Pengertian Teks Eksposisi – Teks ekspositori adalah jenis teks nonfiksi yang sebenarnya memuat informasi atau penjelasan suatu informasi. T...
Daftar Isi [Tampil]

    Pengertian Teks Eksposisi – Teks ekspositori adalah jenis teks nonfiksi yang sebenarnya memuat informasi atau penjelasan suatu informasi. Teks eksposisi sendiri ditulis berdasarkan data yang diperoleh dari fakta yang sebenarnya terjadi. Selain itu, teks ini menyajikan informasi secara ringkas, jelas, padat dan tentunya akurat. Informasi yang disajikan harus sesuai dengan 5W + 1H atau lebih tepatnya ADIK SIMBA, dimulai dari pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana.

    Jadi sangat mudah untuk menemukan teks pameran. Teks ini sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya media digital, surat kabar, majalah, dan lain-lain. Bagi yang ingin mempelajari dan memahami lebih jauh tentang teks info, artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang teks info, meliputi analisis teks serta makna, ciri, struktur, kaidah bahasa, jenis, pola perkembangan, dan contoh teks info.

    A. Pengertian Teks Eksplanasi

    Teks deskriptif adalah teks atau bentuk tulisan yang memuat keterangan atau keterangan. Secara umum, teks informasi sendiri bertujuan untuk memberikan pemaparan atau penjelasan terhadap suatu gagasan, gagasan pokok, pendapat, informasi, atau informasi tanpa bermaksud untuk mempengaruhi pembacanya. Tujuan teks ekspositori adalah menyampaikan informasi atau informasi faktual dari sudut pandang tertentu.

    Dalam membuat teks eksplanasi biasanya kita fokus pada isu-isu yang ada di masyarakat seperti Covid-19, permasalahan terkait pendidikan, permasalahan terkait perekonomian, dan lain sebagainya. dimaksudkan untuk dibahas. Dengan menulis teks eksplanasi, pembaca akan memperoleh sudut pandang yang lebih luas dalam menyikapi permasalahan yang ada di masyarakat saat ini.

    Selain itu, teks informatif mempunyai bentuk yang dapat digunakan untuk menjelaskan penjelasan ilmiah dan menjawab berbagai pertanyaan, pada dasarnya seperti retorika. Oleh karena itu, sebagian besar teks dalam buku teks atau ensiklopedia merupakan pengembangan konseptual dari teks eksplanasi. Hal ini juga dapat dilihat pada teks lain seperti berita, artikel, prosedur bahkan laporan.

    Baca Juga: Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Ciri, Beserta Contohnya

    B. Unsur-unsur Teks Eksplanasi

    Setelah mengetahui makna teks informatif, maka akan diberikan informasi tentang unsur-unsur teks informatif. Jika suatu teks mempunyai dua unsur pokok, yaitu mempunyai gagasan dan mengandung fakta, maka dapat dikatakan teks eksplanasi. Di bawah ini adalah penjabaran dari dua elemen teks info, antara lain:

    1. Punya Ide

    Unsur pertama teks ekspositori adalah teks yang mengandung ide. Teks informatif sendiri memuat banyak gagasan, seperti penilaian penulis, komentar dan saran terhadap suatu topik yang dibahas. Banyaknya ide dalam teks ekspositori dapat mengajak pembaca untuk turut serta menanggapi permasalahan yang dibahas penulis.

    2. Berisi Fakta

    Unsur teks ekspositori yang kedua adalah memuat fakta yang sebenarnya. Sebagai teks nonfiksi, teks ekspositori menyajikan informasi dan ide berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi. Fakta dalam teks ekspositori seringkali berbentuk informasi; misalnya waktu, tanggal, lokasi kejadian, bahkan pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya.

    Pada akhirnya fakta-fakta tersebut akan membuat gagasan pengarang semakin kuat, sehingga mampu memperkuat keyakinan pembaca terhadap gagasan atau permasalahan tertentu.

    Baca Juga: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli? Inilah Penjelasannya!

    C. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

    Setelah membahas pengertian teks informasional dan unsur-unsur teks informasional, pembahasan selanjutnya adalah ciri-ciri teks informasional. Berikut ciri-ciri teks deskriptif yang perlu Anda ketahui.

