Ana fikir atau gagasan pokok adalah pernyataan yang menjadi dasar suatu argumen. Pengertian gagasan pokok yang lain adalah gagasan yang menj...
Daftar Isi [Tampil]

    Ana fikir atau gagasan pokok adalah pernyataan yang menjadi dasar suatu argumen. Pengertian gagasan pokok yang lain adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf.

    Gagasan pokok yang merupakan isi atau inti suatu paragraf, dapat muncul di awal, akhir, awal, dan akhir paragraf, atau di seluruh paragraf. Artinya, gagasan utama tidak harus berada di awal paragraf, namun bisa juga di akhir.

    Setiap bacaan biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Setiap paragraf memuat gagasan pokok yang diperkuat dengan gagasan pendukung.

    Ana fikir Suatu topik penting yang dibicarakan dalam suatu bacaan dapat berbentuk kalimat utama atau paragraf utama. Gagasan pendukung merupakan penjelasan atau keterangan tambahan terhadap gagasan pokok.

    Sangat mudah untuk menemukan dua ide ini dalam satu paragraf. Meski terkesan mudah, namun tetap diperlukan kepekaan dan kesabaran, terutama dalam menentukan gagasan pokok.

    Ini sebuah contoh Ana fikir dilaporkan dalam satu paragraf disertai penjelasannya Modul Pengajaran Bahasa Indonesia diterbitkan oleh Simpkb.id, Kamis (3/8/2023).



    Contoh Ide Utama 1

    Menjamin kebersihan di sekolah tidak hanya dilakukan oleh petugas kebersihan sekolah. Siswa juga harus memperhatikan kebersihan. Guru Pria/Wanita juga bertanggung jawab atas kebersihan sekolah. Administrasi, kantin, koperasi, satpam, dll. Staf sekolah juga harus berhati-hati dalam menjaga kebersihan sekolah. Seluruh warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan sekolah.

    Sedangkan gagasan pokok alinea di atas adalah: Menjamin kebersihan di sekolah, maka kalimat pokoknya adalah sebagai berikut: Seluruh warga sekolah wajib menjamin kebersihan sekolah.


    Contoh Ide Utama 2

    Diketahui lebih dari 200 rumah dan bangunan mengalami kerusakan sedang hingga berat. Jumlah korban meninggal mencapai 50 orang. Belum termasuk korban luka, jumlahnya lebih dari 300 orang. Orang-orang yang selamat dari gempa bumi kini berusaha bertahan hidup dengan kekurangan air, pakaian dan makanan yang layak. Berbagai penyakit kulit juga mereka derita karena harus tinggal di pengungsian dengan kondisi kebersihan yang buruk. Gempa bumi yang terjadi di Banten tengah menimbulkan banyak kerugian bagi warga yang terkena dampak.

    Gagasan pokok: Kerugian akibat gempa di Banten. (Gempa yang berpusat di Banten menimbulkan banyak korban jiwa.) Kalimat utama ada di akhir paragraf; 'Gempa yang berpusat di Banten ini benar-benar menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat yang terkena dampak.'

    Contoh Ide Utama 3

    Semua makhluk hidup membutuhkan air. Karena sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri dari air, maka makhluk hidup perlu minum air untuk bertahan hidup. Misalnya saja kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 60-70 persen dari berat badan. Air sangat penting untuk berfungsinya organ tubuh. Selain untuk minum, masyarakat membutuhkan air untuk industri dan pertanian. Tumbuhan memerlukan air untuk tumbuh dan berkembang. Semua makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa air.

    Kalimat utama terletak di awal dan akhir paragraf: Semua makhluk hidup memerlukan air. Semua makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa air. Gagasan pokok paragraf di atas adalah: Makhluk hidup memerlukan air.

    Contoh Ide Utama 4

    Pohon memberikan berbagai manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, obat-obatan dan bahan industri. Salah satu peran pohon yang paling penting bagi manusia dan seluruh makhluk hidup adalah menghasilkan udara bersih di dunia.

    Gagasan pokok paragraf di atas adalah tentang manfaat pohon bagi kesehatan makhluk hidup. Berdasarkan paragraf di atas, kita dapat melihat bahwa kalimat pertama merupakan kalimat utama paragraf, dan kalimat-kalimat lainnya berguna sebagai kalimat yang menjelaskan kalimat utama tersebut.

    Sebagaimana dapat dipahami dari kalimat “Pohon bermanfaat sebagai sumber pangan, obat-obatan dan bahan industri” menunjukkan bahwa pohon memberikan berbagai manfaat.


    Contoh Ide Utama 5

    Banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangsel menimbulkan berbagai penyakit pada masyarakat setempat. Beberapa penyakit akibat banjir lumpur adalah diare, demam berdarah, tifus, dan leptospirosis.

    Gagasan pokok paragraf di atas adalah: Banjir menimbulkan berbagai penyakit.

    Berdasarkan paragraf di atas, kita dapat melihat bahwa kalimat pertama merupakan kalimat utama paragraf, dan kalimat-kalimat lainnya berguna sebagai kalimat yang menjelaskan kalimat utama tersebut.

    Seperti yang dapat dipahami dari kalimat “Beberapa penyakit yang timbul akibat banjir lumpur adalah diare, demam berdarah, tifus, dan leptospirosis”, yang menjelaskan berbagai contoh penyakit yang dapat ditimbulkan oleh bencana banjir.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done