Contoh Kata Kunci yang Ditemukan dalam Paragraf dan Bagaimana Cara Menemukannya? - Tidak terlalu sulit untuk menemukan contoh kata kunci dal...
Daftar Isi [Tampil]

    Contoh Kata Kunci yang Ditemukan dalam Paragraf dan Bagaimana Cara Menemukannya? - Tidak terlalu sulit untuk menemukan contoh kata kunci dalam sebuah paragraf.

    Tapi ini hanya benar jika Anda memahami struktur paragraf. Pencarian kata kunci merupakan dasar linguistik yang perlu kita ketahui.

    Tujuannya adalah untuk menciptakan dan memecahkan masalah. Ciri-cirinya, sasarannya dan cara mencarinya harus diselidiki secara menyeluruh. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!



    Ciri-Ciri Kata Kunci Dalam Teks Bacaan

    Pada bagian ini akan dijelaskan ciri-ciri kata kunci dan cara pembentukannya.membaca teks jadi anda bisa mengimplementasikannya sendiri, berikut fitur-fiturnya.

    1. Terdiri dari satu atau dua kata

    Ini bukan sekedar kata, tapi bisa juga berbentuk kalimat tergantung konteks paragrafnya. Kita tidak perlu mengambil satu sebagai kunci karena belum pasti secara pasti.

    Contoh kata kunci dalam sebuah paragraf sering kali berbentuk frasa, sehingga lebih terlihat di satu konteks dibandingkan konteks lainnya.

    2. Berisi kata-kata unik

    Yang unik di sini adalah intensitasnya rendah namun tetap luar biasa; Misalnya posisi awal atau akhir. Kita jarang menemukan konteks kecuali penciptanya menginginkannya.

    3. Gunakan pernyataan holistik

    Ciri yang ketiga adalah mempunyai kalimat yang bersifat komprehensif, artinya dapat mengaburkan topik utama dari konteksnya. Ini adalah salah satu elemen kunci yang membuat pernyataan tersebut sangat mencolok.

    Setelah mempelajari fitur-fiturnya, mari kita lihat contoh kata kunci pada paragraf di paragraf berikutnya.

    Kami telah menyediakan konteks yang sangat sederhana bagi Anda untuk membuat template.

    Pencemaran lingkungan merupakan salah satu topik hangat di era globalisasi. Meningkatnya konsumsi manusia dan berkembangnya industri membuat pencemaran lingkungan sering terjadi.

    Berdasarkan paragraf tersebut kita dapat melihat bahwa kata kuncinya adalah pencemaran lingkungan. Sebab, ini benar-benar menjelaskan topik ini secara umum.

    Lokasi pencemaran lingkungan juga menjelaskan topik utama yaitu pentingnya acara ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa ini adalah kata kunci yang tepat.

    Dengan menggunakan contoh ini, tentunya Anda tidak perlu lagi bingung mencari berdasarkan properti. Ini tidak terlalu sulit, apalagi jika format paragrafnya relatif pendek.

    Tujuan Kata Kunci dalam Konteks Membaca

    Mengidentifikasi kata kunci sebenarnya mempunyai tujuan tertentu dalam menciptakan konteks bacaan.

    Di bawah ini akan kami jelaskan secara singkat agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

    1. Membuat topik bacaan lebih mudah dipahami

    Salah satu tujuan utama kata kunci tersebut adalah untuk memudahkan pembaca dalam memahami pokok bahasan yang dibaca. Dengan cara ini, pembaca tidak perlu mencari lebih jauh untuk menemukan inti dari apa yang mereka baca.

    Ketika kata kunci digunakan maka pembaca akan lebih mudah memahami suatu argumen sehingga ketika pembaca ingin mengambil suatu kesimpulan ia dapat melakukannya dengan mudah.

    2. Menentukan arah topik bacaan

    Suatu pembacaan tanpa kata kunci tentu saja tidak akan pernah mempunyai dasar yang berarti, seperti pada contoh kata kunci dalam satu paragraf dalam satu paragraf pada bagian sebelumnya.

    Kami secara langsung menekankan pencemaran lingkungan sebagai penentu arah perdebatan. Jadi pembaca pun tidak perlu hati-hati untuk menemukannya.

    Kecuali dalam konteks tertentu misalnya, kata kunci ini sengaja dibuat secara halus agar penulis ingin pesan subliminalnya tersampaikan kepada pembaca dengan cara yang halus.

    3. Arah topik selanjutnya

    Kehadiran contoh kata kunci dalam sebuah paragraf dimaksudkan untuk mengarahkan atau memandu topik pada konteks selanjutnya. Jadi konteks yang satu dan konteks yang lain masih saling berhubungan.

