Jenis Buku Non-Fiksi dan Buku Fiksi Beserta Deskripsi – Saat berada di toko buku atau perpustakaan, pasti akan berderet-deret koleksi bergen...
Daftar Isi [Tampil]

    Jenis Buku Non-Fiksi dan Buku Fiksi Beserta Deskripsi – Saat berada di toko buku atau perpustakaan, pasti akan berderet-deret koleksi bergenre fiksi dan nonfiksi. Jenis buku nonfiksi dan buku fiksi apa saja yang mudah kamu temukan?

    Kedua tipe tersebut memiliki daya tariknya masing-masing. Fiksi berasal dari imajinasi pengarangnya, padahal non-fiksi Dibuat berdasarkan fakta atau sejarah yang sebenarnya.



    Genre Buku Non Fiksi dan Buku Fiksi

    Genre Buku Non-Fiksi

    Nonfiksi merupakan genre yang dapat diekspresikan dalam berbagai bentuk; Salah satunya adalah dengan mengubah teks menjadi sebuah buku. Hal ini juga dapat diterapkan pada film non-fiksi, animasi, dan game.

    Pengertian buku nonfiksi adalah jenis buku yang memuat informasi berdasarkan fakta, pengalaman nyata, atau sejarah yang dapat dibuktikan keakuratannya oleh penulisnya.

    Buku nonfiksi umumnya disusun menggunakan kalimat-kalimat yang sehat, logis, dan bebas makna asosiatif. Karena isi buku nonfiksi harus mudah dipahami agar tidak terjadi kesalahpahaman.

    Padahal, buku nonfiksi terdiri dari banyak genre. Berikut 10 jenis bacaan nonfiksi umum yang perlu Anda ketahui:

    1. Ensiklopedia

    Pembahasan genre buku nonfiksi dan genre buku fiksi yang perlu Anda ketahui dimulai dari buku ensiklopedia nonfiksi.

    Ensiklopedia adalah ringkasan atau buku referensi berbagai informasi yang digunakan sebagai rujukan berbagai kebutuhan dari hampir semua bidang ilmu pengetahuan.

    Ensiklopedia disusun berdasarkan abjad sehingga memudahkan pembaca menemukan istilah-istilah yang ingin dipelajari. Penjelasan yang dikandungnya singkat dan padat.

    Contoh ensiklopedia antara lain Ensiklopedia Sejarah Nasional dan Dunia, Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan, Ensiklopedia Antariksa, Ensiklopedia Bahasa dan Kebudayaan, dan Ensiklopedia Satwa Purba.


    2. Buku Motivasi

    Selain itu, buku motivasi termasuk dalam genre buku nonfiksi, biasanya ditulis oleh pakar motivasi ulung atau psikolog profesional.

    Menyiapkan buku motivasi bertujuan untuk menanamkan semangat pada pembacanya dengan kata-kata yang inspiratif dan ampuh.

    Seringkali buku motivasi semacam itu memuat teori-teori psikologis tentang manusia. Selain itu, masih banyak kutipan penyemangat yang disusun oleh penulisnya sendiri.

    Pengalaman nyata penulis juga sering disertakan untuk membuktikan bahwa ada perjuangan yang sulit untuk sukses atau bangkit kembali.

    Dalam buku motivasi, penulis sering membagikan model sukses atau tips khusus untuk diterapkan dalam hidup.

    3. Biografi

    Jika kita berbicara tentang genre buku nonfiksi dan fiksi, biografi pasti masuk dalam daftarnya, terutama pada kategori nonfiksi.

    Pengertian biografi adalah sebuah buku yang di dalamnya perjalanan hidup seorang tokoh diceritakan secara lengkap dan rinci oleh orang lain.

    Dalam artikel yang ditulis dengan gaya biografi, kisah hidup seorang tokoh inspiratif diceritakan dengan kata-kata yang menarik. Kisahnya juga memuat pencapaian-pencapaian gemilang.

    Tokoh yang digambarkan dalam biografi biasanya adalah seseorang yang mempunyai pengaruh besar sehingga layak untuk diabadikan.

    Contoh biografi adalah Kisah Epik Soekarno, Biografi Singkat Muhammad Hatta, Tan Malaka: 1897 – 1949 dan Novel Biografi “Buya Hamka”.
     
    4. Otobiografi

    Sama-sama berisi cerita tentang perjalanan hidup seseorang, namun yang membedakan autobiografi dengan biografi adalah pengarangnya adalah sosok itu sendiri.

    Dengan kata lain, otobiografi adalah kisah hidup yang ditulis oleh orang itu sendiri. Biasanya penulis hanya menyertakan momen-momen penting yang bermakna dan menginspirasi banyak orang.

    Selain bercerita tentang perjalanan hidup baik secara detail maupun singkat, penulis kerap mencantumkan kata-kata motivasi dalam otobiografinya.

