Kita umat Islam yang diberkati Allah, harus yakin bahwa segala kebaikan dan kenikmatan yang kita miliki adalah anugerah dari Allah. Tuhan be...
Daftar Isi [Tampil]

    Kita umat Islam yang diberkati Allah, harus yakin bahwa segala kebaikan dan kenikmatan yang kita miliki adalah anugerah dari Allah. Tuhan berkata: "Berkah yang kamu peroleh berasal dari Allah..." (Surat an-Nahl, 16:53)



    Lawan Kata Dari Bersyukur Terhadap Nikmat Allah Adalah

    Banyak sekali nikmat yang Tuhan berikan kepada kita. Allah telah menganugerahkan kepada kita nikmat kesehatan, nikmatnya makan, minum dan berpakaian, serta nikmatnya tanah air yang aman di mana kita tinggal, sejak kita dalam kandungan ibu kita, yang lebih kita nikmati dibandingkan saat kita sakit. Seperti saudara-saudara kita di sana, kita bisa beribadah dengan tenang tanpa khawatir akan bom, serangan bersenjata, terorisme dan banyak keberkahan lainnya. Jika kita mencoba menghitung nikmat yang Tuhan berikan kepada kita, tentu kita tidak bisa. Aku berkata Tuhan,“Dan seandainya kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menentukan jumlahnya.” (Q.S. Nahl [16]: 18).

    Umat ​​Islam yang telah dirahmati Allah, sesungguhnya kita semua tidak bisa mensyukuri setiap nikmat yang Allah berikan kepada kita. Kita tidak dapat menghitung betapa bersyukurnya kita atas hal ini. Sesungguhnya hanya sedikit hamba-Ku yang bersyukur, demikianlah firman Allah.Sangat sedikit dari hamba-Ku yang mau bersyukur.(Q.S. Sebe' [34]:13). Ibnu Katsir melakukan ini:Apa yang dikatakan itu benar.” Artinya hanya sedikit orang yang mau bersyukur.

    Baca Juga: Strategi Kreatif Dalam Proses Berisi

    Apa Arti Syukur?

    Secara linguistik, “Rasa syukur adalah pujian kepada orang yang memberi kebaikan sebagai imbalan atas kebaikan itu” (Lihat.Ash-Shahhah Fil Lughah karya al-Jauhari). Atau bersyukur artinya bersyukur dalam bahasa Indonesia. Adapun istilah “syukur” dalam agama dijelaskan oleh Ibnu al-Qayyim: “Syukur berarti menunjukkan nikmat Allah kepada diri sendiri. Secara lisan yaitu berupa pujian dan ungkapan kesadaran seseorang bahwa ia telah diberi Berkah. Dari hati, syahid dan cinta kepada Allah." Berupa. Melalui anggota tubuh, berupa ketaatan dan ketaatan kepada Allah" (Madarijus Salikin, 2/244). Lawan dari bersyukur adalah tidak percaya pada nikmat, yaitu tidak mau memahami bahwa nikmat yang diterima itu berasal dari Tuhan, atau bahkan mengingkarinya. Misalnya, Karun berkata:“Kekayaan dan kegembiraan yang sesungguhnya saya miliki berasal dari ilmu yang saya miliki.” (Q.S. el-Kaşaş [28]:78).

    Syukur Adalah Ibadah

    Umat ​​Islam telah dirahmati Allah, rasa syukur kepada Allah adalah wujud ibadah kita. Dalam banyak ayat Al-Quran, Tuhan memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya. Alhamdulillah, inilah ibadah dan ketaatan terhadap perintah Allah. Tuhan berkata:“Ingatlah Aku, maka Aku akan mengingatmu. Bersyukurlah kepada-Ku dan jangan menyangkal Aku.” (Baqarah[2]:152) Allah pun berfirman:“Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari apa yang baik yang Kami rezeki bagimu dan bersyukurlah kepada Allah, jika hanya Dia yang kamu sembah.” (Baqara[2]:172)

    Dengan kata lain, orang yang bersyukur adalah orang yang menaati perintah Allah; Orang yang menghindari mengucap syukur dan mengingkari nikmat Allah berarti durhaka terhadap perintah Allah.

    Umat ​​Islam yang dirahmati Allah, seorang muslim sejati tidak akan pernah lepas dari tiga syarat. Situasi ini merupakan tanda kebahagiaan baginya; Yang pertama bersyukur ketika mendapat kebaikan, yang kedua bersabar ketika menemui kesulitan, yang ketiga bersukacita ketika berbuat maksiat. meminta maaf (Gowa'idul Arba', S.01), apabila seorang muslim mempunyai ketiga syarat tersebut, maka ia akan memperoleh kebahagiaan dengan izin Allah. Nabi berkata:“Betapa indahnya amalan seorang mukmin, segala amalnya baik baginya. Hal ini tidak dapat ditemukan di luar orang beriman. Jika dia menikmatinya maka dia bersyukur, itu baik baginya. Di sisi lain, dia bersabar ketika dia dalam kesulitan, dan itu baik baginya." (Hadits Shahih. Narasi Muslim, no. 2999, Abu Yahya hingga Shuhayb bin Sinan).

