Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tidak Terbaca Di Laptop -  Pernahkah Anda mempunyai masalah Hard drive eksternal tidak terbaca? Masalah ini se...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tidak Terbaca Di Laptop - Pernahkah Anda mempunyai masalah Hard drive eksternal tidak terbaca? Masalah ini sering dialami oleh banyak orang. Harddisk eksternal sendiri merupakan media penyimpanan file dan data, namun bukan merupakan perangkat yang terpasang pada rakitan laptop atau komputer.

    Komputer, laptop, dan handphone biasanya mempunyai media penyimpanan tersendiri, namun terkadang kapasitasnya tidak cukup untuk menampung semua data yang semakin hari semakin bertambah. Karena itulah kini ada media penyimpanan harddisk eksternal.

    Ada sangat sedikit hard drive eksternal yang tidak dapat dibaca karena beberapa masalah. Masalah yang terjadi pada hardisk eksternal biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya fisiknya bagus, programnya bermasalah.

    Alasan lain yang membuat hard disk eksternal tidak terbaca: kesalahan sistem file, driver usang yang perlu diperbarui, partisi hilang, atau port USB rusak. Untuk mengetahuinya dibawah ini kita akan membahas cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca.

    Mengelola Ulang Hard Drive Eksternal Yang Tidak Dapat Dibaca

    Jika harddisk eksternal tidak terbaca, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengatur ulang. Caranya tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela rom. Setelah itu ketik "diskmgmt.msc". Jendela Manajemen Komputer akan muncul.

    Kemudian format ulang Drive. Seringkali dengan memformat ulang, hard disk yang sebelumnya tidak terdeteksi mulai muncul kembali dan dapat digunakan seperti biasa kembali.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Lemot Disini Solusinya

    Menginstal Ulang Driver

    Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca yang kedua adalah dengan melakukan instalasi ulang River. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

    • Tekan tombol Windows di desktop, lalu ketik pengelola perangkat.

    • Perhatikan tanda seru berwarna kuning yang menampilkan “Perangkat penyimpanan massal SCSI UAS Terpasang USB.”

    • Kemudian Klik Perbarui Perangkat Lunak Driver > Telusuri Komputer Saya untuk Perangkat Lunak Driver> Biarkan saya memilih dari daftar driver perangkat di komputer saya.

    • Jika perangkat keras yang kompatibel dengan Shaw dicentang, ikuti instruktur dengan menekan tombol berikutnya.

    • Tunggu hingga proses instalasi selesai, restart komputer atau laptop. Jadi hard disk bisa terbaca saat Anda menyalakannya kembali.

    Mengubah Huruf Hard Disk

    Cara ketiga adalah dengan menulis ke harddisk. Cara ini biasanya dilakukan jika harddisk eksternal sudah tersambung namun tidak terlihat di layar My Computer. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

    • Buka Disk Management, langkahnya sama seperti cara pertama.

    • Kemudian klik kanan pada disk yang ingin Anda bakar

    • Kemudian pilih huruf Drive di jendela dan opsi menu Ubah Plath.

    • Klik Tambah atau ubah untuk mengubah Drive menjadi huruf

    • Ikuti instruksi yang diberikan. Kemudian harddisk akan terbaca kembali dan muncul


    Menggunakan Nol Tulis

    Cara ini cukup ekstrim. Writer Zero, seperti namanya, akan menghapus atau memformat file hingga kosong dan tidak ada yang tersisa. Semakin banyak data yang Anda simpan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis Zero.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error & Tidak Berfungsi

    Memasang Kembali Penutup Hard Drive

    Seperti diketahui, harddisk eksternal dilengkapi dengan case yang mencakup hampir seluruh hardware. Komponen data di dalam enclosure harddisk tidak boleh rusak. Jika hard disk tidak dapat terbaca, sangat disarankan untuk memeriksa kondisi chasis. Jika ada retakan atau goresan pada case, bisa diganti.

    Masalah seperti ini biasanya terjadi pada hard drive rakitan sendiri atau hard drive tanpa merek ternama. Jika harddisk dari merk terkenal biasanya memiliki casing yang kuat sehingga jarang terjadi kerusakan seperti itu. Jika Anda tertarik untuk membeli enclosure harddisk, silakan kunjungi halamannya Enklosur HDD Eksternal di PC.

    Hard Drive Eksternal Tidak Dapat Dibaca Saat Kabel USB Diganti

    Terakhir, ganti kabel USB. Mungkin banyak orang yang panik ketika harddisknya tidak bisa terbaca. Meski tidak menutup kemungkinan hanya kabel USB saja yang rusak. Coba periksa dengan mengganti kabel USB terlebih dahulu.

    Kabel USB yang rusak dapat mengganggu fungsi, transfer data dan daya listrik pada harddisk. Hal ini dapat menyebabkan hard disk menjadi tidak terbaca. Pastikan Anda memeriksa hal-hal kecil seperti ini terlebih dahulu.

    Mengatasi masalah harddisk eksternal yang tidak bisa terbaca oleh komputer merupakan masalah yang sering dialami banyak orang. Saat membeli hard drive eksternal, sangat disarankan agar Anda memilih hard drive yang bagus. Silakan kunjungi halaman tersebut Disk sabit PC Untuk mengecek harga hardisk internal dan eksternal terkini.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done