Cara Mengecek NIB perusahaan adalah singkatan dari Business Identification Number yang berupa angka tiga belas digit acak. Nomor identifikas...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Mengecek NIB perusahaan adalah singkatan dari Business Identification Number yang berupa angka tiga belas digit acak. Nomor identifikasi ini diberikan oleh institusi.Pengiriman Tunggal Online (KAMI) dan pendaftarannya gratis.

    OSS sendiri merupakan sistem pengurusan seluruh perizinan secara online dan diterbitkan oleh instansi pemerintah, bukan kementerian yang melakukan koordinasi penanaman modal.

    NIB, PP no. Keputusan Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Integrasi Elektronik. NIB akan diwajibkan bagi perusahaan yang beroperasi di bidang selain ini, baik perseorangan maupun non-perorangan.keuangan, pertambangan, gas alam dan minyak.



    Mengapa Perusahaan Membutuhkan NIB?

    Masalah hukum tidak boleh diabaikan ketika melakukan kegiatan komersial. Namun, sebelum mencoba mendapatkan izin tertentu, Anda perlu memahami manfaat dan pentingnya izin tersebut bagi bisnis Anda. Terkait NIB, ada beberapa alasan mengapa perusahaan Anda memerlukan NIB; ini adalah sebagai berikut.

    Menyederhanakan Proses Perizinan Lainnya

    Fungsi NIB suatu kegiatan usaha setara dengan fungsi NIK bagi warga negara. NIB dapat menjadi langkah awal dalam memperoleh izin usaha lainnya. NIB tidak hanya berlaku sebagai tanda pengenal usaha, namun juga sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pengenal Impor (API) dan Akses Pabean.

    Artinya, NIB menggantikan tiga persyaratan izin usaha, termasuk dokumen pendaftaran lainnya yang diperlukan untuk izin usaha. Misalnya,NPWP, Surat Persetujuan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), buktiCatatan BPJS Ketenagakerjaandan surat izin usaha (SIUP) untuk sektor komersial.


    Proses Pengajuan Izin Cepat

    Anda tidak perlu takut proses NIB akan memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Kemudahan pengurusan perizinan bisa Anda rasakan dengan sistem OSS. Hal ini disebabkan adanya suatu sistem.persetujuan otomatisdan tidak perlu melihat pratinjau dokumen lagi. Syarat pengajuan izin juga sudah dibakukan. Asalkan mengisi informasi dan mengunggah dokumen persyaratan, izin akan keluar dalam waktu relatif singkat.

    Persyaratan Perizinan Yang Disederhanakan

    Mengingat sistemnya terintegrasi, Anda dapat menyimpan semua data perizinan Anda dalam satu ID. Selain itu, nomor identifikasi ini juga dapat diakses oleh lembaga pemberi izin, sehingga Anda tidak perlu membawa terlalu banyak dokumen secara fisik saat melakukan transaksi hukum perusahaan seperti izin usaha dan izin niaga.

    Cara Membuat NIB

    Anda bisa mendapatkan Nomor Identifikasi Bisnis untuk perusahaan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

    Akses halaman OSSwww.oss.go.id

    Memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi perusahaan perseorangan dan nomor penegasan akta pendirian serta dasar hukum pendirian perusahaan bagi perusahaan bukan perseorangan.

    Masukkan data perusahaan seperti nama, alamat, jenis investasi, negara beroperasi, bidang kegiatan, lokasi investasi dan hal-hal lain yang diminta.

    Anda akan diminta untuk mengisi NPWP Anda. OSS juga dapat memproses pemberian NPWP jika perusahaan Anda belum memiliki NPWP.

    Setelah seluruh data termasuk NPWP terisi lengkap, lembaga OSS akan menerbitkan NIB.

    Cara Cek NIB Perusahaan

    Jika Anda perlu memeriksa NIB perusahaan lain untuk memastikan perusahaan tersebut sah, prosesnya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

    Cara cek NIB perusahaan:

    situs terbukanswi.bkpm.go.id

    Pilih menu pemantauan

    Masukkan nomor NIB perusahaan yang ingin diperiksa legalitasnya

    Status perusahaan akan muncul berdasarkan nomor NIB

    Alternatif lain adalah dengan melakukan pengecekan melalui website Indonesia National Single Window (INSW). Mengunjungisitus INSW, masukkan nomor NIB perusahaan yang ingin diperiksa, maka akan langsung muncul status perusahaan.

    Demikian ulasan cara daftar dan cek NIB perusahaan. Kami juga memiliki beberapa artikel dibawah ini yang membahas lengkap tentang legalitas perusahaan seperti pajak untuk perusahaan bentuk CV.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done