    Oleh karena itu, kita harus membaca keseluruhan konteksnya karena tidak setiap paragraf harus mengandung kata kunci. Tapi setidaknya topik utama tetap harus mengacu pada kuncinya.

    Dengan kita memahami ketiga tujuan tersebut tentunya akan lebih mudah untuk dibuat dan dicari sehingga konteks paragraf dapat tersampaikan secara jelas dan terstruktur.

    Cara termudah untuk Menemukan Kata Kunci

    Jika Anda masih kesulitan menemukannya, kami memiliki beberapa trik termudah untuk diikuti.

    Agar pencarian lebih akurat, kami telah menyiapkan tiga pendekatan termudah.

    1. Carilah kata-kata yang sering diulang

    Seringkali dalam beberapa kejadian, kata kunci dalam sebuah paragraf sering diulang. Jadi kita akan menemukannya dengan cukup mudah, seperti pada contoh di bawah ini.

    Pencemaran lingkungan akan menimbulkan berbagai dampak negatif jika tidak dilakukan upaya mitigasi.

    Hal ini menjadikan pencemaran lingkungan menjadi permasalahan penting yang harus mendapat perhatian pemerintah.

    Berdasarkan contoh tersebut, kita dapat melihat bahwa kata kunci pada paragraf tersebut adalah pencemaran lingkungan.

    Karena pernyataan ini diulang beberapa kali dan dikonfirmasi oleh informasi tambahan.

    2. Menemukan gagasan pokok bacaan

    Langkah selanjutnya dalam mencari contoh kata kunci dalam sebuah paragraf bisa menjadi ide pokok.

    Jadi ini langkah yang mudah dan juga benar seperti pada contoh di bawah ini.

    Pada hakikatnya pencemaran lingkungan akan berdampak buruk jika dibiarkan terus menerus. Hal ini perlu disikapi secara serius baik oleh masyarakat maupun regulator.

    Dari contoh tersebut kita dapat melihat bahwa pencemaran lingkungan menjadi kata kunci paragraf tersebut. Karena letaknya berada pada gagasan pokok bacaan.

    3. Dengan mencari kata yang digantikan sinonimnya

    Hal ini tidak lazim ditemukan dalam konteks bacaan sehari-hari, namun sering ditemukan dalam teks cerita. Di bawah ini kami akan memberikan contoh untuk referensi.

    Marcela ditunjuk sebagai penjaga istana karena ilmu pedangnya.

    Menyukai Pengawal Kerajaan,Tentu saja, Marcela selalu perlu meningkatkan keterampilannya untuk melindungi kekaisaran dengan sebaik-baiknya.

    Berdasarkan contoh ini, kita dapat menemukan kuncinya di penjaga istana. Sebab pada kalimat kedua paragraf tersebut terdapat sinonim atau ungkapan pengganti dari frasa pengawal kerajaan.

    Tentunya kita bisa lebih mudah lagi dengan menggunakan ketiga trik ini. Sebenarnya ini akan lebih mudah, namun Anda tetap perlu mempelajari materi secara keseluruhan.

    Baca Juga: Gagasan Yang Dikembangkan Menjadi Sebuah Bacaan Disebut

    5 Contoh Kata Kunci dalam Paragraf dalam Paragraf Berita

    Mulai dari bagian ini mari kita kerjakan teks berita agar lebih praktis. Karena jika ingin lebih mudah tentunya perlu mendasarkan pada kondisi nyata.

    1. Tuan Rangga telah meninggal, diejek dan hilang sebagai legenda. Meskipun Lord Rangga selama ini dianggap konyol, namun sebenarnya tujuan pendekatan komedinya sangatlah mulia.

    Menurut berita tersebut, contoh kata kunci dalam paragraf dalam paragraf adalah Tuan Rangga. Sebab, subjek utama konteksnya adalah Tuan Rangga.

    2. Kemenangan Jepang atas Jerman tidak lepas dari penampilan gemilang Wakabayashi. Kemenangan ini diraih berkat Wakabayashi yang banyak melakukan penyelamatan.

    Berdasarkan berita di atas kita dapat melihat bahwa kata kuncinya adalah kemenangan Jepang. Pasalnya, kalimat tersebut dijelaskan kembali dengan kalimat pendukung.

    3. Peluncuran roket Starlink dari Amerika berhasil membawa perubahan besar. Biaya peluncuran roket kini dapat dikurangi, sehingga meningkatkan potensi perjalanan ruang angkasa yang lebih efektif.