    1. Untuk memberikan keterangan atau informasi

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks informatif bukanlah teks fiksi tetapi juga termasuk teks nonfiksi. Oleh karena itu, teks deskripsi seringkali berisi informasi atau pengetahuan. Ilmu yang didapat dari teks ekspositori dapat menambah wawasan kita (sebagai pembaca) dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

    2. Gunakan bahasa baku

    Karena merupakan teks nonfiksi dan isinya berupa pengetahuan atau informasi, maka teks ekspositori ditulis dengan menggunakan bahasa baku. Dalam hal ini kata-kata yang cocok untuk KBBI, kalimat-kalimat yang cocok untuk PUEBI, dan sebagainya. bahasa standar seperti yang dimaksud.

    3. Berisi fakta

    Teks deskriptif biasanya memuat suatu fakta yang didukung dengan data yang akurat sehingga dapat dibuktikan kebenarannya. Oleh karena itu, ketika ingin menulis teks eksplanasi yang baik, perlu mencari sumber data yang tepat agar tidak terjadi kesalahan.

    4. Format penulisan singkat, jelas dan ringkas

    Ciri teks informatif berikutnya adalah gaya penulisannya singkat, jelas, dan padat. Dengan format penulisan seperti itu, pembaca akan dengan mudah mendapatkan informasi atau informasi yang terkandung dalam teks eksplanasi.

    5. Bersikap Objektif dan Tidak Memihak

    Ciri terakhir dari teks eksplanasi adalah teks eksplanasi bersifat objektif dan tidak berpihak pada satu pihak atau beberapa kepentingan. Oleh karena itu, seorang copy writer ekspositori harus mampu memastikan bahwa setiap teks eksplanasi yang ditulis berdasarkan fakta.

    D. Struktur Teks Deskriptif

    Selain itu, setelah membahas pengertian callout text, unsur-unsur callout text, dan ciri-ciri callout text, berikut penjelasan struktur callout text, antara lain:


    1. Dengan cepat

    Bagian ini merupakan bagian pertama sekaligus pembuka teks pameran. Tesis sendiri dapat dipahami sebagai suatu bagian yang mempunyai fungsi memperkenalkan topik, permasalahan, gagasan pokok serta menyajikan pandangan umum penulis terhadap topik atau permasalahan yang sedang dibahas. Tesis juga bisa disebut pernyataan pendapat. Sebelum mulai menulis sebuah teks informatif, penulis harus terlebih dahulu menentukan tujuan dari teks informatif tersebut.

    2. Rangkaian Argumen

    Bagian kedua dari struktur teks eksplanasi terdiri dari sekumpulan argumen. Setelah tesis memperkenalkan suatu topik atau permasalahan yang sudah dibicarakan banyak orang, maka teks ekspositori akan dilanjutkan dengan serangkaian argumentasi. Dapat dipahami sebagai seperangkat argumen, alasan logis, informasi berdasarkan temuan, pendapat berupa fakta yang muncul dan penjelasan para ahli. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pada bab ini Anda akan banyak menemukan komentar yang memberikan penjelasan terhadap tesis yang telah dijelaskan sebelumnya.

    3. Verifikasi ulang

    Bagian terakhir dari struktur teks deskripsi adalah penegasan kembali. Setelah penulis menyampaikan topik atau permasalahan dan mendukungnya dengan berbagai justifikasi atau pendapat yang bersifat faktual, selanjutnya akan dikemukakan kesimpulan atau kesimpulan. Tujuan validasi ulang adalah untuk mengkonfirmasi pendapat awal serta kesimpulan dan rekomendasi terkini mengenai masalah umum yang sedang dibahas.

    Baca Juga : Pengertian Puisi; Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Puisi

    E. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

    Setelah mempelajari pengertian teks ekspositori, unsur-unsur, ciri-ciri dan struktur teks ekspositori, Anda akan diajak untuk memahami lebih dalam tentang kaidah kebahasaan teks ekspositori. Seperti halnya teks lainnya, kaidah bahasa dapat disebut sebagai gaya bahasa khas yang membedakan suatu teks dengan teks lainnya. Berikut berbagai konvensi bahasa untuk teks deskripsi, antara lain:

    1. Kata-kata Teknis

    Teks ekspositori banyak menggunakan kata atau terminologi teknis yang berkaitan dengan suatu topik atau masalah yang sedang dibahas. Misalnya sektor kehutanan, illegal logging, hutan lindung, hutan kemasyarakatan, ekowisata, dan lain-lain.

