Ada berbagai jenis hewan yang hidup di air, selengkapnya simak di sini! Ada dua kategori utama hewan: mereka yang hidup di lingkungan perair...
Daftar Isi [Tampil]

    Ada berbagai jenis hewan yang hidup di air, selengkapnya simak di sini!

    Ada dua kategori utama hewan: mereka yang hidup di lingkungan perairan dan darat. Namun tidak semua jenis hewan air dapat bertahan hidup di air karena memiliki adaptasi yang berbeda-beda, termasuk ikan.

    Dalam buku “Berbagai Jenis Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar” karya Edi Suwasono disebutkan bahwa ikan mempunyai adaptasi khusus terhadap jenis air yang ditinggalinya. Hal ini disebabkan adanya perbedaan komposisi air pada berbagai lingkungan.

    Ikan dibagi menjadi dua kelompok utama berdasarkan habitatnya: ikan air laut (air asin) dan ikan air tawar. Ikan air laut (saltwater) dapat bertahan hidup di air laut dengan kadar garam kurang lebih 35%, yang mengandung berbagai gas terlarut, bahan organik, dan partikel tidak larut.

    Air asin ini ditemukan di laut dan samudera. Beberapa contoh ikan yang hidup di air laut antara lain tuna, kakap, kerapu, teri, dan masih banyak lagi.

    Apakah Anda bertanya-tanya hewan apa yang hidup di air? Mari kita lihat lebih lanjut di sini.



    8 Hewan Yang Hidup di Air

    Hewan akuatik adalah makhluk hidup yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di ekosistem perairan yang meliputi ekosistem air tawar, air asin, dan air payau. Hewan air ini tidak dapat bertahan hidup lama di lingkungan darat.

    1. Ikan

    Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Afrika Timur dan diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1969. Saat ini ikan nila telah menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam air tawar serta danau dan sungai di Indonesia.

    Ikan nila merupakan sumber protein hewani yang ekonomis untuk dikonsumsi manusia. Namun perlu diingat bahwa ikan ini mungkin tidak cocok untuk orang dengan riwayat tekanan darah rendah, karena mengandung asam lemak omega 6 yang tinggi.

    Baca Juga: Macam-Macam Ikan 

    2. Ikan lele

    Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan tubuh berwarna putih keperakan, tidak bersisik, dan memiliki dua pasang sungut pendek. Mereka biasanya ditemukan di muara, danau dan sepanjang tepian sungai besar.

    Ikan lele mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. Ini mengandung protein, asam lemak dan omega.

    3. Ikan Tambakan

    Ikan Tambakan merupakan ikan air tawar yang bersifat bentopelagis, artinya hidup di daerah antara permukaan dan dasar perairan. Dan cara berkembang biaknya relatif mudah.

    Ikan tambakan mengandung kalsium yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, ikan tambakan juga mengandung zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, dan protein.

    4. Ikan gurami

    Ikan gurami telah dikenal sebagai ikan konsumsi sejak abad ke-18 dan juga digunakan sebagai ikan hias sejak tahun 1802. Ikan gurami memang lambat tumbuh namun memiliki banyak keunggulan lainnya.

    Salah satunya adalah daging yang keras, enak dan memiliki cita rasa yang khas yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Ikan gurami juga mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D3.

    5. Pari Manta

    Salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia adalah pari manta. Ikan ini dianggap lebih pintar dibandingkan ikan pari lainnya karena otaknya lebih besar.

    Ciri khas ikan ini adalah sepasang tanduk yang terletak di dekat mulutnya, yang membantu mengarahkan air laut yang mengandung plankton ke dalam mulutnya. Terdapat dua spesies pari manta yang dilindungi di Indonesia: Manta Karang dan Manta Laut.

    6. Evaluasi

    Kima merupakan salah satu jenis moluska berukuran sangat besar yang biasa hidup di terumbu karang. Tujuh dari sepuluh spesies tiram di dunia terdapat di Indonesia.

    Pada tahun 2011, spesies kerang baru ditemukan di Sulawesi Tenggara. Ia kemudian diberi nama Tridacna Kimaboe.

    7. Penyu

    Kura-kura merupakan hewan melata yang memiliki dua kaki dayung di depannya. Terdapat enam jenis penyu yang dilindungi di Indonesia, yaitu Penyu Tempayan, Penyu Sisik, Penyu Hijau, Penyu Belimbing, Penyu Tunggang, dan Penyu Pipih.

    8. Melihat Sinar

    Pari gergaji memiliki tubuh seperti hiu dan moncong panjang dengan 16 hingga 32 gigi di setiap sisinya. Mereka umumnya hidup di perairan pantai dangkal dengan kedalaman kurang dari 100 meter.

    Ada empat spesies ikan pari yang dilindungi di Indonesia. Yaitu Sinar Gergaji Tajam, Sinar Gergaji Besar, Sinar Gergaji Kerdil dan Sinar Gergaji Hijau.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done