Fungsi Aplikasi HR Dalam Menyeimbangkan Hak dan Kewajiban Perusahaan, tujuan dibuatnya aplikasi HR adalah untuk mengefektifkan dan mengef...
panduan code

Fungsi Aplikasi HR Dalam Menyeimbangkan Hak dan Kewajiban Perusahaan

Daftar Isi [Tampil]
    Fungsi Aplikasi HR Dalam Menyeimbangkan Hak dan Kewajiban Perusahaan, tujuan dibuatnya aplikasi HR adalah untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pekerjaan HR.


    Hubungan yang terjalin antara perusahaan dengan karyawan juga idealnya akan saling menguntungkan kedua belah pihak. 

    Perusahaan memerlukan karyawan untuk dapat menjalankan usahanya, sedangkan karyawan memperoleh gaji yang proporsional dengan kinerjanya.

    Fungsi Aplikasi HR


    Hak dan kewajiban karyawan ataupun perusahaan umumnya secara jelas tertulis dalam pesan perjanjian kerja yang disepakati oleh kedua belah pihak.

    Maksudnya, secara tidak langsung, pemakaian layanan HRIS menolong perusahaan agar tetap menyeimbangkan hak dan kewajibannya. 

    Berikut pemaparan lebih jauh Fungsi Aplikasi HR Dalam Menyeimbangkan Hak dan Kewajiban Perusahaan.

    Absensi Lebih Akurat

    Penggunaan Absensi karyawan ialah data penting yang dapat digunakan untuk memantau kinerja karyawan perusahaan. 

    Pencatatan absensi yang tidak akurat pasti membuat penilaian kinerja karyawan menjadi tidak akurat.

    Sementara itu, absensi karyawan secara akurat dapat ikut mengendalikan ritme kerja dan mengoptimalkan kontribusinya untuk perusahaan. 

    Selain itu, keterlambatan dan ketidakhadiran karyawan dapat pula menjadi pertimbangan dalam perhitungan gaji karyawan.

    Dengan pemakaian aplikasi HR, perusahaan dapat menghindarkan diri dari bermacam dampak negatif akibat kesalahan perhitungan kedatangan karyawan. 

    Karyawan yang melanggar syarat perusahaan Mengenai jam kerja akan memperoleh sanksi yang proporsional. 

    Sedangkan, karyawan yang tetap tiba tepak waktu juga tidak akan menghadapi pemotongan gaji secara sepihak. 

    Perihal ini sebab aplikasi HR sanggup memudahkan pengumpulan dan pengolahan data kedatangan melalui database berbasis cloud. 

    Data absensi karyawan juga dapat tercatat secara akurat lantaran data personal karyawan tersinkronisasi dengan account perusahaan.

    Pengajuan Cuti Melalui Aplikasi Mobile

    Selain berbentuk gaji, karyawan pula mempunyai hak untuk mengajukan cuti. Jatah cuti tiap-tiap karyawan juga dapat saja berbeda lantaran berkaitan dengan masa kerja dan status karyawan.

    Untuk itu, aplikasi HR diperlukan untuk dapat mengakomodir jatah cuti yang tersisa untuk masing-masing karyawan.

    Bukan cuma sanggup menghitung jatah cuti, performa layanan HR pasti akan lebih optimal apabila didukung dengan aplikasi tipe mobile.

    Dengan kata lain, karyawan dapat dengan gampang melaksanakan pengajuan cuti lewat smartphone masing-masing. 

    Kelebihan semacam ini sangat penting lantaran sebagai manusia, karyawan dapat saja mengajukan cuti secara tiba-tiba. 

    Misalnya saja pada saat karyawan tersebut lagi sakit sehingga tidak dapat tiba ke kantor. Cuti tiba-tiba juga dapat diajukan pada saat terdapat keluarga ataupun saudara karyawan yang wafat dunia. 

    Di sisi lain, pihak HR pula harus menguasai macam-macam permohonan cuti yang umumnya diajukan oleh karyawan. 

    Bukan cuma mempermudah pengajuan cuti, aplikasi HR dengan tipe mobile pula membuat pengelola perusahaan dapat lekas mengenali alibi karyawan tersebut melaksanakan cuti cuma bermodalkan smartphone, koneksi internet, dan account perusahaan.

    Klaim Reimbursement Online

    Sebab satu dan lain perihal, karyawan dapat saja memakai uang pribadinya untuk membayar berbagai macam perihal terkait operasional perusahaan. 

    Perusahaan pasti harus mengubah bayaran tersebut lewat sistem reimbursement. Proses reimbursement sendiri harus dicoba secepat mungkin bisa jadi agar pembuatan laporan keuangan perusahaan tidak tertunda. 

    Selain itu, proses reimbursement yang cepat juga dapat membuat karyawan tidak ragu untuk memakai uang pribadinya untuk kebutuhan perusahaan di setelah hari itu.

    Pengajuan reimbursement secara online dengan aplikasi HR sanggup menghindarkan perusahaan dari tumpukan berkas aksesoris reimbursement. 

    Karyawan cuma tinggal mengirimkan bukti pembayaran memakai account personalnya. Pembuatan laporan keuangan perusahaan juga menjadi lebih gampang lantaran informasi pengajuan reimbursement otomatis tersimpan dalam database.

    Perhitungan Gaji Otomatis Dengan Payroll

    Setiap perusahaan dapat jadi mempunyai komponen perhitungan gaji yang berbeda. Selain gaji pokok, karyawan juga pada biasanya menerima bonus tunjangan berbentuk THR ataupun tunjangan overtime untuk karyawan yang bersedia lembur. 

    Selain itu, terdapat juga bermacam potongan semacam PPh 21 ataupun iuran BPJS Ketenagakerjaan yang ikut pengaruhi nominal gaji karyawan. 

    Pemotongan gaji dapat juga dicoba apabila karyawan teruji melanggar peraturan perusahaan semacam terlambat muncul ataupun pengajuan cuti di luar jatah.

    Perhitungan gaji karyawan perusahaan akan menjadi sangat mudah berkat aplikasi HR berbasis mobile.

    Fitur tersebut sanggup melaksanakan perhitungan gaji secara otomatis bersumber pada komponen perhitungan gaji yang berlaku di perusahaan Kamu. 

    Dengan demikian, nominal gaji karyawan akan tetap proporsional dengan kontribusinya pada perusahaan.

    Mengingat pentingnya aplikasi HR dalam menyeimbangkan hak dan kewajiban perusahaan, Kamu pasti perlu memilih penyedia layanan yang sanggup penuhi keempat fungsi tersebut. Kamu dapat mencoba aplikasi HR yang telah dilengkapi dengan aplikasi mobile.

    Demikian yang dapat panduancode sampaikan mengenai Fungsi Aplikasi HR Dalam Menyeimbangkan Hak dan Kewajiban Perusahaan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

    Akhir kata dari panduancode jangan lupa titik koma.
    DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.

    BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
    PULSA : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done