    2. Kata-kata yang Berhubungan dengan Pembahasan

    Teks ekspositori banyak menggunakan kata-kata yang menggambarkan hubungan argumentatif. Misalnya, jika, karena, karena, sebagai akibat, oleh karena itu.

    3. Kata-kata yang Berhubungan Secara Kronologis

    Dalam teks eksplanasi sering digunakan kata-kata yang menyatakan hubungan kronologis atau istilah-istilah yang menyatakan informasi waktu. Tak hanya itu, teks ekspositori seringkali menggunakan kata-kata yang mengungkapkan perbandingan atau pertentangan. Misalnya akhirnya, tapi sebelum itu, maka sebaliknya berbeda.

    4. Kata Kerja Mental

    Teks eksplanasi juga sering menggunakan kata kerja mental yang digunakan untuk menggambarkan jiwa. Misalnya menyimpulkan, memprediksi, mengharapkan. mengkhawatirkan, mengejutkan, sedih, meramalkan, berasumsi, menjelaskan, dll.

    5. Kata Referensi

    Teks ekspositori banyak menggunakan kata acuan untuk menghubungkan informasi atau pendapat seseorang. Misalnya mengandalkan data, mengutip pendapat, dan sebagainya.

    6. Kata-kata Persuasif

    Teks ekspositori sering juga menggunakan kata-kata persuasif untuk mengundang atau mengesankan pembicara. Kata-kata yang sering digunakan untuk persuasif adalah yang terbaik, diharapkan, perlu, harus, harus.

    7. Kata-kata yang Bermakna

    Teks eksplanasi juga menggunakan banyak kata yang bermakna untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih jelas. Denotatif sendiri dapat dipahami sebagai suatu kata yang mempunyai arti harafiah. Kata semantik adalah kata yang tidak mengalami perubahan atau penambahan makna.

    F. Tujuan Teks Informasional

    Berdasarkan pengertian teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi adalah menyampaikan informasi kepada pembaca dari sudut pandang tertentu. Untuk tujuan teks pengantar ini, pembaca akan dengan mudah memahami makna dan informasi yang terkandung dalam teks tersebut.

    G. Jenis Teks Eksplanasi

    Jika membahas pengertian callout namun tidak membahas jenis-jenis callout text, rasanya kurang lengkap. Pada hakikatnya, teks informasional adalah teks yang bertujuan untuk memberikan keterangan atau informasi kepada pembacanya.

    Namun ada enam jenis teks info, dan tentunya masing-masing memiliki kegunaannya masing-masing. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai callout, berikut enam jenis callout dan penjelasannya:

    1. Definisi Penjelasan

    Teks deskriptif adalah teks yang bertujuan untuk mengungkapkan makna atau definisi suatu topik.

    2. Deskripsi Proses

    Teks naratif proses sebenarnya adalah teks yang memuat berbagai tahapan atau cara menghasilkan sesuatu dari awal hingga akhir.

    3. Pameran Penjelasan

    Teks narasi eksplanasi adalah teks narasi yang bertujuan untuk sekadar merangkum suatu topik dengan topik lainnya. Teks-teks seperti itu seringkali menggambarkan persamaan atau perbedaan sifat topik yang sedang dibahas.

    4. Menjelaskan Kontradiksi

    Teks ekspositori yang kontradiktif juga dapat dipahami sebagai teks yang memuat banyak hal yang saling bertentangan, dari satu hal ke hal lainnya.

    5. Presentasi Laporan

    Teks deskripsi laporan adalah teks deskripsi yang dimaksudkan untuk menyajikan laporan tentang suatu peristiwa atau objek tertentu.

    6. Deskripsi Perbandingan

    Teks naratif perbandingan adalah teks yang memuat pokok-pokok pikiran dan pemikiran yang diperlukan untuk membandingkan suatu hal dengan hal lainnya.

    H. Bagaimana Mempersiapkan Teks Wajar?

    Kami akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang cara membuat teks deskriptif di bawah ini.

    1. Tentukan temanya

    Saat ingin membuat teks pameran, Anda perlu menentukan tema terlebih dahulu. Dengan adanya teman maka arah penulisan akan menjadi lebih jelas, sehingga pesan tertulis dari teks narasi dapat dibaca dan disimak dengan lebih baik oleh pembaca.

