Pengertian karya ilmiah adalah karya tertulis yang dibuat berdasarkan teori dan metode ilmiah untuk memecahkan suatu masalah. UmumnyaCiri-ci...
Daftar Isi [Tampil]

    Pengertian karya ilmiah adalah karya tertulis yang dibuat berdasarkan teori dan metode ilmiah untuk memecahkan suatu masalah. UmumnyaCiri-ciri penelitian ilmiah Berisi data, fakta, dan solusi terhadap suatu permasalahan yang muncul. Penulisan artikel ilmiah dilakukan secara konsisten dan sistematis. Untuk membaca:Pengertian, Struktur dan Ciri-Ciri Penulisan Ilmiah.



    Langsung ke ini 10 contoh penulisan ilmiah (KTI):

    1. Contoh Kajian Ilmiah Tentang Tempat Sampah

    Penggunaan Kembali Limbah

    BAB I

    Gabung

    A. Latar Belakang Masalah

    Akhir-akhir ini sampah menjadi perhatian utama di dunia karena permasalahan yang ditimbulkannya. Banyak kerugian yang diakibatkan oleh sampah yang berdampak pada kesehatan manusia. Nampaknya masih banyak masyarakat yang enggan mendaur ulang sampah sehingga menyebabkan sampah terus menumpuk. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian mengenai pemanfaatan kembali sampah.

    B. Rumusan Masalah

    Bagaimana cara menggunakan kembali sampah?

    C. Tujuan Penelitian

    Dapat belajar bagaimana menggunakan kembali sampah

    BAB II

    Argumen

    Sampah yang banyak dihasilkan masyarakat sebenarnya masih bisa dimanfaatkan sehingga tidak terlalu menumpuk. Memanfaatkan kembali sampah pada dasarnya tidak membutuhkan waktu lama. Yang terpenting kreativitas dan ketekunan, sampah organik bisa diubah menjadi pupuk.

    Sedangkan sampah kertas dapat didaur ulang dan diubah menjadi kertas kembali. Limbah plastik dan timah dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai wadah tergantung ukurannya. Semua pemanfaatan sampah diklasifikasikan sebagai penggunaan kembali atau reuse.

    BAB III

    Penutupan

    Kesimpulan

    Sampah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan seringkali menimbulkan permasalahan. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasi hal ini. Ada banyak cara untuk memanfaatkan sampah bahkan menjadikannya sebagai sumber pendapatan.


    2. Melindungi Kesehatan Jantung

    Melindungi Kesehatan Jantung

    BAB I

    Gabung

    A. Latar Belakang Masalah

    Jantung merupakan salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, banyak orang yang selalu berusaha menjaga kesehatan jantungnya. Namun sepertinya masih banyak masyarakat yang tidak peduli. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kematian yang disebabkan oleh penyakit yang menyerang jantung. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk melindungi kesehatan jantung.

    B. Rumusan Masalah

    Bagaimana cara melindungi kesehatan jantung?

    C. Tujuan Penelitian

    Anda dapat mempelajari cara melindungi kesehatan jantung Anda

    BAB II

    Argumen

    Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung?

    Berbagai penyakit yang menyerang jantung masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Ada banyak cara mudah untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Setelah melakukan penelitian mendalam, peneliti menemukan beberapa di antaranya.

    Hindari stres karena stres dapat memicu hormon adrenalin tidak normal dan menyebabkan tekanan darah tinggi.
    Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
    Atur pola makan Anda. Kurangi makanan berlemak dan junk food, serta makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.
    Latihan rutin.

    BAB III

    Penutupan

    Kesimpulan

    Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar manusia dapat berumur panjang. Dan ternyata memiliki jantung yang sehat tidak memerlukan banyak usaha dan bisa dilakukan setiap hari. Diharapkan dengan menjaga kesehatan jantung, semakin sedikit korban yang berjatuhan akibat penyakit yang menyerang jantung.

