Banyak siswa yang masih belum memahami bahwa teks ekspositori bertujuan untuk menyajikan informasi berupa fakta agar pembaca dapat memahamin...
Daftar Isi [Tampil]

    Banyak siswa yang masih belum memahami bahwa teks ekspositori bertujuan untuk menyajikan informasi berupa fakta agar pembaca dapat memahaminya dengan jelas. Biasanya teks ini digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena.

    Baik berupa peristiwa alam maupun berupa peristiwa sosial yang terjadi di lingkungan dan kehidupan sehari-hari. Buat teks deskriptif Hal ini dimaksudkan agar setiap orang yang membacanya memiliki pemahaman yang detail.

    Jadi Anda bisa memperluas pandangan Anda. Ciri-ciri teks eksplanasi antara lain memusatkan perhatian pada hal-hal umum yang menjelaskan fenomena. Kemudian berisi informasi tentang mengapa dan bagaimana fenomena ini terjadi.

    Sebagian besar kata kerja yang digunakan bersifat relasional dan mengandung penjelasan ilmiah. Bahasa yang digunakan juga sebaiknya singkat, menarik dan jelas agar pembaca dapat lebih memahami informasinya.

    Contoh teks deskripsi adalah tentang suatu bencana di suatu daerah. Waktu, tempat, jenis dan penyebab umum terjadinya bencana dijelaskan secara rinci dalam teks. Begitu pula mengenai acara sosial.





    Struktur Teks Eksplanasi Bertujuan Untuk Menyajikan Informasi Berupa Fakta


    Teks gambaran umum; Ini terdiri dari tiga bagian penting: bagian deskripsi umum, bagian seri deskripsi, dan bagian komentar. Ketiganya harus ada dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.


    Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini:


    1. Gambaran Umum

    Bagian ini berisi informasi singkat mengenai fenomena yang diangkat. Anda juga dapat membuat pernyataan umum tentang subjek tersebut. Pembukaan harus sesingkat dan semenarik mungkin.


    2. Rangkaian Penjelasan

    Pada bagian ini Anda harus membahas masalah ini secara lebih rinci. Misalnya urutan dan uraian fakta atau peristiwa yang dibicarakan. Kemudian berikan penjelasan tentang proses terjadinya fenomena tersebut.


    Yang penting bagian ini memuat jawaban atas pertanyaan “bagaimana” dari pembaca. Perlu juga dicatat bahwa teks ini harus dibahas secara berurutan dan bertahap.


    3. Interpretasi

    Pada bagian ini, Anda harus menyajikan pendapat singkat dan orisinal tentang suatu peristiwa atau fenomena. Skema interpretasi juga harus mencakup kesimpulan yang relevan dengan topik yang dibahas.


    Anda juga dapat menambahkan paragraf penutup jika mau. Namun paragraf ini tidak bersifat wajib selama mendapat masukan dari Anda sebagai penulisnya.


    Dalam dunia jurnalisme dan penelitian ilmiah, teks-teks seperti itu sangat sering digunakan. Karena teks eksplanasi bertujuan menyajikan informasi sebagai fakta ilmiah.

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done