Secara umum yang dimaksud dengan teks adalah wacana lisan yang berbentuk tulisan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks naskah ber...
Daftar Isi [Tampil]

    Secara umum yang dimaksud dengan teks adalah wacana lisan yang berbentuk tulisan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks naskah berupa substitusi, kutipan kitab suci kuno, dokumen tertulis untuk ceramah, atau pidato tertulis.


    Namun tuturan dan wacana tentu mempunyai perbedaannya masing-masing. Meski keduanya mempunyai arti dan konotasi yang berbeda. Teksnya adalah monolog non-interaktif. Sedangkan wacana merupakan teks interaktif. Oleh karena itu, terdapat perbedaan dalam hal cara atau kondisi penggunaan teks dan wacana. Ada pula yang mengartikan teks sebagai suatu kesatuan kebahasaan yang dimediasi tulisan dengan berbagai struktur organisasi untuk mengungkapkan makna sesuai konteks.


    Dalam hal ini teks juga mempunyai beberapa jenis; salah satunya adalah teks eksplanasi. Pastinya ada di antara kalian yang mengetahui apa itu teks ekspositori, karena selalu diajarkan ketika kita masih di sekolah. Namun bagi yang belum mengetahuinya, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai. Yuk di PC, simak ulasannya dibawah ini.



    Memahami Teks Deskriptif

    Teks eksplanasi adalah teks yang memuat pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” mengenai peristiwa alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan peristiwa lain yang mungkin terjadi. Peristiwa di sekitar kita mempunyai hubungan sebab-akibat dan sering kali dituangkan dalam bentuk teks penjelasan.

    Setiap peristiwa dan rangkaian peristiwa dalam teks eksplanasi tidak hanya dialami dalam bentuk bacaan saja, namun juga dijadikan pembelajaran bagi pembaca untuk menemukan alasan terjadinya peristiwa tersebut.

    Buku ini menjelaskan jenis-jenis teks, fungsinya, struktur dan langkah-langkah penulisan berbagai jenis teks. Anda dapat membelinya di PC.

    Baca Juga: Sebutkan Batas Wilayah Asean Berdasarkan Letak Geografisnya

    Pengertian Teks Deskriptif Menurut Para Ahli

    Teks eksplanasi mempunyai pengertian yang berbeda-beda menurut banyak ahli. Berikut pengertian teks eksplanasi menurut para ahli.

    1. Mahsun

    Teks eksplanasi, sebagaimana dijelaskan Mahsun, disusun dalam suatu struktur yang meliputi bagian-bagian yang menyatakan penjelasan umum (pendahuluan), rangkaian penjelasan (isi), dan bagian penjelasan atau penutup.

    2. Pardyono

    Menurut Pardyono, teks eksplanasi adalah teks yang mencoba menjelaskan proses terbentuknya suatu gejala alam. Hal ini tidak hanya merupakan fenomena alam, namun juga merupakan fenomena sosial.

    3. Kosasih

    Menurut Kosasih, teks ekspositori menunjukkan bahwa teks ekspositori dapat diasosiasikan dengan jenis-jenis teks. Deskripsi teks eksplanasi; Ini adalah teks yang menggambarkan suatu proses, peristiwa yang berkaitan dengan asal usul, proses, evolusi suatu fenomena, atau mungkin peristiwa alam, sosial, atau budaya.

    4.Tomi Rianto

    Tomi Rianto mendefinisikan teks ekspositori sebagai bentuk teks yang menjelaskan “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa terjadi. Terlepas dari jenis insidennya; alam, sosial, budaya atau ilmu pengetahuan.

    5. Istirahat

    Dalam penjelasan Restuti, teks eksplanasi berarti teks yang menjelaskan atau menerangi proses atau fenomena alam atau sosial.

    6. Dia terlihat bagus, menurut Watkins

    Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan dalam dua aspek, berbeda dengan pandangan Knap dan Watkins. Orientasi pertama berfokus pada bagaimana dan mengapa fenomena tersebut terjadi. Orientasi kedua menekankan pada kemungkinan tampil dalam teks ekspositori.

    7. Barwick

    Menurut Barwick, teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses dan mengapa sesuatu terjadi di dunia.

    Baca Juga: Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

    Tujuan Teks Eksplanasi

    Dari segi tujuannya, teks-teks tersebut berfungsi sebagai pesan yang jelas tentang langkah-langkah dan proses-proses yang terjadi dalam fenomena yang terjadi. Selain itu, teks ini juga memuat indikasi mengapa hal ini bisa terjadi. Teks seperti ini sangat bermanfaat bagi pembaca yang belum mengetahui penyebab suatu peristiwa.

    Penjelasan yang baik diberikan dalam bahasa yang sederhana. Saya berharap banyak orang yang dapat memahami dan memahami apa yang tertulis dalam teks eksplanasi tersebut. Tingkat pemahaman pembaca menentukan efektivitas dan daya tarik.