    3. Bahaya Internet Bagi Kaum Muda

    Bahaya Internet bagi Kaum Muda

    BAB I

    Gabung

    1. Latar Belakang Masalah

    Internet kini sudah lekat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan anak muda. Padahal, internet sangat berguna dalam menyelesaikan banyak tugas. Namun ternyata internet tidak lepas dari hal-hal negatif yang bisa berdampak buruk. Apalagi masa remaja merupakan masa yang labil sehingga sering kali terbawa arus. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian mengenai bahaya internet bagi generasi muda.

    2. Rumusan Masalah

    Seberapa berbahayakah internet bagi generasi muda?

    3. Tujuan Penelitian

    Semoga menjelaskan bahaya internet bagi generasi muda

    BAB II

    Argumen

    Bahaya Internet bagi Kaum Muda

    Internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan mendasar di kalangan anak muda. Namun, tidak semua anak muda memanfaatkan internet sebagaimana mestinya. Banyak anak muda yang cenderung menyalahgunakan Internet sehingga menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan lingkungannya.

    Menurut penelitian mendalam, ada beberapa bahaya penyalahgunaan internet di kalangan anak muda:

    Perilaku bullying melalui media sosial
    Mudahnya akses terhadap konten pornografi mengakibatkan terjadinya perilaku kriminal seksual
    Terjadi peningkatan kasus penculikan di kalangan anak muda setelah mereka bertemu melalui media sosial.

    BAB III

    Penutupan


    Kesimpulan

    Internet sangat berguna dalam kehidupan namun tetap saja memiliki kekurangan. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengawasi anak-anaknya. Dengan demikian, generasi muda dapat melindungi diri dari dampak negatif penggunaan internet.

    Baca Juga: Dalam Teks Laporan Hasil Observasi Informasi Harus Disampaikan Secara

    4. Contoh Dari Kajian Ilmiah Populer

    Globalisasi dan Kebudayaan

    Globalisasi yang mulai dirasakan sejak awal abad ke-20 diperkirakan telah mempengaruhi kebudayaan sampai batas tertentu. Kebudayaan, seperti halnya perilaku seseorang, akan sangat mudah berubah jika terkena tren globalisasi.

    Karena mudahnya mengakses informasi dari berbagai belahan dunia. Sayangnya Indonesia sebagai negara berkembang selalu khawatir akan tertinggal dalam arus globalisasi di berbagai bidang.

    Selain itu, budaya lokal terus terkikis sehingga membuat Indonesia mengalami krisis budaya. Oleh karena itu, bangsa Indonesia perlu terus memperkuat struktur nilai-nilainya agar tidak tergerus sepenuhnya oleh budaya asing.

    5. Contoh Tulisan Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

    Pencemaran Lingkungan

    BAB I

    GABUNG

    1. Latar Belakang

    Lingkungan hidup merupakan perpaduan antara abiotik dan biotik. Abiotik adalah komunitas makhluk tak hidup. Sedangkan biotik adalah kumpulan makhluk hidup. Komponen abiotik adalah udara, air, sinar matahari, tanah, suhu dan lain-lain.

    Komponen biotik meliputi pengurai atau pengurai semu, konsumen dan produsen. Kedua komponen ini sangat erat kaitannya atau tidak dapat dipisahkan.

    Lingkungan dimaknai dengan berbagai cara. Menurut Kamus Ekologi, lingkungan hidup disebut juga dengan lingkungan hidup. Lingkungan hidup adalah kesatuan antara organisme hidup atau biotik dan makhluk tak hidup atau abiotik yang ada di bumi. Padahal, menurut UU No. 32 Tahun 2009, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang pada seluruh benda. Manusia, keadaan dan tingkah laku manusia, termasuk baik makhluk hidup.

    Secara umum dapat disimpulkan bahwa lingkungan hidup merupakan gabungan seluruh makhluk hidup beserta faktor dan komponen yang melingkupinya. Makhluk hidup yang ada di muka bumi ini merupakan salah satu faktor keberhasilan lingkungan hidup. Makhluk istimewa adalah manusia. Manusia adalah makhluk cerdas yang diciptakan Tuhan dengan sempurna dan tanpa cela.

    Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa gangguan lingkungan hidup seperti pencemaran merupakan perbuatan manusia. Saat ini, perilaku manusia sudah melampaui batas kewajaran. Salah satunya sembarangan membuang sampah. Banyak tempat yang perlu dibersihkan dari sampah tertutup sampah. Tempat yang seharusnya rindang dan asri berubah menjadi tempat yang panas dan kering.

    2. Rumusan Masalah

    Apa saja jenis pencemaran dan bagaimana penjelasannya?

    3. Tujuan Penelitian

    Mempelajari jenis-jenis pencemaran lingkungan.

    BAB II

    ARGUMEN

    A. Jenis-Jenis Pencemaran

    1. Polusi Udara

    Polusi udara tidak selalu disebabkan oleh aktivitas manusia. Peristiwa alam seperti letusan gunung berapi juga dapat menyebabkan pencemaran udara. Akibat letusan gunung berapi membawa partikel logam berbahaya. Namun penyebab utama pencemaran udara di Indonesia umumnya disebabkan oleh pencemaran kendaraan bermotor roda dua, tiga, dan empat.

    Polusi udara disebabkan oleh hal-hal berikut:

    A. Merokok

    Seperti yang kita ketahui bersama, sebagian besar orang terkaya di Indonesia adalah bos besar perusahaan rokok. Oleh karena itu, tidak heran jika penyumbang polusi udara terbesar adalah asap rokok. Zat berbahaya seperti tar dan nikotin pada rokok. Sebab, asap yang dihasilkan juga berbahaya.

    Baca juga : Contoh Surat Resmi : Sekolah, Perusahaan, Undangan Resmi dll.

    B. Ozon(O3)

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa lapisan ozon mulai menipis. Penghalang lemah yang menghalangi sinar matahari justru menjadi bumerang bagi dunia. Polutan ozon merupakan polutan yang paling berbahaya. Karena tidak dapat dideteksi, maka sangat sulit untuk diobati. Perlu Anda ketahui bahwa polutan ozon akan merusak paru-paru.

    C. Karbon monoksida (CO)

    Gas CO juga merupakan polutan yang sangat berbahaya. Gas ini dapat menyebabkan kematian jika seseorang menghirupnya dalam jangka waktu lama. Contoh pencemaran gas CO adalah tidur di dalam mobil menggunakan AC. Gas CO yang dihasilkan dari luar kendaraan bermotor dapat masuk ke dalam tubuh. Gas inilah yang menyebabkan kematian.

    2. Pencemaran Air

    Air bersih adalah air yang tidak berbau dan tidak berwarna. Jadi, jika Anda menemukan air yang berbau, berwarna, dan terdapat biota mati di dalamnya, itu tandanya air tersebut terkontaminasi. Pencemaran air dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

    A. Limbah pabrik, nuklir dan industri

    Limbah pabrik, nuklir, dan industri mengandung bahan kimia berbahaya. Salah satunya adalah radioaktif. Membuang sampah sembarangan ke sungai sangatlah berbahaya. Sebab zat berbahaya akan bercampur dengan air sungai. Hal ini mengancam keberadaan biota sungai dan lingkungan sekitarnya.

    B. Bahan peledak untuk menangkap ikan

    Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak dilarang. Namun masih saja ada oknum nakal yang menggunakan cara tersebut. Penangkapan dengan bahan peledak dinilai efektif. Tidak memakan waktu lama dan mangsa juga akan banyak. Namun hal ini merupakan salah satu penyebab pencemaran air.

    C. Pestisida

    Limbah pertanian sebenarnya tidak berbahaya. Namun penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang berlebihan akan menyebabkan pencemaran air. Limbah pertanian yang mengandung pestisida dan pupuk kimia berlebihan akan mengalir. Hal ini kemudian akan menyebabkan pencemaran air.

    D. Zırva

    Sampah merupakan permasalahan yang paling penting saat ini. Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan tampaknya masih sangat rendah. Sampah rumah tangga dibuang kemana-mana. Mulai dari saluran air kecil atau selokan hingga sungai, dimana-mana dipenuhi sampah. Faktanya, sampah merupakan salah satu penyebab utama pencemaran air.

