Aku sudah tahu tipe muteks penjelasan Pertanyaan apa yang ditulis untuk dijawab? Teks-teks seperti itu biasanya Anda temukan di media cetak ...
Daftar Isi [Tampil]

    Aku sudah tahu tipe muteks penjelasan Pertanyaan apa yang ditulis untuk dijawab? Teks-teks seperti itu biasanya Anda temukan di media cetak yang menggambarkan suatu bencana alam, kecelakaan lalu lintas, atau peristiwa atau kejadian serupa.

    Materi teks ekspositori juga diajarkan di kelas 8 kelas bahasa Indonesia. Jadi apa tujuan utama dari teks ini? Kami memberikan penjelasan lengkap di bawah ini, beserta tujuan dan fiturnya.



    Teks Eksplanasi Ditulis Untuk Menjawab Pertanyaan Mengapa Dan Bagaimana

    Tujuan dari teks akurat, deskriptif atau eksplanasi adalah untuk menjawab pertanyaan “mengapa” atau “bagaimana” sesuatu terjadi. Teks ini biasanya mencakup peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dll. Ini digunakan untuk menggambarkan peristiwa.

    Untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ciri-ciri teks deskriptif yang perlu Anda ketahui:

    1. Berisi informasi faktual atau faktual berdasarkan kejadian nyata

    2. Untuk memberikan informasi mengenai suatu subjek ilmiah atau yang berkaitan dengan informasi

    3. Bersifat informatif dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi pembaca terhadap topik yang dibahas

    4. Fokuskan informasi pada hal-hal umum atau umum seperti banjir, tsunami, gempa bumi, hujan dan lain-lain

    Selain itu, artikel juga harus memiliki struktur dengan ciri-ciri sebagai berikut:

    1. Jelaskan Peristiwanya

    Bagian ini berisi informasi penjelasan umum seperti bagaimana suatu peristiwa atau fenomena alam terjadi. Pada bagian ini biasanya cukup dijelaskan secara singkat untuk memberikan informasi umum sebelum melanjutkan ke penjelasan lebih lanjut.

    2. Rantai Penciptaan

    Kemudian jelaskan sebab dan akibat dari peristiwa tersebut. Pada bagian ini, penulis dapat menjelaskan dengan jelas penyebab dan akibat dalam beberapa paragraf.

    3. Interpretasi

    Dapat dikatakan bahwa interpretasi merupakan bagian dari penarikan kesimpulan dalam teks presentasi tersebut. Konten memberikan pernyataan atau jawaban terkait fenomena yang sedang dibicarakan.

    Baca Juga: Pendahuluan Dalam Proposal Berisi

    Jika ingin membuat teks eksplanasi sebaiknya menggunakan kalimat pasif dan menggunakan konjungsi kausal dan temporal. Teks ini biasanya juga memuat informasi ilmiah, tergantung isi teksnya. Nah dari penjelasan di atas kalian sudah tahu kalau jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang mana yang ditulis dalam teks eksplanasi untuk dijawab?
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done