Penulisan Tanggal yang Benar pada Surat Resmi Beserta Contohnya – Meskipun tanggal surat merupakan salah satu unsur penting dalam menulis su...
Daftar Isi [Tampil]

    Penulisan Tanggal yang Benar pada Surat Resmi Beserta Contohnya – Meskipun tanggal surat merupakan salah satu unsur penting dalam menulis surat resmi, namun masih banyak orang yang menuliskan tanggal surat dengan format yang salah.

    Surat resmi adalah surat resmi, oleh karena itu sebaiknya hindari kesalahan atau kesalahan saat menyiapkan surat resmi. Surat digunakan sebagai alat komunikasi antara satu pihak dengan pihak lainnya.



    Penulisan Tanggal Surat Yang Benar

    Saat ini surat menyurat masih menjadi kewajiban masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi maupun pribadi.

    Maka menulis surat dengan baik dan benar merupakan ilmu yang wajib anda kuasai.

    Meskipun komunikasi semakin banyak dilakukan melalui media elektronik seperti email, korespondensi masih menjadi alat komunikasi yang digunakan oleh instansi pemerintah, dunia usaha, dan organisasi.

    Surat mempunyai nilai hukum dan dapat digunakan sebagai bukti tertulis dalam suatu perjanjian atau transaksi bisnis.

    Selain itu, surat juga dinilai lebih formal dan memerlukan proses penandatanganan yang menunjukkan keseriusan dan tanggung jawab pihak-pihak yang terlibat.

    Di beberapa institusi, korespondensi masih digunakan karena ada peraturan atau kebijakan yang mewajibkan penggunaan korespondensi.

    Misalnya, banyak lembaga pemerintah yang masih menggunakan korespondensi untuk permohonan atau permintaan formal.

    Karena mempunyai kedudukan yang sangat penting maka surat dinas harus dibuat dengan benar sesuai formatnya dan tidak boleh salah.

    Surat resmi yang salah dapat menimbulkan misinformasi, ketidakjelasan maksud, bahkan berujung pada pengambilan keputusan yang salah.


    Jenis Surat

    Sebelum membahas contoh penulisan surat tanggal lainnya, ada baiknya Anda juga mengetahui:jenis surat.

    Surat dibedakan menjadi empat jenis ditinjau dari bentuk, isi dan tujuannya. Termasuk:
    surat resmi

    Ini adalah surat yang digunakan untuk tujuan resmi.surat resmi Ditulis dalam bahasa standar dan biasanya memiliki format tertentu yang sesuai dengan standar yang berlaku.

    Surat ini digunakan untuk keperluan resmi seperti undangan, permintaan, pemberitahuan resmi.

    Surat resmi sering kali dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, bisnis, dan organisasi. Kebutuhan akan surat resmi berbeda-beda dan berkaitan dengan banyak hal serta berkaitan dengan nama organisasi.

    Surat Layanan

    Mungkin sebagian orang bingung antara surat resmi dengan surat resmi. Surat formal meliputi surat resmi yang digunakan untuk keperluan resmi atau bisnis. Baik untuk organisasi pemerintah maupun swasta.

    Surat dinas biasanya ditujukan kepada orang atau organisasi tertentu yang berkaitan dengan pelayanan.

    Surat Bisnis

    Suatu perusahaan juga membutuhkan surat untuk menjalankan kegiatan komersialnya.

    Surat ini disebut dengan surat dagang, surat jenis ini merupakan sarana komunikasi tertulis antara dua pihak dalam rangka transaksi dan perdagangan.

    Surat ini dapat digunakan untuk mengirimkan penawaran, negosiasi dan lain-lain.

    Surat Pribadi

    Surat pribadi adalah jenis surat yang digunakan untuk tujuan informal. Surat pribadi memiliki kegunaan yang beragam, seperti surat cinta, surat terima kasih, atau surat permintaan maaf.

    Surat pribadi lebih menyentuh hati pembaca karena ditulis dalam bahasa yang lebih bebas dan personal.

    Bagian Dari Surat

    Ada beberapa komponen yang harus Anda perhatikan saat menulis surat, baik surat resmi maupun surat pribadi. Diantara mereka:

    Tempat dan Tanggal Surat Itu Ditulis

    Baik dalam surat resmi maupun pribadi, tempat dan tanggal surat harus dicantumkan. Umumnya pada surat resmi, tanggal surat terletak di bawah kop surat dan di sebelah kanan.

    Ngomong-ngomong, dalam surat pribadi cukup dicantumkan tempat dan tanggal surat itu ditulis saja.

    Isi surat itu

    Isi surat merupakan bagian utama yang memuat pesan atau informasi yang ingin disampaikan kepada penerima surat.

