Apa nama Organisasi Perhimpunan Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara? – Tahukah Anda kalau organisasi negara-negara di kawasan Asia Tengga...
Daftar Isi [Tampil]

    Apa nama Organisasi Perhimpunan Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara? – Tahukah Anda kalau organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara disebut ASEAN?

    Anda akan mempelajari mata pelajaran ini ketika Anda duduk di bangku sekolah menengah atas (SMP). Di dalam Dia Ben pelajaran Ini akan dibahas nantisejarah Ia menyampaikan tujuan berdirinya ASEAN kepada para anggotanya.

    Oleh karena itu puaskan rasa penasaran Anda karena Panduancode.com akan menjelaskannya secara gamblang pada artikel kali ini. Siapkan juga alat tulis jika ingin mencatat hal-hal penting dalam pembahasan ini.



    Sejarah Pendirian dan Tujuan Organisasi ASEAN

    Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggaraatau lebih dikenal dengan sebutan ASEAN didirikan di Thailand.

    Organisasi ASEAN didirikan di Bangkok pada tahun 1967. Persatuan yang mencakup negara-negara Asia Tenggara ini awalnya hanya didirikan oleh lima negara. Saat itu, anggota ASEAN adalah Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

    Kelima negara penggagas awal terbentuknya ASEAN mempunyai tujuan dan cita-cita yang sama. Secara garis besar para pendiri ASEAN menginginkan kawasan Asia Tenggara yang aman, stabil dan sejahtera.

    Berdirinya perkumpulan negara-negara Asia Tenggara yang disebut ASEAN tidak lepas dari latar belakang yang sama.

    Misalnya karena kesamaan geografis, budaya, dan minat. Kesamaan tersebut akan mempererat hubungan antar negara di kawasan Asia Tenggara.

    Baca Juga: Pemilihan Lokasi Wirausaha Harus Memperhatikan

    Daftar Negara Anggota ASEAN

    Awalnya, hanya lima negara dari kawasan Asia Tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Namun seiring berkembangnya organisasi, negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara juga ikut bergabung.

    ASEAN memiliki sepuluh negara anggota resmi hingga saat ini. Dengan tambahan negara anggota seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam, Myanmar dan Laos. Kamboja menjadi negara terakhir yang bergabung dengan ASEAN pada 30 April 1999.

    Di sisi lain, ASEAN memainkan peran yang semakin penting, khususnya dalam keamanan transit. Hal ini tidak terlepas dari letak geografis Asia Tenggara.

    Oleh karena itu tidak mengherankan jika peran ASEAN dalam menyelesaikan sengketa regional seperti Laut Cina Selatan menjadi semakin penting.

    Demikianlah pembahasan singkat mengenai persatuan negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang disebut ASEAN. Kami berharap diskusi ini dapat memperluas pandangan Anda tentang sejarah ASEAN dan negara-negara anggotanya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done