Berdasarkan Tempat Apakah Astronom Indonesia Termasuk di Kawasan? — Indonesia berada pada posisi istimewa dari berbagai sudut pandang. Letak...
Daftar Isi [Tampil]

    Berdasarkan Tempat Apakah Astronom Indonesia Termasuk di Kawasan? — Indonesia berada pada posisi istimewa dari berbagai sudut pandang.

    Letaknya yang berada di antara dua benua dan dua samudera menjadikannya wilayah yang strategis. Lantas, berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia termasuk wilayah manakah?

    komputer Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan wilayah mana saja yang ada di Indonesia.

    Letak astronomis tersebut berarti kita perlu melihat letak Indonesia pada sistem koordinat lintang dan bujur yang digunakan di Bumi.

    Garis lintang adalah garis mendatar atau garis khayal bumi yang searah dengan garis khatulistiwa.

    Bujur adalah garis yang membagi bumi secara vertikal dari kutub utara ke kutub selatan.

    Jika kita memperhatikan penjelasan tersebut, maka dalam perhitungan derajat Indonesia terletak pada koordinat 95° s/d 141° BT dan 6° LU dan 11° LU.



    1. Batas Wilayah

    Dari letak astronomis inilah batas wilayah Indonesia dapat ditentukan. Batas wilayah paling utara pada 6° 08' LU adalah Pulau We, pulau paling utara Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

    Batas wilayah paling selatan pada garis lintang 11° 15' selatan adalah Pulau Rote, pulau paling selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

    Batas wilayah paling barat pada garis bujur 95° 45' barat adalah Pulau Beureuh, pulau paling barat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

    Sedangkan batas wilayah paling timur pada garis bujur 141° 05' BT adalah Sungai Fly, sebuah sungai di Kota Merauke, Provinsi Papua.

    Baca Juga: Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Struktur Penyusun Bumi Adalah

    2. Pengaruh Posisi Astronomi

    Lalu apa dampak posisi astronomi Indonesia terhadap kondisi Indonesia secara umum? Karena letaknya yang bersinggungan dengan garis khatulistiwa, iklim Indonesia mempunyai ciri khas.

    Berkat iklim tropis, Anda akan merasakan sinar matahari sepanjang tahun. Iklim tropis mempunyai dua musim, yaitu musim panas/kemarau dan musim hujan.

    3. Bagian Zona Waktu

    Ngomong-ngomong, kalau dilihat menurut zona waktunya, wilayah Indonesia terbagi secara horizontal menjadi 3 zona waktu. Masing-masing Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

    Dari penjelasan di atas terlihat bahwa Indonesia termasuk dalam wilayah berikut menurut letak astronomisnya iklim tropis.

    Selain itu juga berpengaruh pada pembagian periode waktu dan musim. Saya harap ini bermanfaat.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done