Segala jenis polusi dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan satwa liar. Faktanya, polusi seringkali berdampak pada kesehatan dan kes...
Daftar Isi [Tampil]

    Segala jenis polusi dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan satwa liar. Faktanya, polusi seringkali berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan manusia. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan dan apa saja jenis-jenisnya? Pengertian pencemaran diambil dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. Pengertian pencemaran dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup atau perubahan tatanan lingkungan hidup akibat kegiatan manusia atau proses alam. Dengan demikian, kualitas lingkungan hidup menurun sampai pada tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup kurang berfungsi atau tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.



    Suatu Zat Yang Menyebabkan Terjadinya Pencemaran Disebut

    National Geographic mendefinisikan polusi sebagai masuknya zat-zat berbahaya ke dalam lingkungan.

    Zat-zat berbahaya ini disebut polutan. Polutan dapat merusak kualitas lingkungan sekitar manusia, termasuk udara, air, dan tanah. Mengutip Encyclopedia Britannica, pencemaran, disebut juga pencemaran lingkungan, adalah penambahan zat apa pun (padat, cair, atau gas) atau segala bentuk energi (seperti panas, suara, atau radioaktivitas) ke lingkungan. Bahan Pencemar Bahan atau bahan yang menimbulkan pencemaran disebut bahan pencemar atau kontaminan.

    Baca Juga: Betonisasi Jalan-Jalan Dapat Mengganggu Daur Air Karena

    Bahan pencemar adalah zat, partikel, atau organisme yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dengan cara langsung atau tidak langsung menurunkan kualitas lingkungan hidup. Semua makhluk hidup, mulai dari mikroba bersel tunggal hingga paus biru, bergantung pada sumber daya udara dan air di bumi. Jika sumber daya ini tercemar, semua cara hidup akan terancam.

    Industri dan rumah tangga menghasilkan sampah dan limbah yang dapat mencemari air, udara dan tanah. Syarat suatu zat dapat disebut sebagai pencemar adalah keberadaannya merugikan makhluk hidup. Ciri-ciri bahan pencemar antara lain : Jumlahnya melebihi jumlah normal Berada di tempat dan waktu yang salah Terdapat berbagai macam jenis bahan pencemar, antara lain: Bahan pencemar kimia adalah bahan kimia yang menimbulkan pencemaran, misalnya gas karbon dioksida (CO2). Polutan fisik adalah zat cair, padat atau gas yang menyebabkan pencemaran, seperti botol plastik. Polutan biologis adalah mikroorganisme seperti bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit.

    Mengutip Live Science, ada lima jenis pencemaran utama: Polusi udara Polusi air Polusi tanah Polusi suara Polusi cahaya Di bawah ini penjelasan singkat masing-masing jenis pencemaran: Polusi air adalah pencemaran yang terjadi di lingkungan perairan ketika terdapat zat-zat berbahaya. atau zat masuk. Contoh bahan pencemar : air limbah industri, pestisida dan lain-lain.

    Polusi udara adalah pencemaran yang terjadi di udara; Umumnya merupakan polutan dalam bentuk gas atau partikel. Contoh: karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO) dan lain-lain. Pencemaran tanah merupakan pencemaran yang terjadi pada lingkungan daratan yang umumnya disebabkan oleh limbah domestik dan limbah industri.

    Contohnya adalah sampah plastik, sampah pabrik dan lain-lain. Pencemaran suara merupakan pencemaran yang berupa kebisingan berupa gelombang suara yang sering mengganggu pendengaran. Misalnya saja dengungan mesin kendaraan, suara pabrik, mesin penebang kayu dan lain-lain.

    Polusi cahaya adalah pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia, biasanya berupa cahaya yang terlalu terang. Kebanyakan terjadi di daerah perkotaan atau kawasan industri. Contoh : lampu kota, lampu pada baliho, dan lain-lain.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done