    Saat membaca otobiografi, sering kali Anda menemukan pendapat pribadi tentang topik tertentu, cerita lucu, atau pengalaman nyata yang meninggalkan kesan.

    Contoh otobiografi antara lain Andy Noya: Kisah Hidupku, Catatan Najwa, Aku Malala, dan Menjadi Michelle Obama.

    5. Kamus

    Daftar genre buku nonfiksi dan buku fiksi berlanjut di kamus pada kategori nonfiksi. Kamus berisi daftar kata yang disusun berdasarkan abjad untuk memudahkan pencarian.

    Setiap kata dilengkapi dengan cara pengucapan, jenis kelas kata dan arti sebenarnya yang dimilikinya. Kamus sering digunakan di sekolah sebagai alat pendukung pembelajaran.

    Selain itu, kamus sering digunakan oleh wisatawan untuk memahami bahasa lokal. Kamus yang biasa dibawa adalah kamus saku kecil.

    Ternyata kamus terdiri dari beberapa jenis. Jenis yang paling umum dikenal adalah kamus bilingual (bilingual), misalnya kamus Inggris-Indonesia dan sebaliknya.

    Jenis lainnya antara lain glosarium istilah, kamus ejaan, kamus pengucapan, kamus sinonim, kamus antonim, kamus singkatan, kamus etimologi, kamus bahasa, kamus kedokteran, dan kamus peribahasa.

    6. Buku teks

    Buku teks selanjutnya merupakan contoh genre buku nonfiksi yang biasa digunakan siswa sebagai modul panduan.

    Buku teks memuat materi-materi lengkap yang berkaitan dengan bidang ilmu tertentu. Karena penulisnya ahli di bidang ini, maka isi buku ini mendalam dan komprehensif.

    Buku teks dibuat secara sistematis dengan menggunakan bahasa formal yang mudah dipahami oleh pembaca. Gambar, diagram, dan grafik sering kali disertakan sebagai deskripsi.

    7. Buku Pengembangan Pribadi

    Ada cukup banyak genre buku nonfiksi dan fiksi yang memuat konten berbeda untuk berbagai tujuan.

    Salah satunya adalah buku self-help yang merupakan genre nonfiksi yang memuat materi tertentu. Materinya berkaitan dengan keterampilan dan keahlian pada bidang tertentu sesuai minat.

    Buku self-help mempunyai penjelasan informasi yang lengkap untuk menguasai suatu keterampilan atau memahami suatu konsep yang berguna dalam kehidupan.

    Misalnya Panduan Merajut, Cara Cepat Belajar Menjahit, Layanan Buku Catatan Belajar Mandiri, Berpikir dan Menjadi Kaya, Psikologi Uang, dan Karunia Ketidaksempurnaan.

    8. Laporan Jurnalistik

    Jenis buku nonfiksi lainnya adalah berita jurnalistik yang disusun dengan menggunakan bahasa jurnalistik khusus. Melengkapi laporan kejadian, kejadian, atau kejadian yang dijelaskan secara rinci.

    Pemberitaan jurnalistik biasanya dibuat oleh wartawan atau jurnalis yang meliput suatu peristiwa, kejadian, atau momen penting lainnya. Mereka mencatat semua fakta di lapangan.

    Karena tidak ada unsur fiksi dalam berita jurnalistik, maka berita tersebut termasuk dalam kategori nonfiksi. Informasi ini kemudian akan disampaikan kepada masyarakat melalui jurnalis.

    Namun ada juga informasi yang disimpan sebagai bahan untuk keperluan lain atau dimana bahan tersebut diperiksa ulang untuk mencegah kesalahan kecil.

    9. Makalah Akademik

    Ada banyak jenis buku nonfiksi dan fiksi dalam bidang akademik; Salah satu contohnya adalah artikel yang masuk dalam genre nonfiksi.

    Artikel memuat hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti baik dari kalangan mahasiswa, dosen, atau akademisi lainnya dan didasarkan pada eksperimen yang sebenarnya.

    Tujuan penulisan artikel adalah untuk mempublikasikan hasil penelitian, menawarkan solusi terhadap permasalahan tertentu, dan menanggapi fakta dengan teori yang relevan.

    Artikel akademis mempunyai struktur penulisan yang sistematis dan mudah dipahami. Struktur ini harus dipatuhi dalam format tertentu yang ditentukan oleh penulis keseluruhan artikel.

    10. Pedoman

    Saat Anda membeli suatu barang elektronik, misalnya kipas angin, biasanya Anda akan menemukan buku petunjuk penggunaan dan perawatan barang tersebut bukan?

    Buku panduan atau disebut juga manual merupakan salah satu jenis bahan nonfiksi yang menjelaskan cara penggunaan suatu barang.