    3. Pencemaran Tanah

    Jika suatu lahan sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi untuk keperluan manusia, maka dapat dikatakan tercemar. Kebutuhan yang dimaksud misalnya bertani. Selain itu, lahan tandus juga merupakan ciri dari lahan yang tercemar. Penyebab terjadinya pencemaran tanah adalah:

    A. Senyawa asam

    B. Pestisida yang berlebihan

    C. Pupuk kimia

    D. Limbah industri, pabrik dan nuklir

    ke.Limbah domestik seperti deterjen.

    BAB III

    PENUTUPAN

    KESIMPULAN

    Polusi; Polusi dapat dibagi menjadi tiga: pencemaran air, tanah dan udara. Setiap pencemaran mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap polusi juga memiliki penyebab tertentu. Penyebab pencemaran tidak jauh berbeda satu sama lain.

    Misalnya saja penggunaan pestisida yang berlebihan. Oleh karena itu, manusia sebagai makhluk cerdas di bumi diwajibkan oleh undang-undang untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat menimbulkan pencemaran dan membantu menjaga lingkungan.

    6. Contoh Tulisan Ilmiah Tentang Pendidikan dan Kesehatan

    Pengaruh Tidur Siang Terhadap Kesehatan Tubuh

    BAGIAN I

    GABUNG

    1. Latar Belakang

    Kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Jika tubuh seseorang tidak sehat maka ia tidak akan mampu melakukan aktivitas apapun. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan.

    Olahraga juga sangat diperlukan. Tidur di siang hari juga mempunyai banyak manfaat.

    2. Rumusan Masalah

    A. Apa yang dapat kita lakukan untuk melindungi kesehatan?

    B. Bagaimana pengaruh tidur siang terhadap kesehatan tubuh?

    3. Tujuan Penelitian

    Pelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kesehatan tubuh Anda dan memahami dampak makanan manis terhadap kesehatan tubuh Anda.

    BAB II

    ARGUMEN

    1. Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan?

    Menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan. Cara untuk melindungi kesehatan meliputi:

    Memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin tubuh

    Makanlah makanan yang memenuhi empat kondisi sehat dan lima kondisi sangat baik

    Latihan rutin

    tidur yang cukup

    Hindari minuman beralkohol.

    2. Pengaruh Tidur Siang

    Orang sering tidur siang pada usia dini. Namun kegiatan ini juga banyak dilakukan oleh orang dewasa. Dampak tidur siang terhadap kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

    Dapat menurunkan tekanan darah

    Meredakan rasa lelah

    Dapat mengurangi perasaan cemas dan sedih.

    BAB III

    PENUTUPAN

    KESIMPULAN

    Tidur siang merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kegiatan ini mempunyai banyak manfaat. Namun, tidur siang perlu dilakukan pada waktu yang tepat.

    Melakukan aktivitas ini secara berlebihan juga akan menimbulkan dampak buruk lainnya. Oleh karena itu, segala kegiatan hendaknya dilakukan menurut bagiannya masing-masing. Bahkan, jangan sampai hal tersebut menurunkan kondisi tubuh Anda.

    7. Contoh Tulisan Ilmiah Dolan Tradisional

    “Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak”

    BAB I

    GABUNG

    1. Latar Belakang

    Permainan yang disebut juga dengan permainan tradisional mempunyai ciri-ciri yang berdampak positif terhadap tumbuh kembang anak. Permainan kata bagi anak merupakan cerminan pembebasan jiwa dari ketaatan pada aturan orang tua.

    Sambil bermain, anak akan mengekspresikan kegembiraannya dan berkomunikasi dengan teman sebayanya. Dengan demikian, anak dapat belajar bersosialisasi dan bergaul dengan lingkungannya.

    2. Rumusan Masalah

    Apa yang dimaksud dengan dolan tradisional?
    Apa pengaruh permainan tradisional terhadap pembentukan karakter anak?

    3. Tujuan Penelitian

    Untuk mengetahui pengertian tradisi dolan dan pengaruhnya terhadap karakter anak.

