Negara manakah yang paling utara, timur, selatan dan barat di ASEAN? — Jika dibuka petanya, terlihat jelas negara paling utara di ASEAN adal...
Daftar Isi [Tampil]

    Negara manakah yang paling utara, timur, selatan dan barat di ASEAN? — Jika dibuka petanya, terlihat jelas negara paling utara di ASEAN adalah Myanmar, disusul dua negara yang menyandang predikat negara paling utara di ASEAN (Laos dan Vietnam).

    Bagaimana dengan negara-negara ASEAN lainnya? Di manakah letaknya secara astronomis? Tonton presentasi ini untuk mengetahuinya!



    Mengenal negara-negara di ASEAN

    A. Pengertian ASEAN

    Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) atau Persatuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (PERBARA) dalam bahasa Indonesia. ASEAN merupakan organisasi regional yang beranggotakan banyak negara di kawasan Asia Tenggara.

    Saat ini ada sepuluh negara yang berpartisipasi di ASEAN:

    • Brunei Darussalam
    • Filipina
    • Indonesia
    • Kamboja
    • Laos
    • Malaysia
    • Myanmar
    • Singapura
    • Thailand
    • Vietnam
    B. Posisi ASEAN

    Sebagian besar negara ASEAN terletak di belahan bumi utara atau belahan bumi utara.

    Negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar merupakan perbatasan antara kawasan ASEAN dengan daratan Tiongkok.

    Indonesia merupakan negara paling selatan di ASEAN karena terletak di belahan bumi selatan. Mari kita simak pembahasan selanjutnya untuk pemahaman lebih dalam.

    C. Tanggal Berdirinya ASEAN

    Pada tanggal 8 Agustus 1967, ASEAN resmi berdiri. Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand dan Malaysia adalah lima negara pendiri ASEAN. Seiring berjalannya waktu, negara tetangga pun mengikuti kronologi sebagai berikut:

    Brunei Darussalam (7 Januari 1984)

    • Vietnam (28 Juli 1995)
    • Laos (23 Juli 1997)
    • Myanmar (23 Juli 1997)
    • Kamboja (30 April 1999)
    Dengan bergabungnya negara-negara di atas, maka luas wilayah ASEAN menjadi 4.817.000 kilometer persegi.


    D. Negara paling utara di ASEAN, yaitu.

    Secara astronomis, negara-negara ASEAN yang paling utara adalah Myanmar, Vietnam, dan Laos. Jadi, lihat profil ketiga negara ini untuk mengetahui lebih lanjut:

    Negara yang menjadi anggota ASEAN pada 23 Juli 1997 ini terletak pada 9° Utara - 29° Utara dan 92° Timur - 102° Timur. Myanmar berbatasan langsung dengan Tiongkok, Laos, Thailand, India, dan Bangladesh.

    Myanmar adalah negara paling utara di ASEAN dan negara paling barat di ASEAN.

    Laos dikenal sebagai negara yang terkurung daratan dan hal ini mempengaruhi perekonomian negara tersebut.

    Laos bergabung dengan ASEAN bersamaan dengan Myanmar, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997.

    Negara ini berbatasan dengan Kamboja di tenggara, Thailand di barat, Vietnam di timur, Tiongkok dan Myanmar di barat laut.

    Kemudian salah satu negara ASEAN paling utara adalah Vietnam. Posisi astronomisnya adalah 8° LU – 24° LU dan 102° BT – 110° BT.

    Di sebelah utara, Myanmar berbatasan dengan Tiongkok. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Vietnam, Kamboja, dan Laos.

    Negara yang merupakan anggota ketujuh ASEAN ini memiliki perbatasan laut dengan Laut Natuna Utara di selatan.

    Sebagian Besar Negara ASEAN Timur dan Selatan

    Secara astronomis, Indonesia berada pada 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Posisi ini menempatkan Indonesia sebagai negara ASEAN paling timur dan selatan.

    Negara yang kaya akan sumber daya alam ini mendorong sebagian masyarakatnya untuk bekerja di sektor pertanian.

    Sebelum merdeka, Indonesia berkali-kali dijajah oleh negara-negara barat, antara lain Belanda, Spanyol, Inggris, dan Portugal. Bahkan negara-negara Asia yang menjajah Indonesia yaitu Jepang.
    Profil Anggota ASEAN Lainnya

    Seperti disebutkan di atas, ASEAN terdiri dari sepuluh negara di kawasan Asia Tenggara. Empat anggota ASEAN disebutkan dalam diskusi di atas.

    Jadi saat ini hal ini hanya akan mengangkat profil enam anggota ASEAN yang tersisa, dan jika Anda belum mengetahuinya, sepertinya belum selesai. Berikut pembahasannya:

    Negara kecil ini telah lama mengandalkan minyak dan gas alam sebagai tulang punggung perekonomiannya untuk memastikan masyarakatnya menikmati standar hidup yang tinggi.

    Kebudayaan yang tercermin di negeri kaya ini adalah kebudayaan Melayu dengan model arsitektur, bahasa, dan tradisinya.

    Kamboja adalah negara pengekspor pakaian jadi. Pemandangan alam Kamboja yang indah turut mengundang kesuksesan industri pariwisatanya. Oleh karena itu, Kamboja merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di kawasan Asia Tenggara.

    Kamboja berbatasan dengan Vietnam, salah satu negara paling utara di ASEAN.

    Ada total 13 negara bagian di negara ini yang berafiliasi dengan sistem manajemen monarki federal. Di Malaysia, raja menjabat sebagai kepala negara dan perdana menteri menjabat sebagai kepala pemerintahan.

    Sebelum memperoleh kemerdekaan, Filipina berada di bawah kolonialisme Spanyol. Saat itu, pada tahun 1898, terjadi perang antara Amerika dan Spanyol yang mengakibatkan Filipina berada di bawah kekuasaan Amerika.

    Pengaruh kolonialisme Amerika dan Spanyol juga mempengaruhi agama, bahasa, dan gaya pemerintahan di Filipina saat ini.

    Secara geografis, Singapura memang inferior karena kekurangan sumber daya alam. Namun faktanya, keberadaan Singapura yang berada di jalur pelayaran negara-negara Asia Timur membuat Singapura bisa maju di bidang perdagangan.

    Tak heran jika perkembangan negara kecil ini cukup pesat dan terbilang maju.

    Banyak sekali bangunan pagoda yang tersebar di seluruh Thailand sehingga negara ini dijuluki Negeri Seribu Pagoda. Pagoda sendiri merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha.

    Thailand juga punya nama lain: Negeri Gajah Putih. Bukan berarti ada gajah putih di Thailand, kan? Tidak ada gajah putih di dunia.

    Di Thailand, gajah merupakan simbol pemerintah Thailand. Apalagi Thailand merupakan negara yang belum pernah dijajah oleh negara lain.

    ASEAN juga memiliki tujuan yang sama; Menjalin kerjasama di bidang ekonomi, kebudayaan dan bidang lainnya. ASEAN terletak pada 9° Lintang Utara - 11° Lintang Selatan dan 92° Bujur Timur - 141° Bujur Timur, menjadikannya negara paling utara di ASEAN yaitu paling selatan Myanmar dan Indonesia.

    Menarik bukan ulasan negara-negara Asean kali ini? Informasi Panduancode.com semoga bermanfaat dan memberi ilmu baru.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done