android lainnya. 

Fitur Android juga bertambah diantaranya yaitu ekstra multitasking dan notifikasi yang lebih banyak.

10. Jelly bean v4.1.2

Jelly Bean ini dirilis pada 27 Juni 2014 lewat konferensi I/O yang di adakan oleh Google. Pada versi OS Android ini berbeda dibandingkan versi sebelumnya, karena diperbaruinya segi User Interface yang lebih elegan seta penambahan fitur Google Search.

11. KitKat v4.4.2

Versi Android ini mungkin pada zaman sekarang masih banyak orang yang menggunakannya, karena performa OS ini memang masih kuat untuk game game online pada zaman sekarang.

12. Lolipop v5.0

OS ini diluncurkan oleh Google pada tahun 2014. Dan untuk versi Lollipop yang pertama ditanamkan pada Smartphone Google Nexus 6

13. Marsmelow v6.0

Versi Android 6.0 diberinama oleh Google sebagai Marshmallow. Android Marshmallow juga mendapatkan update fitur fitur yang terbaru pada masanya dari Google.

14. Nougat v7.0 

Versi OS Android ini baru diperkenalkan pada ajang kumpul developer Google I/O, pada pertengahan 2016. 

Update versi Android ini menambahkan kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi.

Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan sebelum di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. 

Dan Android versi 7.0 atau Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

15. Oreo v8.0

Versi android ini resmi diperkenalkan oleh Google pada tanggal 22 Agustus 2017, nama “Oreo” tersebut sudah mulai diketahui sejak Android O pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017 pada Mei 2017 lalu.

16. Android Pie

Android Pie pertama kali dirilis oleh Google pada 7 Maret 2018. Versi pengembangan kedua dirilis pada 8 Mei 2018. Versi Pengembangan yang ketiga dirilis pada 6 Juni 2018. Versi Pengembangan yang keempat dirilis pada 2 Juli 2018.

Sampai pengembangan final yang dirilis pada 25 Juli 2018. Dan secara resmi dirilis ke publik pada 6 Agustus 2018 dengan nama "Android 9 Pie".

Selanjutnya mari kita bahas Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile menurut kecapatan jaringan internet.

Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile Menurut Kecepatan Jaringan Internet

Kecepatan jaringan internet dari zaman kezaman semakin berkembang mulai dari teknologi 0G  / 0,5G (Zero Generation), sampai sekarang sudah mencapai teknologi 5G.

Nah sekarang mari kita bahas saja teknologi pemgembangan aplikasi mobile tersebut.

  1. Teknologi OG, O,5G (Zero Generation)
  2. Teknologi 1G, 1,5G (First Generaion)
  3. Teknologi 2G (Second Generation)
  4. Teknologi 2.5G, 2,75G (Second and A Half Generation)
  5. Teknologi 3G( Thirt Generation)
  6. Teknologi 3.5g , 3,75G (Thirth and a half Generation)
  7. Teknologi 4G (Fourth Generation)
  8. Teknologi 5G

Demikianlah pembahasan kita pada kali ini mengenai Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Akhir kata dari panduan code jangan lupa titik koma.

Berlangganan Artikel Terbaru Via E-mail:

0 Response to "Teknologi Pengembangan Aplikasi Mobile Lengkap"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar di Panduan Code, semoga komentar anda dapat membangun situs ini menjadi lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel