Laptop menjadi salah satu gadget yang jadi pilihan banyak orang untuk menunjang produktivitas mereka.  Kehadiran laptop pun perlahan mulai m...
Daftar Isi [Tampil]

    Laptop menjadi salah satu gadget yang jadi pilihan banyak orang untuk menunjang produktivitas mereka. 

    Kehadiran laptop pun perlahan mulai menggantikan komputer karena lebih fleksibel untuk dibawa kemana saja. 

    Namun, sama halnya dengan gadget lainnya, laptop bisa saja mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. 

    Lantas, sudahkah kamu tahu bagaimana cara merawat laptop yang tepat supaya usia laptop kamu lebih tahan lama? Jika belum, yuk coba aplikasikan 7 tips berikut ini. 

    7 Tips Merawat Laptop

    1. Rutin Bersihkan Layar, Keyboard, dan Lubang Port

    Beberapa komponen laptop sering kali rentan terhadap debu. Misalnya saja, bagian layar, keyboard, dan lubang port. Ketiganya juga menjadi komponen terpenting dalam laptop sehingga harus rutin dibersihkan dari berbagai debu. 

    Untuk membersihkan bagian layar, gunakan lap yang bersih dan bersihkan dengan perlahan. Kemudian, untuk bagian keyboard dan lubang port, debu biasanya suka menempel di sela-sela komponen. Untuk membersihkannya, gunakan vacuum cleaner kecil khusus untuk membersihkan komponen tersebut. 

    2. Hindari Menggunakan Laptop di atas Kasur

    Pernahkah kamu menggunakan laptop di atas kasur? Kebiasaan tersebut lebih baik tidak dilakukan karena bisa membuat laptop kamu lebih cepat rusak. Ini karena laptop yang diletakkan di atas kasur bisa menyebabkan suhu laptop tidak bisa keluar dengan baik. Alhasil, laptop akan lebih cepat panas atau overheat. Jadi, supaya tidak sampai terjadi masalah yang menyebabkan laptop kamu rusak, hindari untuk menggunakan laptop di atas kasur ya!

    3. Perhatikan Suhu Laptop

    Tips selanjutnya ini masih berhubungan dengan suhu dari laptop. Tidak banyak yang memperhatikan hal ini dan sering kali abai dalam menjaga laptopnya dari overheat. Perlu kamu ketahui jika laptop kamu memiliki bagian exhaust yang menjadi bagian keluarnya suhu tinggi mesin laptop. Karena fungsinya tersebut, lebih baik jangan tutupi bagian tersebut supaya sirkulasi suhu mesin tidak terlalu panas atau overheat. 

    4. Jangan Taruh Makanan dan Minuman di Dekat Laptop

    Makan dan minum sambil bermain laptop mungkin jadi hal yang biasa bagi beberapa orang. Tetapi, hal ini sebenarnya tidak disarankan karena bisa berisiko membuat laptop kamu terkena makanan atau minuman yang disantap. Jika makanan dan minuman itu sampai tumpah ke komponen laptop, itu bisa membuat laptop jadi rusak, bahkan membutuhkan banyak biaya untuk mereparasinya. 

    5. Perhatikan Daya Baterai

    Merawat daya tahan baterai juga menjadi tips penting dalam merawat laptop. Salah satu hal yang menjadi indikator laptop awet adalah ketahanan baterai laptop. Dalam merawat ketahanan baterai, penting untuk mencharge baterai sebelum menyentuh angka 20%. Disamping itu, jangan sampai terlalu lama mencharge laptop hingga berjam-jam padahal baterai sudah penuh. 

    6. Jangan Menutup Laptop Tanpa Mematikan

    Jika kamu sering menutup laptop padahal belum dimatikan, mulai sekarang janganlah melakukan hal tersebut jika ingin laptop kamu tahan lebih lama. Menutup laptop tanpa mematikannya dulu bisa menyebabkan kerusakan berbagai komponen penting. Hal ini karena menutup laptop dalam keadaan belum dimatikan sama saja dengan memaksa laptop untuk memutuskan arus listrik secara langsung. Sehingga hal ini sangatlah tidak baik untuk keamanan laptop.  

    7. Gunakan Tas Laptop yang Tepat

    Saat membawa laptop beraktivitas di luar rumah, gunakanlah tas laptop yang sesuai dengan ukuran laptop dan bisa memberikan perlindungan untuk laptop tersebut. Tas laptop akan membantu laptop terhindar dari goresan dan pastinya membuat laptop jadi lebih aman.

    Sekian dulu 7 tips merawat laptop supaya bisa awet lebih lama. Tips-tips di atas sangat wajib untuk kamu terapkan untuk menghindarkan laptop dari berbagai kerusakan. Nah, jika kamu membutuhkan lebih banyak tips menarik terkait merawat laptop, yuk kunjungi merakitpc.com yang sajikan segudang informasi bermanfaat di bidang teknologi.

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done