    Ciri-ciri Teks Deskriptif

    Teks eksplanasi mempunyai ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

    1. Kebenaran

    Merupakan data yang bersifat faktual, berdasarkan data, dan melibatkan penalaran ilmiah yang konsisten dengan pengetahuan ilmiah yang berlaku. Oleh karena itu, teks jenis ini bukanlah teks fiksi.

    2. Informatif

    Teks ini berisi informasi terkini berdasarkan kebutuhan masyarakat. Artinya bisa dimainkan dan tidak basi. Kata informatif mempunyai arti mendukung teori dan penelitian ilmiah yang semakin membuka wawasan atau cara pandang pembaca.

    3. Ini bukan teks yang meyakinkan

    Teks eksplanasi berbeda dengan teks editorial. Jika editorialnya persuasif, teks eksplanasinya lebih banyak menyampaikan fakta. Karena penjelasan ini lebih merupakan penjelasan tentang proses sebab akibat suatu fenomena.

    4. Miliki Pola

    Teks yang menyoroti urutan atau menggunakan langkah-langkah. Misalnya pertama, kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Bagian terakhir berisi informasi dan data penting untuk menyikapi kejadian tersebut.

    5. Bersifat empiris

    Yang dibahas dalam teks eksplanasi adalah permasalahan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Yang dimuat dalam teks eksplanasi adalah informasi mengenai ilmu pengetahuan atau permasalahan empirik.

    6. Memiliki struktur yang jelas

    Fitur yang paling mencolok dapat dilihat pada strukturnya yang halus. Dengan demikian, struktur penjelas diawali dengan pernyataan umum, dilanjutkan dengan rangkaian sebab-akibat suatu peristiwa, dan dilanjutkan dengan interpretasi atau laporan penulis.

    Keberagaman teks tidak hanya terdapat pada jenis teks dengan fungsi yang berbeda-beda. Keberagaman ini juga dapat ditemukan pada jenis teks yang sama; sesuai dengan jenis teksnya. Anda akan menemukan apa yang Anda cari dalam buku ini.

    Struktur Teks Deskriptif

    Teks deskripsi memiliki struktur yang jelas seperti yang tertulis pada fitur. Berikut urutan struktur teks eksplanasi.

    1. Judul

    Seperti halnya teks pada umumnya, judul merupakan hal yang wajib ada. Tentang menulis headline yang baik, tulislah dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Penulisan judul tidak perlu terlalu panjang. Judul yang panjang akan mengalihkan perhatian dari inti pembicaraan. Tuliskan poin-poin yang berkaitan dengan peristiwa yang akan dijelaskan.

    2. Gambaran Umum

    Kedua, Anda bisa memulai dengan pernyataan umum dalam teks deskriptif. Jika Anda perlu membuat pernyataan umum, Anda dapat menulis informasi sederhana tentang peristiwa tersebut. Misalnya, mulailah dengan menjelaskan mengapa hal ini terjadi atau mengapa hal ini hanya terjadi sekarang dan bukan kemarin atau di masa depan.

    3. Menampilkan Urutan dari Sebab ke Akibat

    Bagian utama dari teks naratif adalah menjelaskan urutan dari sebab hingga akibat. Bagian ini berisi penjelasan lebih detail tentang bagaimana proses dimulai, apa tahapan hingga fenomena tersebut terjadi, apa dampaknya, dan bagaimana menyikapi jika fenomena serupa terjadi lagi di kemudian hari.

    4. Interpretasi

    Kolom komentar ini dapat diisi dengan pendapat atau sudut pandang penulis, tentunya berdasarkan data dan penjelasan dari fenomena itu sendiri. Bab terakhir kemudian ditutup dengan kesimpulan. Hasil harus ditulis secara ringkas dan jelas.

    Ini adalah struktur yang sama pentingnya untuk dipertimbangkan ketika membuat teks eksplanasi. Teks deskriptif ditulis dengan penjelasan dalam bahasa standar. Tujuannya agar pembaca dapat memahaminya. Paling tidak, hindari penggunaan bahasa daerah atau bahasa serupa yang mungkin kurang dipahami pembaca.

    PC, itulah pembahasan tentang teks eksplanasi. Kalaupun Anda belum tahu teks apa ini, Anda pasti sudah membaca teks penjelasannya. Setelah membaca artikel ini tentunya Anda bisa mempelajari cara menulis teks eksplanasi.

    Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang teks ekspositori atau jenis teks lainnya, Anda dapat membaca dan membeli buku yang tersedia di PC. Sebagai #UnlimitedFriends, PC telah menyediakan beragam buku berkualitas untuk Anda miliki. Ayo PC, beli bukunya sekarang!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done