    Tujuan dari pembuatan panduan adalah untuk memberikan petunjuk agar pengguna barang atau barang yang dibeli tidak melakukan kesalahan.

    Selain panduan penggunaan alat elektronik, contoh lainnya adalah buku merakit rak sepatu DIY, buku penggunaan software komputer, dan panduan desain grafis di CorelDraw.

    Genre Buku Fiksi

    Berbeda dengan buku nonfiksi, buku fiksi merupakan jenis tulisan yang bersumber dari imajinasi pengarangnya, bukan fakta yang perlu dibuktikan keabsahannya.

    Dalam menyusun sebuah buku fiksi, penulis mempunyai kebebasan untuk menulis sesuai keinginannya, bahkan hal-hal yang di luar nalar dan tidak mungkin terjadi di dunia ini.

    Genre bacaan pada kategori buku fiksi adalah:

    1. Romawi

    Novel merupakan karya tulis yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam pemeringkatan genre buku nonfiksi dan buku fiksi. Karya sastra ini termasuk dalam kategori buku fiksi yang digemari semua kalangan.

    definisi novel Artikel ini panjang karena umumnya rumit dan berisi cerita konflik yang melibatkan banyak karakter.

    Kompleksitas novel berbeda-beda tergantung bagaimana pengarang memadukan tokoh, sifat tokoh, alur cerita, konflik, dan interaksi antar tokoh.

    Kurmaca romanlara örnek olarak Sunset Bersama Rosie, The ABC Murders, Ronggeng Dukuh Paruk, Aroma Karsa, Robohnya Surau Kami ve Mariposa verilebilir.

    2. Cerita Pendek

    Cerpen merupakan karya prosa yang ceritanya lebih pendek dan tingkat kerumitannya lebih rendah dibandingkan novel. Sumber utama cerita pendek adalah imajinasi pengarangnya.

    Dalam penyusunan cerpen digunakan gaya naratif yang menekankan pada dinamika antar tokoh dalam cerita. Penulis seringkali membuat cerita yang menguras emosi pembacanya.

    Ada beberapa cerita pendek yang memuat fakta tertentu, namun hanya sedikit dan tidak dijadikan bahan utama cerita.

    Jika Anda pergi ke toko buku atau perpustakaan Anda bisa menemukan kumpulan cerita pendek. Buku ini terdiri dari beberapa cerita pendek oleh penulis yang sama atau penulis berbeda.

    3. Dongeng

    Salah satu genre buku nonfiksi dan fiksi yang banyak dikenal adalah dongeng. Yang dimaksud dengan dongeng adalah cerita fiksi yang menggunakan binatang sebagai tokoh utamanya.

    Dalam dongeng, hewan mempunyai ciri dan perilaku seperti manusia; Mereka bisa bicara, mereka bisa saling membantu, mereka bisa berbuat jahat, mereka bisa berpikir cerdas.

    Fabel biasanya pendek dan memuat pesan tertulis yang jelas di akhir cerita. Tujuannya adalah untuk memberi pembaca pelajaran yang baik dalam hidup.

    4. Komik

    Buku komik merupakan contoh buku fiksi yang menawarkan visual menarik dan mengesankan. Pembacaan fiksi ini memadukan teks dan gambar agar cerita terasa lebih hidup.

    Tujuan pembuatan komik adalah sebagai media hiburan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Cerita unggulan berkisar dari romansa, pahlawan, komedi, horor, dan irisan kehidupan.

    Contoh komiknya antara lain Gundala Putra Petir, Wiro Sableng, Panji Tengkorak, Si Juki, Bu Kek Siansu dan jenis komik luar negeri lainnya.

    5. Kelompok Dongeng

    Yang juga populer di kalangan anak-anak adalah genre buku nonfiksi dan genre buku fiksi yang merupakan kumpulan dongeng. Bacaan ini merupakan buku bergenre fiksi yang menarik untuk dibaca.

    Koleksi dongeng terdiri dari banyak cerita rakyat setempat, sering kali ditulis ulang agar lebih mudah dibaca. Gambar berwarna sering disertakan untuk memperjelas isi cerita.

    Beberapa dongeng yang diterbitkan antara lain Bawang Merah dan Bawang Putih, Si Kancil, Sangkuriang, Legenda Danau Toba dan Timun Emas.

    Ada banyak jenis buku nonfiksi dan buku fiksi dengan konten yang beragam. Buku-buku nonfiksi semacam ini sering dijadikan referensi bagi para akademisi dan bahan bacaan anak sekolah.

    Buku nonfiksi juga digunakan sebagai alat membaca bagi mereka yang ingin menambah pengetahuan tentang suatu subjek. Sementara itu, buku nonfiksi sering dijadikan sebagai bahan bacaan rekreasional.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done