Kapal Bisa Mengambang di Permukaan Cuaca Karena? Inilah alasannya: Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kapal tidak tenggelam padahal bobot...
Daftar Isi [Tampil]

    Kapal Bisa Mengambang di Permukaan Cuaca Karena? Inilah alasannya: Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kapal tidak tenggelam padahal bobotnya luar biasa?

    Faktanya, benda yang membawa beban berat seringkali mudah tenggelam. Beberapa kapal bahkan mampu membawa muatan hingga berton-ton.



    Lalu Mengapa Kapal Bisa Mengapung di Permukaan Air?

    Mengapa kapal bisa tetap mengapung sedangkan orang yang beratnya hanya beberapa kilogram bisa tenggelam?

    Ternyata jawabannya bukan pada bebannya melainkan pada kepadatannya. Faktanya, kapal bisa mengapung karena massa jenis kapal lebih ringan dibandingkan massa jenis air.

    Hukum Archimedes

    Menurut hukum Archimedes, sebuah kapal dapat mengapung di atas air karena massa jenis kapal lebih ringan dibandingkan massa jenis air.

    Selain itu, kapal memiliki lambung yang berfungsi memberikan volume lebih besar.

    Volume ini kemudian dapat meningkatkan kekuatan. Gaya tersebut akan mampu menopang berat kapal, sehingga kapal tetap dapat mengapung walaupun membawa beban yang besar.

    Alasan mengapa dinding lambung kapal yang terbuat dari logam bisa mengapung di permukaan air laut adalah karena terdapat celah di dalamnya.

    Baca Juga: Suatu Zat Yang Menyebabkan Terjadinya Pencemaran Disebut

    Rahasianya Ada di Area Perut

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kapal dapat terapung di permukaan air laut, hal ini dikarenakan luas lambung kapal yang berlubang.

    Jadi, alih-alih lambung kapal padat, malah berbentuk seperti rongga yang bisa memperbesar volume kapal.

    Bagaimanapun, inilah sebabnya berat jenis kapal berkurang. Keberadaan wilayah udara menjadi penting karena tanpa udara tidak mungkin kapal dapat terapung di permukaan air.

    Anda pasti ingat dengan musibah kapal paling legendaris pada masanya, Titanic yang tenggelam karena sebagian lambungnya rusak atau bocor.

    Untuk memperoleh volume yang benar, maka luas wilayah udara pada kapal juga harus dihitung dengan benar. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan total muatan kapal.

    Jika terjadi kesalahan terkait pada proses pembuatannya, maka ada potensi kapal tenggelam atau tenggelam ke dasar laut karena kelebihan beban.

    Akibatnya kapal bisa terapung di permukaan air karena Semacam spageti Jenis yang lebih kecil dari massa jenis air.

    Jika Anda memiliki pertanyaan serupa, semoga uraian Panduancode.com di atas dapat membantu Anda di kemudian hari.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done