Pada artikel ini kita akan mendefinisikan istilah "ERD", yang merupakan akronim dari Entity Relationship Diagram. Kami juga akan ...
panduan code

Pengertian ERD (Entity Relationship Diagram)

Daftar Isi [Tampil]

     Pada artikel ini kita akan mendefinisikan istilah "ERD", yang merupakan akronim dari Entity Relationship Diagram. Kami juga akan menjelaskan apa itu ERD dan bagaimana ERD dapat digunakan dalam desain database.

    Entity-relationship diagram (ERD) sangat penting untuk memodelkan apa pun mulai dari database yang sederhana hingga kompleks, tetapi bentuk dan notasi yang digunakan bisa sangat membingungkan. Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa detail teknis di balik notasi ERD sehingga Anda dapat menggunakannya dengan percaya diri dalam pekerjaan Anda sendiri.

    Apa itu ERD?

    Pengertian ERD (Entity Relationship Diagram)

    Diagram hubungan entitas (ERD) adalah jenis representasi grafis dari hubungan data antara entitas-atau hal-hal yang ada dalam database atau sistem informasi lainnya-dan atributnya (atau apa yang mereka lakukan). 

    Atribut bisa berupa bidang pada tabel, seperti Nama atau Nomor Telepon, atribut juga bisa berupa sesuatu yang lebih abstrak seperti "Ukuran Perusahaan" atau "Sektor Industri", dan bahkan jika hanya ada satu nilai yang terkait dengan setiap hal yang diwakili oleh entitas, maka nilai-nilai tersebut masing-masing masih akan dianggap sebagai bagian dari "set atribut" karena nilai-nilai tersebut mewakili aspek-aspek yang berbeda terkait dengan mereka (misalnya: satu nilai dapat menggambarkan berapa banyak karyawan yang bekerja di sana sementara yang lain menggambarkan jabatan pekerjaan mereka).

    Entity Relationship Diagram, juga dikenal sebagai ERD, ER Diagram atau model ER, adalah jenis diagram struktural untuk digunakan dalam desain database. ERD berisi simbol-simbol dan konektor yang berbeda yang memvisualisasikan dua informasi penting: Entitas-entitas utama dalam lingkup sistem, dan hubungan antar entitas ini.

    Diagram hubungan entitas (ERD) adalah representasi grafis dari sebuah database. Simbol-simbol dan konektor-konektor dalam ERD merepresentasikan entitas-entitas utama dalam ruang lingkup sistem, serta hubungan apa pun di antara entitas-entitas ini.

    Tujuan utama menggunakan ERD adalah untuk memvisualisasikan informasi, sehingga Anda dapat memahaminya dengan lebih baik dengan melihat bagaimana segala sesuatu saling berhubungan.

    Simbol-simbol Dan Arti ERD

    Simbol ERD adalah lingkaran dengan panah di dalamnya.

    simbol erd

    Ini mewakili hal-hal berikut:

    1. E adalah singkatan dari "end", yang berarti bahwa kita berada di akhir proyek dan siap untuk memulai sesuatu yang baru.
    2. R adalah singkatan dari "return," yang berarti bahwa bagian proyek ini akan selesai dan kemudian digunakan lagi dalam proyek atau sistem lain.
    3. D adalah singkatan dari "detail," yang berarti bahwa setiap tugas harus diselesaikan sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya dalam proses alur kerja Anda (jika ada beberapa langkah yang terlibat).

    Sekilas, diagram ER terlihat sangat mirip dengan diagram alir. Ini terdiri dari kotak-kotak yang mewakili entitas, garis-garis yang menghubungkan hubungan antar entitas, dan bentuk-bentuk berlian yang mengandung atribut. Selain simbol-simbol umum ini, ada simbol-simbol lain yang khusus untuk jenis model data tertentu.

    Diagram ER adalah representasi grafis dari model data dalam sistem Anda. Diagram ini berisi kotak-kotak yang mewakili entitas, garis-garis yang menghubungkan hubungan antar entitas, dan bentuk-bentuk berlian yang mengandung atribut. Selain simbol-simbol umum ini, ada simbol-simbol lain yang khusus untuk jenis model data tertentu.

    Entitas Entitas non-transaksional seperti "Pelanggan" atau "Pesanan".

    Hubungan Hubungan satu-ke-satu atau banyak-ke-satu antara dua elemen non-transaksional seperti "has_address," di mana alamat diperlukan untuk setiap pelanggan (sumber). Hubungan juga bisa dua arah (sumber_kontak > target) atau searah (target > sumber).

    Atribut Atribut adalah bagian dari entitas yang tidak bisa diubah setelah didefinisikan, atribut bisa berisi satu nilai saja-misalnya: nama: John Smith... ... ... .  Ini mungkin tampak seperti hal yang sederhana tetapi jangan meremehkan betapa pentingnya konsep ini ketika membangun sistem yang besar!

    Kesimpulan

    Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang ERD dan definisinya. Kami juga telah membahas tentang pentingnya menggunakan ERD untuk memodelkan data Anda serta manfaatnya. Terakhir, kami telah memberikan beberapa contoh tentang cara membuat ERD menggunakan berbagai alat seperti kode C # atau Java.

    Dalam artikel mendatang dalam seri ini, kami akan membahas topik yang lebih maju seperti diagram hubungan entitas (ERD), teknik diagram hubungan entitas, dll., Jadi, nantikan saja!

    Kesimpulannya, ERD adalah jenis model data yang digunakan dalam desain database. ERD berisi simbol-simbol dan konektor yang berbeda yang memvisualisasikan dua informasi penting: Entitas-entitas utama dalam lingkup sistem, dan hubungan antara entitas-entitas ini.

    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Donasi Panduan Code
    Dana : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Spesial hari ini web portofolio diskon 50.000!.