Siapa yang merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? – Kemerdekaan Indonesia merupakan buah perjuangan para tokoh pejuang kemerdekaa...
Daftar Isi [Tampil]

    Siapa yang merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? – Kemerdekaan Indonesia merupakan buah perjuangan para tokoh pejuang kemerdekaan.

    Hingga Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya dengan membaca.teks pengumuman Oleh Ir Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat.



    Lalu siapa yang merumuskan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?

    Sekilas Rumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

    Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya saat itu negara Indonesia resmi mendeklarasikan kemerdekaannya.

    Kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 ditandai dengan pembacaan proklamasi Ir.Soekarno.

    Teks deklarasi ini dibacakan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat.

    Baca Juga: Objek Pengadilan Tata Usaha Negara Meliputi Bidang

    Tokoh Dibalik Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

    Teks deklarasi tersebut dirumuskan oleh Soekarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Soebardjo kemudian diketik oleh Sayuti Melik dengan beberapa kata yang diubah.

    Perumusan makalah dipengaruhi langsung oleh Miyoshi, Soekarni, B.M. disaksikan. Diah dan Soediro.

    Dilihat dari tanggal teks deklarasi, mula-mula Bung Karno menuliskan kalimat pembuka pada secarik kertas: “Kami Bangsa Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.”

    Kalimat ini diambil dari rancangan Pembukaan UUD yang disiapkan pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Panitia Kecil beranggotakan sembilan orang yang dibentuk oleh Badan Penyelidikan Upaya Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

    Belakangan, Bung Hatta menambahkan kalimat kedua pada teks deklarasi tersebut. Menurut Bung Hatta, kalimat pertama sekadar mencoba mengungkapkan kemauan bangsa untuk menentukan nasibnya sendiri.

    Oleh karena itu, harus ada pelengkap yang menekankan bagaimana revolusi nasional akan terlaksana.

    Berdasarkan pemikiran tersebut, Bung Hatta menulis:Pendelegasian wewenang dll. Hal tersebut dilakukan dengan cermat dan sesegera mungkin.”

    Usai penyusunan teks deklarasi, Bung Karno mengumumkan teks deklarasi tersebut akan dibacakan di taman rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

    Awalnya, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan akan dilaksanakan di Lapangan Ikada. Namun pasukan Jepang yang tetap berpatroli di sekitar Lapangan Ikada mengungkapkan kekhawatiran akan terjadinya bentrokan.

    Demikian sekilas informasi yang dapat Panduancode.com bagikan kepada anda mengenai sejarah perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

    Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda! Jika Anda masih ingin mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia, Anda bisa mengunjungi situs Panduancode.com dan mencari jawabannya di sana.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done