Halo teman teman! Satu kali TIDAK Apakah Anda dengan santai membaca teks pada bungkus mie atau makanan siap saji lainnya? Di bagian belakang...
Daftar Isi [Tampil]

    Halo teman teman! Satu kali TIDAK Apakah Anda dengan santai membaca teks pada bungkus mie atau makanan siap saji lainnya? Di bagian belakang harus ada semacam petunjuk/instruksi tentang cara mengolah mie yang benar agar benar-benar matang dan enak.

    Ini disebut prosedur. Jadi prosedur adalah serangkaian langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sesuatu. Langkah-langkah yang tertulis di bungkus mie pun sama. contoh teks prosedur. Teks prosedur digunakan sebagai petunjuk, terutama bagi mereka yang tidak mengetahui cara menyelesaikan suatu tugas.

    Yuk, pahami lebih dalam pengertian, struktur, jenis, ciri, kaidah bahasa dan contoh teks transaksional pada artikel di bawah ini!


    Pengertian Teks Prosedur Menurut Berbagai Ahli


    Bagaimana prosedurnya? Knapp dan Watkins mendefinisikan teks prosedur sebagai teks yang bertujuan memberitahukan orang bagaimana melakukan sesuatu dengan menggunakan bahasa ajakan atau persuasi.

    Menurut penjelasan Keraf, pengertian sederhana teks prosedur adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu.

    Sedangkan menurut Kosasih, teks prosedur adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah bagaimana melakukan sesuatu secara lengkap, jelas, dan rinci.

    Memahami Teks Prosedur


    Menurut para ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan dari ketiga definisi tersebut:teks Prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau aktivitas yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas. Teks prosedur ini diperlukan sebagai pedoman seseorang dalam melakukan atau menyusun sesuatu.

    Berbicara tentang teks prosedur, materi juga dibahas di kelas 7. Mari kita coba mengingatnya lagi pembahasan teks prosedur Ini!

    Baca Juga: Pengertian Demokrasi Sejarah dan Praktek di Indonesia

    Tujuan Teks Prosedur


    Lalu apa tujuan dari teks prosedur? Sesuai dengan definisinya, tujuan teks prosedur adalah untuk memberikan petunjuk kepada pembaca mengenai langkah-langkah berurutan dalam melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan sesuatu. Selain itu, teks prosedur juga memudahkan pembacanya mengetahui cara yang benar dalam melakukan sesuatu dan memberikan petunjuk yang jelas untuk mencapai hasil yang maksimal.

    Struktur Teks Prosedur

    Struktur teks prosedur dalam penyusunannya terdiri dari 4 bagian yaitu tujuan, bahan, langkah-langkah persiapan/belajar dan validasi ulang (hasil). Pernyataan lengkapnya adalah sebagai berikut:

    1. Tujuan

    Pada awal pembuatan teks prosedur, penulis biasanya membuat pernyataan mengenai tujuan dalam penyusunan teks prosedur. Hal ini juga dapat menginformasikan hasil akhir yang ingin dicapai.

    2. Bahan

    Hal-hal inilah yang perlu dipersiapkan dan diperlukan dalam pelaksanaan atau pembuatan acara tersebut. Bagian ini berisi informasi mengenai alat/bahan yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan.

    3. Langkah

    Bagian ini menjelaskan proses atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan teks prosedur. Langkah-langkah yang diambil harus berurutan. Selain itu, penyusunannya harus logis, sistematis, dan dapat dimengerti oleh pembaca.

    4. Validasi Ulang/Kesimpulan

    Bagian terakhir ini menjelaskan hasil dari prosedur yang dilakukan. Bagian ini bersifat opsional, artinya mungkin disertakan atau tidak dalam teks prosedur.

