Email hosting merupakan salah satu dari berbagai layanan penyimpanan data di internet yang berkembang saat ini. Layanan ini memungkinkan pe...
Daftar Isi [Tampil]

     Email hosting merupakan salah satu dari berbagai layanan penyimpanan data di internet yang berkembang saat ini. Layanan ini memungkinkan pengguna mengelola email secara mandiri.

    Layanan email hosting banyak Anda temui pada sejumlah bisnis dan organisasi. Dengan layanan ini, perusahaan dan organisasi dapat mengelola email secara terpusat untuk seluruh personilnya.

    Tentang Email Hosting

    Cara Memilih Email Hosting Indonesia

    Layanan email hosting dapat Anda pahami sebagai layanan untuk mengelola email secara khusus dan mandiri. Dengan layanan tersebut, Anda dapat mengelola secara penuh aktivitas email lembaga terpisah dari interupsi pengguna lain.

    Layanan ini juga menempatkan pihak pengguna dapat memakai domain khusus sesuai kebutuhan. Sehingga setiap pengguna akan memiliki email dengan domain khusus, misal [email protected].

    Berbeda dengan layanan email gratis pada umumnya, dengan layanan ini, Anda akan memiliki pusat data mandiri.

    Manfaat Email Hosting Untuk Bisnis

    Terdapat berbagai manfaat yang dapat Anda nikmati saat menggunakan layanan ini. Manfaat tersebut terdistribusi pada aspek pemasaran dan operasional, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    Penguatan Brand di Hadapan Mitra dan Konsumen

    Layanan email hosting akan menempatkan bisnis dan organisasi memiliki domain khusus. Hal tersebut menjadikan brand lebih terpercaya di hadapan mitra dan konsumen.

    Brand usaha Anda akan mendapatkan persepsi sebagai entitas bisnis yang lebih serius dan berani berinvestasi pada perangkat yang lebih memadai. Hal tersebut tentu penting saat Anda berhubungan dengan pihak-pihak tertentu.

    Memiliki Alokasi Penyimpanan Berbeda

    Email hosting tidak mengkonsumsi kapasitas penyimpanan yang tersedia pada hosting website. Sehingga alokasi ruang penyimpanan dapat terjaga sesuai kebutuhan.

    Ruang penyimpanan pada hosting website dapat Anda maksimalkan sesuai kebutuhan pengembangan. Layanan ini juga pada umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar dari layanan gratis.

    Proteksi Email

    Layanan hosting untuk email juga memiliki proteksi yang berkembang secara khusus untuk kebutuhan transaksi email. Proteksi tersebut menjaga data dan informasi penting yang menjadi bagian dari aktivitas perusahaan.

    Dukungan Teknis

    Dalam hal teknis dan penggunaan, Anda akan mendapatkan pendampingan dari penyedia layanan. Berbeda dari layanan gratis yang tidak memfasilitas Anda apabila menemui kendala.

    Bebas Tayangan Iklan

    Dengan menggunakan layanan email hosting secara mandiri, tentu Anda dan seluruh pengguna di dalamnya akan terbebas dari tayangan iklan seperti dalam layanan email gratis. Fasilitas ini menjadi dorongan produktivitas yang lebih baik.

    Kriteria Memilih Layanan Email Hosting Indonesia

    Dengan berbagai keuntungan menggunakan layanan hosting khusus untuk email, terdapat beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih penyedia layanan.

    Hal-hal tersebut berhubungan dengan perlindungan data, pertimbangan biaya langganan, dan fitur pendukung yang perlu tersedia dalam sebuah layanan.

    Kapasitas Pengiriman Pesan

    Sebuah bisnis dapat memiliki aktivitas transaksi email yang sangat padat. Terlebih apabila terdapat banyak personil di dalam bisnis Anda. Memiliki layanan hosting khusus untuk email perusahaan tentu harus mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

    Anda perlu memilih layanan email hosting yang dapat memfasilitasi pengiriman email dalam jumlah besar sesuai kapasitas perusahaan.

    DomaiNesia memiliki dukungan pengiriman hingga 1.000 email per hari untuk setiap akun. Sehingga Anda tidak akan menemui hambatan dalam proses transaksi email harian.