    BAB II

    ARGUMEN

    1. Permainan Tradisional

    Kata “Dolan” merupakan kata yang diambil dari bahasa Jawa. Kata dolan artinya mainan atau permainan. Kata tradisional mengacu pada cara berpikir dan berperilaku yang sesuai dengan tradisi dan sudah ada sejak zaman dahulu.

    Mainan anak disebut juga sebagai simbol ilmu pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi dan mengandung berbagai fungsi.

    2. Pendidikan Karakter

    Secara sederhana pendidikan karakter adalah segala upaya yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter peserta didik. Upaya ini dilakukan agar orang tersebut dapat memahami pentingnya karakter positif dalam dirinya.

    Menurut Thomas Lickona, pendidikan karakter adalah pendidikan tentang sikap yang mencakup pengetahuan untuk bertindak. Tak hanya itu, emosi juga termasuk dalam pendidikan karakter.

    BAB IV

    PENUTUPAN

    KESIMPULAN

    Permainan tradisional bukan sekedar permainan yang akan menimbulkan efek membahagiakan. Masakan tradisional juga mempunyai banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain melatih kecerdasan otak dan motorik anak serta membentuk karakter anak.

    Anak dapat mengembangkan jiwa sosialnya serta berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik dengan teman bermain dan lingkungannya.

    8. Contoh Tulisan Ilmiah Tentang Asosiasi Bebas

    "Bahaya Kebingungan di Kalangan Muda"

    BAB I

    GABUNG

    1. Latar Belakang

    Masa remaja merupakan masa yang sangat sensitif secara sosial. Kemajuan teknologi juga akan memicu interaksi sosial yang lebih luas. Saat ini, pergaulan bebas telah menjadi bahaya terbesar yang dihadapi generasi muda.

    Tak hanya itu, pergaulan bebas juga bisa menimbulkan kecemasan bagi orang tua. Akan sangat mudah untuk membodohi remaja yang masih labil secara sosial.

    2. Rumusan Masalah

    Seberapa berbahayakah pergaulan bebas bagi generasi muda?

    3. Tujuan penelitian

    Ketahuilah bahaya apa yang akan mengancam Anda akibat pergaulan bebas.

    BAB II

    ARGUMEN

    Bahaya Kebingungan

    Pergaulan tidak selalu memberikan dampak yang baik. Hubungan yang buruk atau yang sering disebut dengan hubungan promiscuous merupakan salah satu contoh hubungan yang mempunyai dampak buruk. Dampak negatif dari kebingungan meliputi:

    A. Kerugian moral terhadap anak

    Kebingungan menjadi salah satu penyebab kemerosotan moral anak bangsa. Mereka akan merasa bebas tanpa diperhatikan oleh orang tuanya. Dengan demikian, mereka kehilangan akhlak baik yang seharusnya mereka miliki.

    Mereka mungkin melakukan berbagai hal negatif untuk memuaskan perasaan bahagianya. Perilaku yang asal-asalan akan menyebabkan anak kehilangan sikap sopan dan hanya mengikuti perkembangan zaman.

    B. Penggunaan narkoba dan alkohol

    Seperti yang santer diberitakan, banyak remaja saat ini yang ketahuan berpesta sambil membawa minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang. Faktanya, tidak hanya anak muda saja yang merokok, namun anak-anak juga ikut merokok.

    Saat ini, obat-obatan terlarang mudah ditemukan ketika seseorang memasuki zona sosial bebas. Karena alkohol dan narkoba dijual bebas dimana-mana.

    C. Kecelakaan sebelum menikah

    Dampak negatif dari pergaulan bebas yang akan berdampak besar pada diri sendiri atau keluarga adalah Anda bisa hamil terlebih dahulu. Kurangnya pendidikan seksual pada generasi muda akan menjadi penyebab utamanya.

    Bahkan kecelakaan pranikah pernah terjadi pada anak sekolah dasar (SD). Mereka tidak akan tahu apa yang mereka lakukan dan dampaknya setelah melakukannya.

    PENUTUPAN

    KESIMPULAN

    Hubungan sosial kini telah memasuki zona berbahaya. Dampak negatif dari pergaulan bebas telah memakan banyak korban. Mulai dari kerusakan moral, juga penggunaan obat-obatan terlarang dan kecelakaan pranikah.