    Jika kita melihat trailer berita, peluncuran roket dapat diberikan sebagai contoh kata kunci dalam paragraf. Kami memahami ini dari kalimat yang menjelaskan subjek.

    4. Daur ulang sampah yang dilakukan banyak perusahaan di Indonesia sebenarnya paling nyaman. Secara khusus, sampah plastik dapat didaur ulang dan digunakan kembali oleh perusahaan.

    Dari paragraf ini kita dapat menyimpulkan bahwa kata kuncinya adalah daur ulang. Kalimat pendukung mengenai tema daur ulang sampah juga menegaskan hal tersebut.

    5. Pencemaran udara menjadi masalah serius akibat letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Polusi udara ini menyebabkan banyak masalah kesehatan pernapasan akut.

    Karena cuplikan berita termasuk dalam topik utama, maka mengandung kata kunci polusi udara. Jadi ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan karena sudah cukup jelas.Ana fikir paragraf.

    Anda tentu saja bisa mencarinya sendiri berdasarkan konteks menggunakan lima contoh berita berikut. Contoh inilah yang paling sering kita jumpai karena termasuk dalam bentuk umum teks berita.

    3 Contoh Kata Kunci dalam Paragraf dalam Paragraf Cerita

    Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa konteks cerita dengan kata kunci yang ingin dicari. Jadi, Anda dapat menggunakan ini sebagai contoh dan mempelajari cara menemukannya dengan benar.

    1. Pernikahan Putri Nana dan Pangeran Garbo menjadi gosip hangat di kerajaan Osteora.

    Meski Putri Nana membenci Pangeran Garbo yang jahat, keduanya terpaksa menikah demi menjaga perdamaian di kerajaan Ostorea.

    Jika kita melihat trailer ceritanya, kita dapat melihat bahwa contoh kata kunci pada paragraf tersebut adalah pernikahan.

    Alasannya sederhana karena topik ini merupakan gagasan utama dalam konteks bacaan.

    Jadi, ketika kita menemukan ide pokok, kemungkinan besar ada kata kunci. Ini adalah konsep penting untuk dipahami ketika mencarinya.

    2. Setelah gagalnya perjanjian pernikahan antara Putri Nana dan Pangeran Garbo, perang ostorea akhirnya dimulai. Pemberontakan anti-Gereja menjadi pemicu pertempuran Ostorea.

    Jika kita perhatikan baik-baik pada paragraf sebelumnya, kata kuncinya adalah perang ostorea. Hal ini terjadi selain tetap mengikuti topik utama dan diulang beberapa kali dalam konteks bacaan yang sama.

    3. Kehancuran Ostorea tidak bisa dihindari setelah gereja lampu utama menolak memberikan bala bantuan. Pangeran Garbo menjadi pemimpin penyerangan untuk menghancurkan ibukota kerajaan.

    Contoh kata kunci dalam paragraf dalam paragraf adalah penghancuran ostorea. Karena ada dukungan penjelasan detail di kalimat selanjutnya.

    3 Contoh Kata Kunci dalam Paragraf Pada Paragraf Umum

    Kita masih bisa menemukannya dengan mudah jika konteksnya lebih umum.

    Di bawah ini kami telah menyediakan tiga contoh pertanyaan beserta jawabannya untuk referensi Anda.

    1. Martin menangis sejadi-jadinya karena bola kesayangannya terbawa arus sungai. Tidak ada yang menyangka Martin akan menangisi hal sepele seperti itu.

    Dengan menggunakan prinsip pengulangan kita dapat menemukan contoh kata kunci dalam sebuah paragraf di dalam paragraf. Kata kuncinya Martin menangis karena terulang dua kali.

    2. Pembacaan mantra Merlin akhirnya selesai, ini akan menjadi faktor penentu kemenangan perang. Sihir dahsyat Merlin memang mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk mengalahkan lawannya.

    Kalau menggunakan prinsip substitusi, kata kuncinya adalah kemenangan perang. Ini adalah yang terakhir tetapi paling menonjol sebagai gagasan utama paragraf.

    3. Budi bingung mencari contoh kata kunci dalam satu paragraf dalam satu paragraf. Meski tugas itu diberikan kepadanya besok pagi, ia belum punya persiapan.

    Dari penggalan cerita ini kita dapat melihat bahwa kata kuncinya adalah kebingungan Budi.

    Karena kalimat tersebut mendapat dukungan penjelas sebagai kedudukan gagasan utama.

    Dengan memahami semua topik tersebut tentunya tidak terlalu sulit untuk membuat topik sendiri.

    Pahami contoh kata kunci dalam sebuah paragraf sehingga Anda dapat menerapkannya dengan sebaik-baiknya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done