    Ciri-ciri Teks Prosedur


    Seperti teks lainnya, teks prosedur memiliki beberapa ciri:

    1. Menggunakan kalimat perintah;

    2. Ada aturan yang harus diikuti;

    3. Menggunakan kata kerja aktif;

    4. Menggunakan konjungsi (konjungsi);

    5. Adanya aturan mengenai materi atau kegiatan;

    6. Penggunaan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat dan cara;

    7. Kegiatan yang dilakukan dalam pijat mempunyai isi;


    Jenis Teks Prosedur


    Ternyata teks prosedur ada beberapa jenisnya juga lho! Penasaran? Di bawah ini adalah jenis-jenis teks prosedur.

    1. Teks Prosedur Sederhana

    Teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah. Misalnya saja tata cara menyalakan setrika.

    2. Teks Prosedur Kompleks

    Teks prosedur kompleks terdiri dari banyak langkah dan tingkatan untuk setiap tahapannya. Contoh teks prosedur yang kompleks adalah bagaimana tilang dibayar oleh polisi.

    3. Teks Prosedur Protokol

    Teks prosedur protokol adalah teks prosedur yang langkah-langkahnya dapat dibalik tetapi tujuannya tetap dapat tercapai. Misalnya saja cara memasak mie instan.

    Pastikan untuk menggunakan struktur ini jika Anda ingin menyusun teks prosedur. Karena struktur teks prosedur sudah lengkap maka petunjuknya akan jelas dan membantu pembaca dalam memahaminya.

    Baca Juga: Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Ciri, Beserta Contohnya

    Aturan Bahasa Untuk Teks Prosedur


    Untuk membuat sebuah teks prosedur diperlukan kaidah bahasa yang sesuai dengan fungsinya. Berikut kaidah bahasa yang umum digunakan dalam penulisan teks prosedur:

    Kalimat 1

    Kalimat-kalimat yang digunakan dalam teks prosedur dapat dibagi menjadi 3 bagian. Kalimatnya adalah sebagai berikut:

    A. Kalimat imperatif

    Ini adalah kalimat yang mengandung perintah. Kalimat imperatif bercirikan sesuatu yang harus dilakukan dengan mengacu pada perintah dalam kalimat tersebut. Pada kalimat jenis ini, tanda seru (!) digunakan untuk mengakhiri suatu frasa atau pernyataan.

    B. Kalimat deklaratif

    Kalimat ini dikenal sebagai kalimat yang memberikan informasi lebih banyak dan sering disebut dengan kalimat penjelas. Dalam kalimat ini, tanda titik (.) digunakan untuk mengakhiri kalimat.

    C. kalimat interogatif

    Kalimat ini digunakan untuk memperoleh informasi dengan mengajukan pertanyaan. Oleh karena itu, tanda tanya (?) diletakkan di akhir kalimat tanya.

    2. Konjungsi

    Kita juga sering menyebut konjungsi dengan konjungsi. Konjungsi yang kita bahas pada teks transaksi terdiri dari dua jenis:

    A. Kombinasi istilah

    Konjungsi bersyarat adalah kata penghubung yang menyatakan suatu kondisi. Contohnya adalah jika, bila, jika, jika, kecuali.

    B.Konjungsi Temporal

    Jenis-jenis konjungsi temporal Ini sebenarnya adalah kata penghubung yang mengacu pada rangkaian waktu. Contohnya adalah lalu, lalu, selanjutnya, lalu.

    3. Angka

    Dalam teks prosedur, angka merupakan salah satu opsi yang dapat digunakan sebagai pengganti kata penghubung. Angka adalah kata angka yang digunakan untuk mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur. Misalnya pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.

    4. Kata ganti

    Kata ganti atau pronoun digunakan sebagai pengganti orang atau benda. Kata ganti dibedakan menjadi dua jenis menurut fungsinya menggantikan orang atau benda:

    A. Kata ganti penunjuk

    Kata ganti yang menggantikan objek. Misalnya ini, ini, itu.

