Acara Sumpah Pemuda merupakan salah satu momen bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Antusiasme dan tekad pemud...
Daftar Isi [Tampil]

    Acara Sumpah Pemuda merupakan salah satu momen bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Antusiasme dan tekad pemuda Indonesia untuk bersatu terlihat jelas pada acara ini.

    Janji Pemuda terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta. Acara ini merupakan saat para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan di Indonesia berkumpul untuk mendeklarasikan persatuan bangsa Indonesia berdasarkan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.

    Peristiwa ini dianggap sebagai titik balik perjuangan melawan kolonialisme. Berkaitan dengan hal tersebut, menarik untuk mengetahui semangat dan komitmen dari acara sumpah pemuda tersebut.


    Sejarah dan Deskripsi Lengkap Acara Sumpah Pemuda

    Peluncuran situs web museum Sumpah Pemuda Peristiwa Janji Pemuda tersebut berlangsung pada saat Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Para pemuda tersebut tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia.

    Kongres ini bertujuan untuk mempertebal rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia yang sudah tumbuh dalam jiwa generasi muda tersebut. Sebelum kongres, pertemuan diadakan pada tanggal 3 Mei dan 12 Agustus 1928.

    Dalam rapat tersebut dibahas mengenai pembentukan panitia, agenda kongres, masalah waktu, tempat dan biaya. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa Kongres Pemuda Kedua akan diadakan antara tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di tiga tempat: Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop dan Indonesische Clubgebouw (Rumah Kost, Kramat No. 106).


    Pendanaan pertemuan tersebut disediakan oleh organisasi-organisasi dan sumbangan yang berpartisipasi dalam kongres. Panitia kemudian menyepakati struktur sebagai berikut:


    • Ba┼čkan: Sugondo Djojopuspito (PPPI)

    • Wakil Presiden: R.M. Djoko Marsaid (Jong Jawa)

    • Sekreter: Muhammad Yamin (Jong Sumatranen Bond)

    • Sayman: Amir Sjarifudin (Jong Bataks Bond)

    • Pembantu I : Johan Mahmud Tjaja (Persatuan Muda Islam)

    • Asistan II: R. Katja Soengkana (Endonezya Pemoedas─▒)

    • Pembantu III : R.C.L. Kuat (Jong Celebes)

    • Asistan IV: Johannes Leimena (Jong Ambon)

    • Asistan V: Mohammad Rochjani Su'ud (Pemoeda Kaoem Betawi)

      Pertemuan pertama dilaksanakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond. Sugondo berorasi dan berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan pemuda. Lalu ada penjelasan Muhammad Yamin tentang arti persatuan dan hubungannya dengan pemuda. Selain itu juga diumumkan bahwa unsur-unsur yang memperkuat persatuan Indonesia adalah sejarah, bahasa, pendidikan, hukum adat, dan kemauan.

      Pertemuan kedua dilaksanakan di Gedung Bioscoop Oost Java. Persoalan yang dibicarakan adalah pendidikan dan kebutuhan anak untuk mendapatkan pendidikan.

      Pertemuan ketiga dilaksanakan di Gedung Indonesische Clubgebouw. Soenario berbicara tentang nasionalisme dan demokrasi serta gerakan kepanduan. Gerakan kepramukaan mengajarkan anak disiplin dan mandiri yang penting dalam bertempur.

      Kemudian kongres diakhiri dengan lagu Indonesia Raya. Kongres kemudian diakhiri dengan pembacaan resolusi Sugondo Djojopuspito yang dirumuskan oleh Mohammad Yamin.

      Sumpah pemuda termuat dalam keputusan sebagai berikut:

      1. Kami putra dan putri Indonesia sedarah, mengaku berbagi tanah Indonesia.
      2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
      3. Kami putra dan putri Indonesia mendukung bahasa Indonesia, bahasa persatuan.

    Menjelaskan Semangat dan Komitmen Acara Sumpah Pemuda Dalam Keputusannya

    Ketentuan Sumpah Pemuda Ini tentang keputusan kongres. Berdasarkan pernyataan tersebut terlihat bahwa semangat dan komitmen acara Sumpah Pemuda adalah agar generasi muda Indonesia senantiasa mencintai tanah air Indonesia, menjaga dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menggalakkan penggunaan bahasa Indonesia.

    Antusiasme pemuda Indonesia saat itu sangat menggebu-gebu. Para pemuda dan pemudi beranggapan bahwa bangsa Indonesia harus bersatu dan mempunyai jati diri yang kuat agar bisa mandiri. Oleh karena itu mereka berinisiatif menyusun Sumpah Pemuda sebagai manifesto bersama.

    Pemuda Indonesia menunjukkan komitmen besar terhadap persatuan dan kesatuan bangsa dalam menyusun Sumpah Pemuda. Remaja putra dan putri menyadari bahwa dengan bersatu, mereka dapat lebih kuat melawan penjajah dan mencapai kemerdekaan yang mereka impikan.

    Komitmen Pemuda terdiri dari tiga pasal yaitu “Satu NKRI, Satu Bangsa, Satu Bahasa”. Ketiga poin tersebut mewakili semangat dan tujuan utama perjuangan pemuda Indonesia saat itu.

    “Tanah Air Tunggal” menekankan pentingnya persatuan dan solidaritas dalam menjaga keutuhan wilayah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Pemuda Indonesia sepakat bahwa keberagaman adalah kekayaan, bukan perpecahan.


    “Satu Bangsa” mengisyaratkan bahwa mereka harus memiliki identitas nasional yang kuat. Identitas tersebut tidak hanya didasarkan pada akar suku atau agama saja, namun juga menyatu menjadi satu identitas yang disebut bangsa Indonesia.

    “Satu Bahasa” menunjukkan pentingnya bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi tunggal bagi seluruh masyarakat Indonesia. Saat itu para pemuda Indonesia menyadari bahwa bahasa merupakan jembatan penghubung masyarakat Indonesia dari berbagai suku, agama, dan budaya.

    Demikian gambaran acara Janji Pemuda serta antusias dan komitmen acara Janji Pemuda. Acara Sumpah Pemuda membuktikan bahwa semangat dan komitmen pemuda Indonesia mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam mencapai kemerdekaan.

    Baca Juga: Teks Eksplanasi Bertujuan Untuk Menyajikan Informasi Berupa Fakta


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done