Use Case Diagram adalah jenis flowchart yang dapat digunakan untuk menggambarkan bagaimana sebuah sistem bekerja. Mereka menunjukkan aktor d...
panduan code

Pengertian Use Case Diagram Dan Fungsinya

Daftar Isi [Tampil]

    Use Case Diagram adalah jenis flowchart yang dapat digunakan untuk menggambarkan bagaimana sebuah sistem bekerja. Mereka menunjukkan aktor dan use case, serta koneksi mereka. Anda juga dapat membuat diagram use case Anda sendiri menggunakan Microsoft Visio atau program perangkat lunak serupa lainnya.

    Pengertian Use Case Diagram

    Pengertian Use Case Diagram Dan Fungsinya

    Use Case Diagram dapat digunakan untuk menggambarkan sistem secara umum, menunjukkan bagaimana aktor dan use case terhubung. Use case diagram (juga dikenal sebagai "Use Case Map") adalah representasi visual dari aktor atau pengguna yang berinteraksi dengan aplikasi. Ini menggambarkan semua interaksi mereka, termasuk pihak eksternal yang mungkin terlibat dalam interaksi.

    Diagram use case adalah representasi visual dari aktor atau pengguna yang berinteraksi dengan aplikasi. Ini menggambarkan semua interaksi mereka, termasuk pihak eksternal yang mungkin terlibat dalam interaksi ini

    Fungsi Use Case Diagram

    Use case diagram adalah alat untuk menggambarkan bagaimana aktor berinteraksi dengan sistem. Mereka menunjukkan bagaimana pengguna akan menggunakan perangkat lunak dan mengapa mereka perlu melakukannya, serta apa tujuan mereka.

    Agar organisasi atau orang memahami kebutuhan penggunanya, penting bagi Anda untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan dari produk atau layanan Anda. 

    Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengembangkan daftar tujuan dan persyaratan pengguna-ini bisa berupa apa saja, mulai dari hal-hal sederhana seperti "keluarga saya harus dapat menjadwalkan janji temu sendiri" atau "Saya ingin pemberitahuan ketika ada informasi baru tentang tim olahraga favorit saya" (email). 

    Ini juga bisa mencakup permintaan yang lebih kompleks seperti "Saya ingin gaji anggota staf saya diperbarui secara otomatis setiap bulan," yang memerlukan beberapa analisis tambahan sebelum ditambahkan ke dalam sistem itu sendiri!

    Contoh Use Case Diagram

    Use Case Diagram dapat digunakan untuk menggambarkan sistem secara umum, menunjukkan bagaimana aktor dan use case terhubung. Hal ini juga digunakan untuk menggambarkan aliran kejadian dalam sistem.

    contoh use case diagram

    Aktor biasanya diwakili oleh sebuah ikon dengan nama dan/atau label deskripsi di atasnya, seperti:

    Person (orang) - Seseorang yang menggunakan produk/jasa ini; atau mungkin lebih akurat, orang yang membutuhkan produk/jasa ini di beberapa titik selama siklus hidupnya.

    Use Case dideskripsikan menggunakan bullet dengan angka di sebelahnya (misalnya, 1-2). Angka-angka ini sesuai dengan langkah-langkah spesifik dalam proses pengembangan perangkat lunak Anda yang ingin Anda tangkap sehingga pengembang di masa mendatang tahu bagaimana mereka harus melakukan setiap langkah saat menerapkan solusi perangkat lunak berdasarkan kasus penggunaan ini.

    Sistem direpresentasikan sebagai kumpulan aktor dan use case. Use case ditampilkan sebagai persegi panjang dengan sudut membulat, sementara aktor adalah figur tongkat dengan tepi membulat atau detail lain yang mencerminkan peran mereka dalam desain perangkat lunak Anda.

    Simbol-simbol Use Case Diagram

    simbol use case diagram

    1. Actor

    actor

    Actor ini bekerja dengan metode mencari himpunan kedudukan yang sangat spesifik dari yang pengguna mainkan disaat mengaplikasikan interaksi dengan use case.

    2. Dependency

    Dependency

    Dependency maksudnya sesuatu proses pada saat hubungan pada suatu elemen mandiri ataupun biasa disebut sebagai independent, yang setelah itu mempengaruhi lelemen lain yang tidak tergantung pada elemen mandiri tersebut( independent).

    3. Generalization

    Generalization

    Generalization maksudnya hubungan descendent ataupun objek anak membagiakan struktur data serta perilakunya dari objek induk, sebaliknya objek induk ini berarti objek yang terletak diatasnya ataupun biasa disebut ancestor.

    4. Include

    Include

    Include berperan untuk mengkategorikan use case sumber dengan metode eksplisit.

    5. Extend

    Extend

    Extend bermanfaat untuk mengkategorikan ataupun menspesifikasikan apabila use case targer melakukan ekspansi perilaku dari sumber ke suatu titik yang sudah diberikan.

    6. Association

    Association

    Association merupakan sesuatu garis yang menghubungkan sesuatu objek dengan objek yang yang lain.

    7. System

    System

    System melakukan spesifikasi paket dengan menampilkan sistem secara terbatas.

    8. Use Case

    Use case

    Use case ini meiliki bentuk elips, berperan sebagai penjelasan atas urutan action yang ditampilkan oleh sistem, serta menghsilkan actor lain yang lebih terukur.

    9. Collaboration

    Collaboration

    Collaboration menggambarkan berbagai ketentuan serta elemen yang bekerja guna menyediakan action yang lebih besar dari jumlah elemennya.

    10. Note

    Note

    Note merupakan elemen fisik yang ada pada saat aplikasi mulai dijalankan serta menggambarkan suatu proses komputasi. 

    Kesimpulan

    Dalam posting ini, Anda belajar tentang diagram use case dan cara menggunakannya secara efektif.

    Diagram use case adalah alat yang sangat baik untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan kebutuhan Anda sehingga dapat dipahami oleh orang lain. 

    Ini juga memungkinkan Anda untuk mencari cara yang efisien untuk menjelaskan proses kompleks dan interaksi antar sistem. 

    Jadi, jika Anda memiliki pertanyaan tentang ini atau topik lain yang dibahas dalam posting saya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini!

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Donasi Panduan Code
    Dana : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Spesial hari ini web portofolio diskon 50.000!.