    2. Kumpulkan Sumber Daya untuk Bahan Menulis

    Kedua, kumpulkan sumber-sumber yang mungkin berasal dari buku atau artikel yang bisa ditemukan di internet. Apalagi dalam menulis teks eksplanasi, akan lebih baik lagi jika diberikan sumber berupa data terkini suatu peristiwa, misalnya saja keberadaan virus Covid-19. Penulisan penjelasan dengan sumber akan memudahkan pembaca mengetahui informasi lebih lanjut.

    3. Membuat Kerangka Penulisan

    Setelah Anda menentukan tema dan mengumpulkan sumber daya, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka penulisan. Dengan adanya kerangka penulisan Anda akan mengetahui apa yang seharusnya ditulis dalam teks eksplanasi.

    4. Mengembangkan Kerangka Penulisan

    Terakhir, bingkai teks yang dibuat dikembangkan lebih lanjut untuk memastikan teks eksplanasi memuat banyak informasi. Selain itu, dengan pengembangan ini, teks deskripsi menjadi lebih terstruktur sehingga Anda tidak bingung saat membaca.

    I. Model Perkembangan pada Teks Eksplanasi

    1. Umum-Khusus

    Bentuk pengembangan dari umum ke khusus ini dapat juga disebut dengan bentuk paragraf deduktif. Hal ini dikarenakan ide atau gagasan pokok terdapat pada kalimat pertama di awal paragraf, dilanjutkan dengan kalimat deskriptif. Berikut contoh paragraf teks deskripsi umum ke khusus:

    Meski kopi bukan minuman kesehatan, namun memiliki efek baik bagi gigi. Penelitian terbaru yang dilakukan di negara Cappuccino Italia menegaskan fakta ini. Carlo Pruzzo dari Universitas Ancona menjelaskan, senyawa yang terkandung dalam kopi mencegah bakteri menempel pada gigi sintetis. Senyawa ini juga efektif menghilangkan bakteri yang dapat merusak gigi secara langsung.

    Ada gagasan pokok umum di awal paragraf: “Kopi berpengaruh baik pada gigi.” Kemudian diikuti dengan kalimat penjelasan yang khusus membahas topik tersebut. Untuk menjelaskan bahwa kopi baik untuk gigi, kalimat ketiga dan keempat memuat berbagai hasil penelitian terkait pembahasan tersebut.

    2. Prajurit Jenderal

    Model pengembangan teks eksplanasi ini merupakan kebalikan dari model pengembangan sebelumnya, dan model pengembangan dari khusus ke umum disebut paragraf induktif. Sebab, kalimat pertama di awal paragraf mengandung kalimat penjelas. Sedangkan paragraf diakhiri dengan kalimat umum yang memuat gagasan pokok atau gagasan serta kesimpulan. Di bawah ini adalah contoh paragraf teks deskriptif, dari khusus ke umum:

    Gerakan cinta alam berbasis “kesadaran lingkungan sehat” mulai bermunculan di kalangan generasi muda. Banyak perkumpulan ramah lingkungan yang anggotanya adalah pelajar SMP, SMA, atau remaja pesantren. Keberanian melakukan penelitian ilmiah kini semakin umum, terutama di tingkat sekolah menengah atas. Fenomena seperti ini menjadi bukti bahwa generasi muda saat ini tidak selalu mempunyai nilai-nilai negatif.

    Pada paragraf di atas, nampaknya kalimat pertama memuat berbagai penjelasan tentang gerakan cinta alam yang mulai menarik perhatian generasi muda. Ia kemudian melanjutkan dengan berbagai fakta yang menunjukkan bahwa generasi muda mulai berani melakukan penelitian ilmiah. Sedangkan di akhir paragraf, selain gagasan pokok atau gagasan, juga terdapat kesimpulan: Fenomena ini menjadi bukti bahwa generasi muda masa kini tidak selalu memiliki nilai-nilai negatif.

    3. Gambar

    Model penyempurnaan teks deskripsi selanjutnya adalah ilustrasi. Dengan menggunakan pola ini, kalimat pertama di awal paragraf memuat gagasan utama. Kemudian kalimat berikutnya memuat beberapa contoh yang dapat mendukung gagasan utama.

    Gambar-gambar yang disajikan seringkali merupakan data atau informasi tambahan berdasarkan pengamatan atau pengalaman penulis. Hal ini dilakukan untuk mempertegas ide yang disampaikan. Di bawah ini adalah contoh paragraf teks deskriptif yang berisi model pengembangan ilustrasi:

    Olahraga merupakan serangkaian kegiatan yang menyehatkan tubuh. Hal ini karena kita bisa terhindar dari penyakit dengan berolahraga. Misalnya saja berenang dan senam air yang sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru saat bernapas. Selain itu, olahraga apa pun bisa menyehatkan tubuh.