    Bersyukur kepada umat Islam yang telah diberi nikmat oleh Allah merupakan akhlak mulia yang lahir dari besarnya rasa cinta dan kepuasan yang dirasakan terhadap si pemberi nikmat. Rasa syukur tidak akan terwujud jika tidak diawali dengan keberkahan. Tidak mungkin seseorang yang telah dikaruniai Allah, walaupun hanya sedikit, bisa bersyukur jika tidak ada nikmatnya. Orang yang berpendapatan rendah, hasil panen rendah, atau berpendapatan rendah tidak akan bisa bersyukur jika tidak diberi keberkahan. Demikian pula seseorang yang diberi rezeki yang baik dan harta yang melimpah, akan terus merasa kekurangan dan tidak akan bersyukur jika keberkahan tidak datang kepadanya.

    Kita memuliakan umat Islam, maka dari itu sebagai umat Islam wajib hukumnya bersyukur dalam keadaan apapun, bersyukur pada kenyataannya saja tidak cukup."Terima kasih Tuhan". Rasa syukur tidak hanya diucapkan. Namun seorang hamba harus mengucap syukur dengan hati, lidah, dan anggota tubuhnya. Sebagaimana dikatakan Ibnu Kudame v., “Syukur (yang sesungguhnya) adalah dengan hati, lidah, dan anggota tubuh.”Minhajul Qosidin, Subjek. 305).

    Bagaimana kita bisa mensyukurinya dari hati, yaitu rasa cinta kita kepada Allah terungkap dengan mengetahui dan mengimani bahwa nikmat tersebut hanya datangnya dari Allah saja, bukan dari orang lain. Nanti Dia bermaksud menggunakan berkah ini dengan cara yang menyenangkan Allah. Mengucap syukur secara lisan berarti memuji dan memuji yang telah memberi kita nikmat."Terima kasih Tuhan". Kewajiban anggota tubuh adalah menggunakan nikmat ini untuk menaati Allah yang kita syukuri, dan menghindari penggunaan kenikmatan ini untuk memberontak terhadap-Nya.

    Syukur Adalah Karakter Para Nabi

    Meski surga bagi Muhammad terjamin, namun ia tak segan-segan mengungkapkan rasa syukurnya. Diriwayatkan oleh Ibu 'Aisyah i,“Utusan Tuhan'Ia sering berdiri terlalu lama saat shalat hingga kakinya kaku. Aisyah bertanya: 'Ya Rasulullah, mengapa kamu sampai pada titik ini? Bukankah dosamu yang lalu dan yang akan datang sudah diampuni? Nabi bersabda: 'Wahai Aisyah, bukankah aku harus menjadi hamba yang bersyukur?'” (H.R. Bukhari no. 1130, Muslim no. 2820). Inilah teladan kita sebagai umat Islam, semoga Nabi Muhammad SAW. Kita bisa mengambil contoh Muhammad.

    Buah Manis Ucapan Syukur

    Syukur adalah Sifat Orang Beriman

    Rasulullah tersebut di atas, “Sungguh mengherankan seorang mukmin karena apa yang dikerjakannya itu baik. Namun hal itu tidak akan terjadi kecuali bagi mukmin yang sejati. dan ini bagus untuknya."(H.R.Muslim no.7692).

    Itulah sebabnya datangnya ridha Allah

    Tuhan berkata: “Kalau kamu tidak taat, Allah akan kaya bersamamu. Allah tidak ridha terhadap hamba-hamba-Nya yang durhaka, dan jika kamu bersyukur maka Allah pun akan ridha kepadamu.”(Q.S. Az-Zumar [39]: 7).

    Itulah sebabnya seseorang bisa selamat dari azab Allah.

    Tuhan berkata: “Kalau kamu bersyukur dan beriman, Allah tidak akan menghukummu. Dan sesungguhnya Allah maha bersyukur dan bijaksana.” (Surat an-Nisa [4]: ​​147).

    Inilah sebabnya bantuan ekstra

    Tuhan berkata: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengumumkan: ‘Jika kamu bersyukur, niscaya Kami akan menambahi kamu (berkah); jika kamu mengingkari (berkah-Ku), niscaya siksa-Ku akan sangat pedih.’” (Q.S.Ibrahim [14]:7).

    Pahala di dunia dan akhirat

    Jangan berpikir bahwa rasa syukur hanya terdiri dari memuji dan bersyukur kepada Allah. Ketahuilah bahwa bersyukur juga mendatangkan pahala bahkan membuka pintu rezeki di dunia. Aku berkata Tuhan, “Kami akan memberi penghargaan kepada mereka yang benar-benar bersyukur” (S.Ali Imran[3]:145). Imam As-Tabari menafsirkan ayat ini dengan mengutip riwayat Ibnu Ishaq: “Maka sebagai syarat bersyukur, Allah memberikan kebaikan yang Allah janjikan di akhirat, dan Allah memberikan rezeki baginya di dunia juga.” (Tafsir Ath Thabari, 7/263).
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done