Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa disebut materi. Definisi lain dari materi adalah benda apa pun yang memerlukan ruang...
Daftar Isi [Tampil]

    Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa disebut materi. Definisi lain dari materi adalah benda apa pun yang memerlukan ruang dan kuantitasnya dapat diukur dengan menggunakan massa.

    Materi terdiri dari segala sesuatu yang dapat disentuh, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Bahan ini dapat terdiri dari zat tunggal atau campuran zat.

    Zat yang tersusun dari suatu zat disebut zat murni, dan zat yang tersusun dari campuran zat disebut zat tidak murni. Materi dibagi lagi menjadi materi hidup dan materi tak hidup.

    Materi hidup adalah segala sesuatu yang dapat bernafas, bermetabolisme, dan berkembang biak, yaitu makhluk hidup. Misalnya tumbuhan, hewan dan manusia. Sedangkan semua benda mati adalah benda mati.

    Tidak hanya itu, bahan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan sifat fisik dan kimianya. Untuk membantu Anda memahami topik dengan lebih baik, simak beberapa contoh yang telah kami rangkum agar lebih mudah.



    Segala Sesuatu Yang Menempati Ruang Dan Mempunyai Massa Disebut Materi, Lihat Contohnya

    Menemukan sampel material tidaklah sulit karena Anda dikelilingi olehnya. Namun, kami akan fokus mempertimbangkan bahan-bahan yang ada di alam menurut sifat fisiknya:

    1. Tanah

    Tanah merupakan bahan kerak bumi yang terdiri dari mineral dan berbagai zat organik. Tanah sudah ada sejak lama dan merupakan bahan yang paling mudah ditemukan di bumi.

    Peranan tanah dalam kehidupan sangatlah besar dan vital. Diantaranya digunakan sebagai media tanam dalam berbagai kegiatan pertanian.

    2. Air

    Zat berikutnya yang paling melimpah dan umum di bumi adalah air. Sumber daya air yang ada di planet ini terdiri dari lautan, sungai, danau, uap dan lain-lain. Fungsi air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

    3. Cuaca & Udara

    Banyak orang yang salah mengira bahwa udara bukanlah bagian dari materi. Faktanya, udara memiliki massa dan volume karena menempati ruang. Namun materi ini tidak dapat dilihat.

    4. Manusia

    Manusia juga merupakan makhluk hidup di bumi. Hal ini karena manusia mempunyai massa dan volume sehingga dapat menempati ruang. Makhluk hidup lain selain manusia adalah hewan, tumbuhan dan berbagai mikroorganisme.

    Dalam kehidupan selalu ada ruang yang diisi oleh sesuatu, baik benda maupun makhluk hidup. Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa disebut materi.

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done