    Pada paragraf tersebut terlihat gagasan pokoknya, yaitu olahraga merupakan suatu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Setelah itu, kalimat selanjutnya akan memberikan penjelasan yang patut dicontoh bahwa berenang dapat menjamin kesehatan pernapasan bagi paru-paru.

    4. Perbandingan

    Teks pernyataan terakhir adalah perbandingan model pengembangan. Berbeda dengan pola sebelumnya, pola ini mengubah setiap kalimat dalam paragraf menjadi sebuah pernyataan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat ide-ide yang disampaikan agar lebih meyakinkan pembaca.

    Ide yang disampaikan biasanya berupa benda, situasi, atau hal yang mempunyai persamaan atau perbedaan. Berikut contoh paragraf teks eksplanasi untuk model perbandingan perkembangan:

    Susu kedelai dikenal sebagai sumber protein, namun kandungan protein pada susu kedelai jauh lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Menurut salah satu sumber, kandungan protein susu kedelai adalah 6,73 gram, lebih sedikit dibandingkan susu sapi yang mengandung 8,02 gram protein.

    Setelah menyimak paragraf ini, kita melihat bahwa di dalamnya terdapat perbandingan kandungan protein susu kedelai dan susu sapi dari kalimat pertama. Perbandingan tersebut diperkuat pada kalimat berikutnya dengan data yang menunjukkan bahwa kandungan susu kedelai jauh lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi.

    J. Contoh Teks Eksplanasi

    Kualitas hidup yang baik dapat ditentukan oleh bagaimana kita menjaga lingkungan. Semakin bersih lingkungannya, semakin baik kualitas hidup kita. Menjaga lingkungan bertujuan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan seperti munculnya wabah penyakit yang membahayakan kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Ini adalah bukti bahwa lingkungan yang bersih dapat membantu menyederhanakan hidup kita dan meningkatkan kualitas kita.

    Gotong royong dalam melakukan pembersihan dan pemeliharaan lingkungan secara rutin dapat menjadi salah satu alternatif dalam memerangi pencemaran lingkungan. Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, tergantung jumlah hari yang tersedia dan jadwal yang disepakati.

    Selain itu, hari Minggu dapat dijadikan jadwal kegiatan pengabdian masyarakat rutin yang dimulai pada pagi hari bagi seluruh masyarakat desa. Kegiatan ini mempunyai banyak manfaat yang bisa dirasakan selain kebersihan dan kesehatan; Hubungan solidaritas antar warga akan diperkuat.

    Kebersihan lingkungan merupakan fenomena yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat dan merupakan faktor penting dalam hal kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Kebersihan lingkungan masyarakat akan menjamin kesehatan dan kenyamanan dan tentunya juga akan mempengaruhi peningkatan kualitas hidup.

    (Kosasih, 2017:17)

    K. Contoh Teks Eksplanasi dengan Analisis Struktural

    Menjamin Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Dengan cepat:

    Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan baik di rumah maupun di lingkungan. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswanya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Faktanya, banyak lomba kebersihan sekolah yang diadakan untuk menarik perhatian sekolah dan menjadikan mereka memperhatikan kebersihan. Cara menjaga kebersihan sekolah antara lain membuang sampah ke lantai, mengelap papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain. terjadi.

    Argumen:

    Membubarkan pengawas kelas merupakan salah satu cara menjaga lingkungan sekolah tetap bersih. Penjaga sering kali melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, mengelap papan, menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari Jumat digunakan untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan membersihkan sekolah setelah periode pertama berakhir. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan “Jumat Bersih”. Selain lingkungan sekolah yang bersih, hubungan antara siswa dan guru juga dapat menjadi lebih erat melalui kolaborasi.

    Penegasan kembali:

    Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjamin kebersihan dan kesehatan seseorang. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan; Kebersihan merupakan upaya manusia untuk menjamin lingkungan sekolah tetap sehat dan senantiasa terlindungi.

    Demikianlah pembahasan mengenai callout text, mulai dari pengertian callout text, unsur-unsur callout text, hingga contoh-contoh callout text. Setelah membaca artikel ini, Anda akan dapat mengerjakan pekerjaan rumah, dll. Kami harap Anda dapat menerapkan atau menulis teks deskriptif.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done