    Dalam menulis isi surat, penulis harus menuliskan informasi yang lengkap, jelas, dan terorganisir dengan baik agar penerimanya mudah memahami isi surat tersebut.

    Isi surat dapat berupa permintaan, permohonan, undangan, pemberitahuan, instruksi, penjelasan atau ucapan terima kasih, tergantung tujuan dan jenis surat yang ditulis.

    Selain itu, isi surat harus ditulis dengan bahasa yang indah, tepat dan sopan.

    Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menyusun isi surat:

    Tentukan tujuan surat itu. Tentukan tujuan utama surat yang akan Anda tulis dan fokuslah pada pesan atau informasi yang ingin Anda sampaikan.

    Siapkan draf suratnya. Persiapkan draf surat dengan terlebih dahulu menentukan pokok-pokok dari isi surat yang akan diteruskan. Pokok-pokok utama ini perlu disusun dengan rapi dan mempunyai urutan yang logis.

    Gunakan bahasa yang sesuai. Jika ingin menulis surat resmi, gunakanlah bahasa yang baku dan formal. Selain fokus pada dua hal tersebut, pastikan juga bahasa yang disampaikan mudah dipahami oleh penerima surat agar pesan atau informasi dapat tersampaikan dengan jelas.

    Komunikasikan informasi dengan jelas. Sampaikan informasi secara jelas dan detail agar penerima surat mudah memahami pesan atau informasi yang ingin disampaikan.

    Sampaikan pesan dengan tegas. Sampaikan pesan dalam surat secara tepat dan jelas agar penerima surat memahami apa yang diharapkan dari surat tersebut.

    Surat Penutup

    Seperti teks lainnya, surat juga harus memiliki bagian penutup. Bagian terakhir dari surat ini merupakan penghormatan atau penghargaan kepada penerima surat.

    Hasil surat akan mencerminkan sikap atau niat penulis surat terhadap penerima surat, serta meninggalkan kesan positif pada penerima surat.

    Ada beberapa penutupan surat yang sering digunakan:

    Salam Hormat,

    Salam Hormat,

    Dengan hormat saya yang paling tulus,

    Dengan hormat dan salam

    Terima kasih,

    Terima kasih atas minat dan kerjasamanya,

    Beginilah cara saya meneruskan surat ini,

    Semoga bermanfaat,

    Itu saja dan terima kasih.

    Yang terbaik adalah menutupi surat itu sesuai dengan jenis surat yang ditulisnya. Jika surat bersifat formal, sebaiknya penutupan surat disampaikan dengan cara yang lebih sopan.

    Namun jika surat ditulis secara informal, Anda bisa menutup surat dengan menggunakan ungkapan yang lebih santai dan bersahabat.

    Cara menulis tanggal pada surat resmi yang benar

    Penulisan tanggal surat yang baik dan akurat diawali dengan penambahan nama tempat atau tempat pertama kali surat itu ditulis. Baru kemudian masukkan tanggal surat.

    Sejarah surat dimulai dari waktu pembuatannya, dimulai dari tanggal, bulan dan tahun. Baik surat formal maupun informal mempunyai tanggal penulisan yang berbeda.

    Letak dan tanggal surat pribadi dan resmi ada di pojok kanan atas. Sedangkan untuk surat dinas dan bisnis, tuliskan lokasi dan tanggal di bagian bawah kop surat.

    Contoh penulisan tanggal surat yang benar dan salah

    1. Makassar, 22 Februari 2023

    Tanggal contoh surat di atas ditulis dengan benar. Sebab tempat penulisan surat diawali dengan huruf kapital, diikuti koma dan tanggal surat ditulis.

    2. Samarinda, 23 Februari 2023

    Contoh kedua adalah penulisan tanggal surat dengan benar. Sebab, tanggal surat sesuai dengan format tempat, tanggal dan waktu pembuatannya.

    Baik itu surat pribadi maupun surat resmi, tanggal surat biasanya ditulis di pojok kanan atas.

    3. Jakarta. 24 September 2023

    Contoh ketiga, tanggal surat ditulis salah. Mengapa? Sebab, posisinya harus diikuti koma (,) dan bukan titik (.).

    4. Kota Surabaya, 26 Februari 2023

    Pada contoh di atas, penulisan lokasi dan tanggal melibatkan penulisan tanggal yang salah. Tidak perlu menulis “kota” saat menulis, cukup tulis nama kotanya saja, misalnya “Suarabaya”.
    Penutupan

    Demikian ulasan mengenai contoh cara penulisan tanggal yang benar pada surat resmi, serta contohnya yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda.

    Jika Anda ingin mempelajari informasi penting lainnya, Anda dapat mengunjungi blog Panduancode.com. Akan ada banyak artikel menarik untuk Anda ketahui.

    Memastikan unduh Ve untuk mengatur Aplikasi Panduancode.com di smartphone favoritmu!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done