Pernyataan yang benar tentang kromosom DNA dan inti sel adalah bahwa Kromosom dan DNA tidak berhubungan, keduanya berada di dalam inti sel, ...
Daftar Isi [Tampil]

    Pernyataan yang benar tentang kromosom DNA dan inti sel adalah bahwa Kromosom dan DNA tidak berhubungan, keduanya berada di dalam inti sel, dan Kromosom berada di dalam DNA dan meringkuk di luar.inti selDNA berbentuk heliks ganda yang terpilin, berupa kromosom, di dalam inti sel. Yang mana yang benar?

    Jawabannya adalah Asam Deoksiribonukleat mempunyai bentuk heliks ganda yang sangat panjang dan terpelintir. Isinya dalam bentuk blue print yang merupakan unsur pembawa sifat manusia. Bagian ini membungkus protein histon dan membentuk kromosom di dalam nukleus.

    Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa jawaban yang benar adalah DNA terdapat di dalam nukleus, berbentuk heliks ganda yang terpilin, berbentuk kromosom (C). Untuk memahami lebih jelas hubungan ketiga bagian tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini.



    Penjelasan Tambahan Pernyataan Benar Tentang Kromosom DNA dan Inti Sel

    Inti mempunyai beberapa bagian: membran, kromatin, nukleoplasma, dan nukleolus. Beberapa bagian tersebut merupakan faktor yang memiliki ciri khas manusia, seperti benang kromatin.

    Benang kromatin mengandung Asam Deoksiribonukleat yang berbentuk lilitan. Kromatin ini akan menyerupai benang yang disebut kromosom. Ketiga bagian ini saling berkaitan satu sama lain, namun masing-masing mempunyai tugasnya masing-masing.

    Baca Juga: Penulisan Tempat Dan Tanggal Surat Yang Tepat Adalah

    1. Kromosom

    Kromosom adalah kumpulan asam deoksiribonukleat yang terletak melingkar rapat di dalam nukleus. Bagian ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelahan sel.

    Fungsi lainnya adalah untuk memastikan bahwa setiap bagian yang mengalami pembelahan menerima gen yang sama. Bagian ini akan menggantikan sel-sel lama yang rusak dengan yang baru sehingga Asam Deoksiribonukleat tetap utuh dan merata.

    2. DNA

    Asam Deoksiribonukleat memiliki fungsi menyimpan dan mentransfer materi genetik yang terdapat di dalam nukleus. Sedangkan sebagian kecilnya terdapat pada mitokondria. Bagian ini akan menentukan sifat makhluk hidup.

    3. Awal

    Inti mempunyai peranan yang sangat penting karena mengendalikan segala aktivitas. Dengan kata lain dapat dikatakan inti merupakan pusat yang mengendalikan kegiatan yang dilakukan. Inti sel akan menyimpan informasi genetik dalam bentuk Asam Deoksiribonukleat.

    Meski memiliki fungsi masing-masing, namun ketiganya bekerja sama dalam mengolah materi genetik. Jadi, pernyataan yang benar pada pilihan jawaban mengenai kromosom DNA dan inti sel adalah: Asam Deoksiribonukleat mempunyai bentuk heliks ganda yang sangat panjang dan terpuntir.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done