Tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut: Pada tahun 1945, Jepang berjanji akan memerdekakan Indonesia. Untuk ...
Daftar Isi [Tampil]

    Tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut: Pada tahun 1945, Jepang berjanji akan memerdekakan Indonesia.

    Untuk penjelasan lengkap tentang tujuan Inilah cara Anda melihat janji Jepang.


    Tujuan Jepang Memberi Janji Kemerdekaan Kepada Indonesia Adalah

    Tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia adalah untuk menarik perhatian dan simpati masyarakat Indonesia yang saat itu ikut serta dalam Perang Dunia II.

    Saat itu Jepang sedang terlibat Perang Dunia II dan mulai merasakan tekanan kekalahan. Oleh karena itu, jelas niat Jepang menjanjikan kemerdekaan adalah untuk mendapatkan bantuan dari para pemimpin dan rakyat Indonesia.

    Janji ini disampaikan oleh Kunaiki Koiso, seorang jenderal Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Ia juga dikenal sebagai Perdana Menteri Jepang (41). Dia memenuhi janji ini pada tanggal 7 September 1944.

    Namun Jepang kemudian terpaksa menerima kekalahan pada Perang Dunia II. Kunaiki Koiso kemudian dinyatakan bersalah atas kejahatan perang dan dipenjara seumur hidupnya.

    Baca Juga: Jelaskan Tujuan Utama Tentara Sekutu Datang Ke Indonesia

    Saat itu Indonesia sangat menginginkan kemerdekaan. Oleh karena itu, Janji Koiso dikemukakan di Jepang, khususnya pada kasus Teikou Henkai (85) di Tokyo. Jepang memanfaatkan Indonesia untuk kepentingan perangnya.

    Setelah janji itu dipenuhi, kendali Jepang atas nama-nama seperti Sukarno, Hatta dan beberapa nama lainnya mulai mengendur.

    Saat itu, gerak-gerik tokoh-tokoh Indonesia diawasi dengan ketat. Namun janji itu tidak pernah datang. Bahkan Sukarno pun sangat marah kepada Jepang. Berdasarkan kemarahan tersebut, BPUPKI didirikan pada tanggal 26 April 1945.

    Jepang tak hanya menjanjikan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 12 Agustus 1945, Panglima Angkatan Bersenjata Jepang (Asia Tenggara) Narsekal Terauschi, Soekarno, Hatta dan Dr. Radjiman akan berangkat ke Vietnam.

    Dalam pertemuan itu, Terauci menjanjikan kemerdekaan Indonesia. Ada 3 alasan mengapa Jepang memberikan kemerdekaan kepada Indonesia saat itu:

    – Kami mengharapkan simpati masyarakat Indonesia
    – Memperkuat politik di Asia Timur
    – Mengakuisisi atau mengambil manfaat dari Indonesia yang kaya akan sumber daya alam

    Janji kemerdekaan masih dikaitkan dengan keputusasaan Jepang pada Perang Dunia II setelah sukses melumpuhkan Hiroshima dan Nagasaki dengan bom atom.

    Ingatkah Anda dengan terbentuknya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)? Faktanya, PPKI didirikan pada 7 Agustus 1945.

    Namun rinciannya baru akan dikonfirmasi di Vietnam. Rincian anggota PPKI Jepang yang terdiri dari 21 anggota dihimpun di sini.

    Sekarang Anda tahu apa tujuan Jepang membuat janji tersebut kemerdekaan Ke Indonesia, itu demi perang mereka. Saya harap Anda bisa lebih memahami dari uraian Panduancode.com di atas.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done