    B. Sebutkan Orangnya

    Kata ganti untuk menggantikan orang. Untuk kata ganti orang, gunakan kata ganti orang tunggal; misalnya kamu, aku, kamu. Ngomong-ngomong, untuk orang jamak, misalnya kami, kamu.

    5. Kata-kata

    Kaidah kebahasaan yang terakhir dalam teks prosedur adalah verba atau kata kerja. Kata kerja dalam teks prosedur dibedakan menjadi dua jenis:

    A.Bahan Verba

    Kata kerja terkonjugasi yang menyatakan suatu tindakan atau tindakan yang dilakukan secara fisik. Misalnya mengupas, mengiris, memaku, memotong, dan lain-lain.

    B. Kata Kerja Perilaku

    Kata kerja diwakili oleh ekspresi. Kata kerja ini juga dipahami sebagai kata kerja yang aktivitasnya tidak terlihat. Contohnya seperti menyukai, mempertimbangkan, dan menerima.

    Baca Juga: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli? Inilah Penjelasannya!

    Cara Menulis Teks Prosedur


    Untuk membuat teks prosedur yang benar harus memuat struktur dan kaidah bahasa yang telah dijelaskan di atas. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya:

    1. Judul

    Anda harus membuat headline yang menarik untuk menarik perhatian pembaca. Tapi ingat, jangan gunakan clickbait! Judul harus mencakup prosedur apa yang akan Anda tunjukkan dalam teks. Misalnya saja “Cara Membuat Pot Bunga dari Kertas Bekas”, “Tutorial Menyalakan Oven”, dll.

    2. Tujuan

    Setelah menulis judul, tuliskan secara singkat tujuan teks metodologi ini. Hal ini untuk menunjukkan kepada pembaca apa yang harus dilakukan atau dilakukan. Anda harus dengan jelas menyatakan hasil akhir yang akan Anda capai dalam tujuan Anda.

    3. Alat dan Bahan

    Bagian ini opsional dan mungkin ada atau tidak. Ketika menjelaskan tata cara melakukan sesuatu, tentu harus ada alat dan perlengkapannya. Namun ketika ingin membuat teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu yang tidak memerlukan alat atau bahan, maka bagian ini tidak perlu ada.

    4. Langkah

    Bagaimanapun, ini adalah bagian terpenting. Anda harus bisa menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan secara kronologis atau berurutan. Seringkali langkah-langkah tersebut digambarkan sebagai titik atau angka.

    5. Penutup atau Kesimpulan

    Bagian penutup atau kesimpulan juga opsional. Kesimpulan biasanya ditulis untuk menyimpulkan tujuan akhir dari teks prosedur yang dihasilkan.

    Contoh Teks Prosedur

    Cara Membuat Paspor

    Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang suatu negara, memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk perjalanan internasional. Bagaimana saya bisa mengajukan paspor? Berikut cara mengajukan paspor dengan baik dan akurat:

    1. Pertama-tama, datanglah ke kantor imigrasi! Anda bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera di KTP kami atau kantor imigrasi terdekat.

    2. Kemudian beli formulir aplikasi! Formulir aplikasi tersedia di konter yang disediakan. Isilah formulir dengan lengkap sesuai dengan dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen aslinya!

    3. Kemudian kirimkan formulir pendaftaran ke loket pendaftaran!

    4. Setelah itu ambil kwitansi, jadwalkan foto dan ambil sidik jari!

    5. Jika sudah difoto dan diambil sidik jarinya, dilanjutkan ke tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.

    6. Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar biaya buku paspor dan menandatangani buku paspor. Minta informasi kapan jadwal pengiriman paspor selesai!

    7. Kami dapat kembali mengambil paspor yang sudah jadi pada tanggal yang telah ditentukan. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru sudah siap dan bisa diambil.

    Kesimpulan

    Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri, dan contoh teks prosedur. Panduancode melalui tahapan yang seru dan menyenangkan kelas. Mulai dari video pembelajaran, latihan soal hingga rangkuman dijamin memudahkan belajar.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done