    Jumlah tersebut tidak menjadi akumulasi total pengguna. Melainkan kapasitas pengiriman 1.000 email per hari untuk setiap personil berbeda yang terdaftar.

    Kapasitas Lampiran File Email Hosting

    Lampiran file dalam email tentu menjadi hal yang lazim Anda temui. Khususnya dalam kepentingan pekerjaan dan transaksi profesional. Sehingga layanan pilihan Anda juga harus dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

    Pada sejumlah layanan gratis seperti GMail, Anda akan menemui batasan ukuran data hingga 25MB. Dengan layanan DomaiNesia, Anda bisa melampirkan data hingga ukuran 48MB untuk mempermudah transaksi.

    Perlindungan Terhadap Spam

    Anda juga harus memastikan layanan pilihan telah menggunakan fitur pelindung spam. Layanan email yang tidak terlindungi dari spam akan membuat Anda terjebak dalam tumpukan pesan.

    Sayangnya, spam tersebut dapat berisi informasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dan berpotensi mengarahkan pada hal-hal yang merugikan.

    Pencadangan Data

    Pastikan layanan hosting pilihan Anda memiliki fitur pencadangan data. Sebab Anda tentu tidak ingin kehilangan data penting dalam pekerjaan dan transaksi bisnis.

    Alokasi Penyimpanan Email Hosting

    Perhatikan juga alokasi ruang penyimpanan email dan lampiran data yang tersedia dalam sebuah layanan email hosting. Anda lebih baik memilih layanan yang memiliki penyimpanan terpisah antar pengguna untuk melindungi data agar tidak saling bertumpuk.

    Ruang penyimpanan email dan lampiran data juga berhubungan dengan rutinitas transaksi email perusahaan. Pilih kapasitas yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sebab kebutuhan usaha mikro dan korporasi dalam transaksi email tentu berbeda.

    Fitur Auto-Responder

    Pada beberapa bagian perusahaan, fitur auto-responder akan sangat bermanfaat memberikan status dan informasi terkini bagi pengirim pesan. Fitur ini khususnya Anda butuhkan pada sektor pelayanan dan keluhan pelanggan.

    Dengan fitur ini, pelanggan tidak akan merasa diabaikan saat menunggu antrian atau staf admin yang mungkin berada pada tugas lain sementara waktu.

    Penyimpanan Kontak

    Anda dapat menemukan fitur penyimpanan kontak dalam layanan email DomaiNesia. Dengan fitur ini, Anda dapat mengelola kontak dan informasi dengan lebih efisien dan mudah.

    Rekomendasi Layanan Email Hosting Indonesia

    Rekomendasi email hosting Indonesia untuk perusahaan yaitu DomaiNesia, DomaiNesia merupakan salah satu penyedia layanan terbaik di Indonesia. Dengan berbagai pilihan ukuran ruang penyimpanan, paket layanan DomaiNesia dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

    DomaiNesia Lite

    Email Hosting DomaiNesia Lite menyediakan ruang penyimpanan 2GB untuk setiap pengguna. Layanan ini cocok bagi transaksi email usaha kecil dan mikro.

    Layanan DomaiNesia Lite juga sudah termasuk pada fitur custom domain dan memberikan domain gratis bagi penggunanya.

    DomaiNesia Pro

    Layanan Pro memberikan alokasi penyimpanan hingga 10GB per pengguna. Pilihan layanan Pro cocok bagi usaha mikro dan menengah. Opsi ini juga cocok untuk Anda yang memiliki operasional pekerjaan yang berhubungan dengan transaksi data penting dalam jumlah sedang.

    Seperti pada layanan Lite, Anda juga akan menemukan dukungan custom domain dan domain gratis di dalamnya.

    DomaiNesia Max

    Dalam paket Email Hosting DomaiNesia Max, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan email hingga 30GB per pengguna. Jumlah tersebut merupakan ruang yang sangat besar untuk aktivitas transaksi email.

    Tentu saja Anda akan mendapatkan seluruh fitur email premium seperti kapasitas pengiriman email yang besar, dukungan lampiran file hingga 48MB, proteksi spam, pencadangan data, fitur auto responder, dan penyimpanan kontak. 

    Demikian yang dapat Panduan Code sampaikan semoga bermanfaat dan membantu untuk Anda yang sedang mencari rekomendasi email hosting untuk perusahaan.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done