    Pergaulan bebas di kalangan generasi muda dapat dikurangi melalui orang tua yang merupakan perantara utama. Orang tua hendaknya memberikan pendidikan dan pengawasan yang memadai kepada anak-anaknya.

    9. Contoh Tulisan Ilmiah Singkat Tentang Kesehatan

    Pro dan Kontra Makanan Kalengan

    BAB I

    GABUNG

    1. Latar Belakang

    Makanan kaleng termasuk dalam kelompok makanan siap saji atau makanan cepat saji. Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, makanan kaleng mengandung bahan kimia Stannum (Sn).

    Zat ini sebenarnya tidak berbahaya bila dikonsumsi sesuai kebutuhan. Namun zat Sn akan berbahaya jika dikonsumsi melebihi empat belas miligram per kilogram berat badan manusia.

    2. Rumusan Masalah

    Apa pengaruh makanan kaleng terhadap kesehatan tubuh?

    3. Tujuan Penelitian

    Untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif dari makanan kaleng.

    BAB II

    ARGUMEN

    Pengaruh Makanan Kalengan pada Tubuh

    Makanan kaleng merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak diminati. Makanan kaleng yang satu ini identik dengan hewan seperti ikan atau biasa juga disebut dengan ikan sarden.

    Namun tak hanya ikan sarden, makanan kaleng juga bisa berisi sayur-sayuran, buah-buahan bahkan minuman. Makanan kaleng tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Terkadang juga memiliki kelebihan. Dampak positif dan negatif makanan kaleng adalah:

    1. Dampak positif

    Menghemat waktu layanan
    Kaleng melindungi makanan dari kontaminasi organisme penyebab penyakit
    Tidak ada kekurangan nutrisi pada makanan kaleng

    2. Dampak negatif

    Membuat para ibu malas memasak
    Jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti darah tinggi dan kolesterol.
    Jika dimasak dengan suhu tinggi, nilai gizinya menurun atau bahkan hilang.

    BAB III

    PENUTUPAN

    KESIMPULAN

    Kesimpulan yang bisa diambil disini adalah makanan kaleng mempunyai dampak positif dan negatif. Dampak negatif akan terjadi jika makanan kaleng dikonsumsi melebihi batas normal.

    Selain itu, cara memasaknya juga akan mempengaruhi apakah makanan kaleng baik atau buruk bagi kesehatan Anda. Selain dampak tidak menyenangkan dari makanan kaleng, makanan kaleng juga akan memberikan dampak positif seperti yang telah dibahas di atas.

    10. Contoh Kajian Ilmiah Tentang Pangan

    Melindungi Kesehatan Jantung

    BAB I

    GABUNG

    A. Latar Belakang Masalah

    Jantung merupakan salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, banyak orang yang selalu berusaha menjaga kesehatan jantungnya.

    Namun nampaknya masih banyak masyarakat yang tidak peduli. Hal ini terbukti dengan banyaknya kematian yang disebabkan oleh penyakit yang menyerang jantung. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk melindungi kesehatan jantung.

    B. Rumusan Masalah

    Bagaimana cara melindungi kesehatan jantung?

    C. Tujuan Penelitian

    Anda dapat mempelajari cara melindungi kesehatan jantung Anda

    BAB II

    ARGUMEN

    Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung?

    Banyaknya penyakit yang menyerang jantung masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Ada banyak cara mudah untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Setelah menggali lebih dalam, peneliti menemukan beberapa cara, antara lain:

    Hindari stres karena stres dapat memicu hormon adrenalin yang tidak normal dan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
    Jaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan.
    Atur pola makan Anda. Kurangi makanan berlemak dan junk food, serta makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.
    Latihan rutin.

    BAB III

    PENUTUPAN

    KESIMPULAN

    Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar manusia dapat berumur panjang. Dan ternyata memiliki jantung yang sehat tidaklah begitu sulit dan bisa dilakukan setiap hari. Dengan menjaga kesehatan jantung, diharapkan semakin sedikit korban penyakit yang menyerang jantung.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done