Pada kesempatan kali ini Panduan Code akan membahas Tips Beli Laptop Untuk Mahasiswa Yang 100% Worthit dan bisa awet digunakan dalam jangka ...
panduan code

Tips Beli Laptop Untuk Mahasiswa Yang 100% Worthit

Daftar Isi [Tampil]

    Pada kesempatan kali ini Panduan Code akan membahas Tips Beli Laptop Untuk Mahasiswa Yang 100% Worthit dan bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

    Tentu Anda tidak ingin membeli laptop yang lambatkan?, nah Anda perlu cukup jeli melihat spesifikasi laptop yang akan dibeli.

    Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

    Tips Beli Laptop Untuk Mahasiswa

    Berikut adalah tips dari Panduan Code untuk teman-teman Mahasiswa yang ingin membeli laptop untuk menunjang perkuliahan nya:

    1. Jangan Membeli Laptop Second Dengan Penyimpanan HDD

    Maksud dari jangan membeli laptop second atau bekas dengan media penyimpanan HDD (Hard disk) yaitu karena TBW (Terabytes Written) dari laptop bekas pasti sudah hampir habis dan akan menyebabkan laptop sangat lambat.

    Efek samping dari TBW hampir habis banyak sekali selain membuat laptop jadi lambat, pemakaian RAM juga akan meningkat dan memberatkan sistem laptop Anda.

    Dan jika Anda tetap akan membeli laptop second dengan media penyimpanan HDD tersebut maka Anda wajib upgrade minimal ke SSD sata.

    Tujuan-nya adalah agar laptop bekas yang Anda beli bisa cukup kencang loading dan penggunaan aplikasinya.

    2. Minimal Beli Laptop Dengan Penyimpanan SSD

    Jika Anda ingin membeli laptop baru, Panduan Code sarankan untuk membeli laptop yang minimalnya sudah menggunakan media penyimpanan SSD.

    Karena media penyimpanan SSD mempunyai kinerja yang lebih cepat, lebih awet, dan lebih aman dari kerusakan.

    Jika HDD (Hard Disk) akan sangat rentan rusak karena goncangan kuat, sedangkan SSD akan tetap aman selagi kondisi fisik SSD nya masih dalam kondisi normal.

    Namun Anda juga harus memperhatikan jenis SSD yang dipakai laptop tersebut, pastikan SSD yang digunakan adalah SSD original dan berasal dari brand yang ternama.

    Banyak kasus SSD baru dari brand cina setelah dipakai cepat rusak, dan real spesifikasi nya tidak sesuai dengan yang ditampilkan pada saat penjualan.

    Ingat Anda lebih baik membeli SSD yang lebih mahal dan awet dari pada membeli SSD murah yang cepat rusak.

    3. Disarankan Prosesor Intel Core i3 Gen 10 Ke Atas

    Pada point ini adalah point terpenting yang perlu Anda ingat sebelum membeli laptop untuk perkuliahan.

    Lihatlah generasi prosesor Anda, jangan sampai Anda menggunakan prosesor keluaran 5 tahun kebelakang, karena sudah terlalu tertinggal.

    Maksudnya seperti ini, ada dua pilihan laptop yaitu i7 gen 2 dan i3 gen 11. Nah dari dua pilihan tersebut pilihan yang terbaik adalah i3 gen 11.

    Kenapa seperti itu?, karena prosesor generasi baru lebih cepat dibandingkan prosesor generasi lama, bahkan i3 gen 11 saja lebih baik dari pada i7 gen 2.

    Jadi mulai sekarang jangan lihat prosesor dari nama depan nya saja ya, misal i3, i5, i7 dan sebagainya, tapi lihat juga generasi keberapa prosesor tersebut.

    4. Minimal RAM 8GB DDR4

    Nah perlu Anda garis bawahi bahwa generasi RAM juga cukup penting disini karena, RAM DDR4 akan lebih cepat dibandingkan RAM DDR3.

    Dan laptop yang masih menggunakan RAM DDR3 biasanya adalah laptop-laptop jaduh yang sudah cukup tertinggal teknologinya, dan kurang cepat untuk digunakan dimasa sekarang.

    Lalu besarnya kapasistas RAM juga sangat penting untuk penggunaan dimasa sekarang, karena sistem operasi saja pada masa sekarang sudah memakan RAM yang cukup besar yaitu rata-rata di 4GB keatas.

    Jika Anda menggunakan RAM 4GB DDR4 maka penggunaan RAM oleh sistem operasi windows nya perkiraan sebesar 70% - 80% an, dan jika Anda menggunakan RAM 8GB DDR4 maka estimasi penggunaan RAM oleh sistem operasinya adalah sekitar 5GB - 6GB an.

    Note: Perkiraan diatas tidak bisa dijadikan patokan atau hasilnya bisa berbeda di setiap laptop tergantung kondisi.

    5. Kualitas Terjamin Bagus Cari Laptop Intel EVO

    Tentu Anda pernah mendengar kata Intel EVO kan, nah jika Anda mencari laptop yang sudah pasti terjamin bagus dan worthit untuk dibeli tanpa pusing cek spesifikasi yaitu beli laptop berstiker intel evo.

    Tidak sembarangan laptop yang bisa mendapatkan sertifikasi Intel EVO tersebut, hanya laptop yang memenuhu syarat-syarat tertentu saja.

    Beberapa kelebihan yang penting dari laptop bersertifikasi Intel EVO adalah daya tahan batrai cukup awet, memiliki port thunderbolt, prosesor generasi terbaru, menggunakan penyimpanan nvme, kualitas layar cukup bagus, keyboard cukup nyaman dipakai, dan tentunya tidak akan boottleneck.

    Sekian dulu yang bisa Panduan Code sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi dan rata-rata penggunaan user lain nya, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Bawah Artikel

    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Donasi Panduan Code
    Dana : 082126546564
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done
    Web Portofolio Murah
    Web Portofolio Murah

    Spesial hari ini web portofolio diskon 50.000!.