Berikut ini adalah faktor-faktor yang menghambat integrasi sosial; yaitu kurangnya pengetahuan, kurangnya toleransi dan kurangnya keterbukaa...
Daftar Isi [Tampil]

    Berikut ini adalah faktor-faktor yang menghambat integrasi sosial; yaitu kurangnya pengetahuan, kurangnya toleransi dan kurangnya keterbukaan. Sebelumnya, integrasi sosial sendiri diperlukan untuk mengurangi konflik dalam kehidupan bermasyarakat.

    Juga sering disebutkan terintegrasi secara sosial Makna sendiri merupakan keselarasan antara berbagai unsur dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga dapat memberikan lingkungan sosial yang nyaman bagi seluruh penghuninya.

    Bentuknya pun bervariasi, mulai dari normatif, fungsional, hingga integrasi regional. Namun ternyata ada berbagai faktor yang menghambat proses tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang hal ini.



    Faktor-Faktor Yang Menghambat Integrasi Sosial Antara Lain

    Menurut I Putu Ari Asrawam dalam Diktat Integrasi Nasional (2017), ada sepuluh faktor penghambat Integrasi Sosial. Namun kami akan menjelaskan lima di antaranya. Kemudian akan ada penyebutan singkat lainnya di bagian akhir.

    1. Toleransi Rendah

    Toleransi mengacu pada sikap dasar manusia untuk saling menghargai perbedaan. Baik secara individu maupun dalam konteks kelompok. Kurangnya toleransi dapat menimbulkan banyak hal negatif dan juga kehidupan sosial.

    Baca Juga: Pendahuluan Dalam Proposal Berisi

    2. Kurangnya Kesadaran Untuk Menjaga Persatuan

    Faktor penghambat integrasi sosial berikutnya adalah kurangnya kesadaran diri. Dimana kesadaran berarti menjaga persatuan dan kesatuan yang penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang nyaman.

    3. Etnosentrisme

    Perilaku etnosentrisme juga menjadi faktor penting yang menghambat integrasi sosial. Ini adalah praktik yang menganggap budaya seseorang lebih baik dibandingkan budaya lain. Jadi tidak penting dan bisa menimbulkan perpecahan.

    4. Budaya Asing Tidak Pantas

    Faktor berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah semakin mudahnya memasuki budaya asing. Sebenarnya tidak semua budaya asing bersifat negatif, namun nyatanya ada saja budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

    5. Pembangunan Tidak Merata

    Tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan di Indonesia belum merata. Keadaan ini juga berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Misalnya saja perasaan rendah diri karena merasa bidangnya kurang dipedulikan.

    Mengikuti perkembangan tersebut, muncul pula faktor-faktor penghambat lainnya. Jadi ada rasa ketidakadilan terhadap ketimpangan. Di masa depan, mungkin akan timbul gejolak yang akan memecah belah masyarakat tidak hanya di luar, namun juga di dalam bangsa.

    Selain itu, masih banyak alasan lainnya. Faktor penghambat integrasi sosial berikut ini adalah wilayah Indonesia yang sangat luas dan banyaknya perbedaan suku, agama, dan ras.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done