-->

 Siklus akuntansi adalah merupakan proses dimana aktivitas yang dimulai dari analisis dan pencatatan transaksi bisnis, serta berakhir dengan...
panduan code

Aplikasi BukuWarung Bisa Digunakan Untuk Siklus Akuntansi

Daftar Isi [Tampil]

     Siklus akuntansi adalah merupakan proses dimana aktivitas yang dimulai dari analisis dan pencatatan transaksi bisnis, serta berakhir dengan persiapan untuk aktivitas periode akuntansi selanjutnya melalui pembuatan jurnal penutup.

    Perusahaan jasa harus membuat laporan keuangan. Untuk membuat laporan keuangan maka Anda harus mengetahui siklus akuntansi pada perusahaan jasa. Dengan begitu laporan keuangan yang dihasilkan baik dan benar. 

    Aplikasi BukuWarung Bisa Digunakan Untuk Siklus Akuntansi

    Berikut adalah siklus akuntansi perusahaan jasa:

    Identifikasi Transaksi

    Akuntan bertugas mengidentifikasi transaksi agar bisa dicatat dengan akurat. Transaksi yang berdampak langsung terhadap perubahan kondisi keuangan perusahaan dan dapat dinilai dengan objektif harus dicatat. 

    Analisis Transaksi

    Double-entry system adalah sistem pencatatan akuntansi yang umum dilakukan. Tiap transaksi akuntansi harus berpengaruh pada posisi debet dan kredit dalam jumlah sama besar. Maka, persamaan yang biasa dipakai berupa: Aktiva = Kewajiban + Ekuitas

    Mencatat Transaksi ke Jurnal

    Jurnal keuangan merupakan catatan kronologis selama satu periode dan memuat berbagai transaksi yang muncul. Penjurnalan adalah istilah yang digunakan untuk proses ini. Kamu harus mencatat transaksi secara berurutan sesuai tanggal. 

    Posting ke Buku Besar

    Siklus akuntansi berikutnya adalah melakukan pemindahan semua transaksi dalam buku besar, yaitu kumpulan rekening pembukuan berisi informasi mengenai aktiva yang dicatat selama satu periode. Terdapat nomor kode tertentu yang berfungsi mempermudah proses identifikasi, mengecek ulang, atau mencari referensi transaksi yang telah tercatat.

    Membuat Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian.

    Neraca saldo memuat daftar saldo setiap rekening buku besar pada rentang waktu tertentu. Saldo buku besar disatukan dan harus berjumlah sama. Ketika menemukan transaksi belum tercatat atau ada kesalahan, akuntan harus membuat pencatatan dalam jurnal penyesuaian. 

    Menyusun Neraca Saldo Penyesuaian dan Laporan Keuangan

    Neraca saldo penyesuaian disusun berdasarkan buku neraca saldo dan jurnal penyesuaian. Saldo yang ada terbagi menjadi kelompok aktiva dan pasiva, serta disusun agar keduanya memiliki jumlah sama besar.

    Adapun laporan keuangan baru bisa dibuat setelah jumlah saldo dan aktiva memiliki jumlah sama besar. Laporan ini terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

    1. Laporan perubahan modal, guna melihat perubahan modal yang telah terjadi.

    2. Laporan laba rugi, memberi gambaran bagaimana kinerja perusahaan.

    3. Laporan arus kas, menggambarkan informasi relevan kas keluar dan kas masuk pada periode berjalan.

    4. Neraca untuk perhitungan fleksibilitas, likuiditas, dan solvensi. 

    5. Menyiapkan Jurnal Penutup

    Caranya dengan menutup rekening laba rugi atau rekening nominal. Kamu bisa melakukan dengan menihilkan nilai kedua rekening tadi. Untuk periode berikut, jurnal penutup akan membantu memulai kembali siklus akuntansi dari awal.

    Dalam proses pembuatanlaporan keuangan, diperlukan adanya siklus akuntansi untuk mempermudah mengambil keputusan dan kebijakan yang gobiz bagi perusahaan.

    DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami dengan cara memberikan donasi, yang mana nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang Domain Panduan code.

    BANK BRI:401101013389533 a/n ARIF NOERWAHIDIN
    PULSA : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done