Mungkinkah Dampak Pluralisme Masyarakat Indonesia Menimbulkan Konflik? – Dampak pluralisme masyarakat Indonesia konflik ketika integrasi sos...
Daftar Isi [Tampil]

    Mungkinkah Dampak Pluralisme Masyarakat Indonesia Menimbulkan Konflik? – Dampak pluralisme masyarakat Indonesia konflik ketika integrasi sosial tidak dapat dicapai.

    Anda pasti tahu bahwa Indonesia terdiri dari masyarakat multikultural atau yang kita kenal dengan masyarakat majemuk.



    Mungkinkah Dampak Pluralisme Masyarakat Indonesia Menimbulkan Konflik?

    Pluralisme masyarakat memang dapat menimbulkan konflik sosial. Namun tidak menutup kemungkinan akan terciptanya integrasi sosial, yakni harmonisasi berbagai elemen, baik suku dan budaya, agama, dan kepercayaan sosial.

    Jika keempat sisi ini dapat berjalan selaras, serasi, dan seimbang, maka besar kemungkinan terciptanya kenyamanan dalam hidup.

    Akibat konflik sosial tidak selalu buruk. Salah satu dampak positifnya adalah meningkatnya rasa solidaritas kelompok.

    Dengan begitu, hubungan antar anggota kelompok masyarakat pasti akan semakin kuat.

    Namun, apa pun yang terjadi, konflik harus dihindari sebisa mungkin. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu akar permasalahan mengapa konflik selalu muncul di tengah keberagaman masyarakat Indonesia.

    Melemahnya Semangat Kebangsaan Anggota Masyarakat

    Dampak konflik terhadap masyarakat Indonesia cukup kentara bukan?

    Ketika semangat nasionalisme masyarakat melemah atau melemah, maka dengan sendirinya mereka akan bertindak hanya mengatasnamakan kelompoknya saja tanpa mempertimbangkan kepentingan umum.

    Hal ini tentu saja berpotensi mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

    Perbedaan pendapat muncul antar kelompok

    Syarat keberhasilan integrasi sosial adalah terciptanya kesepakatan bersama terhadap berbagai norma dan nilai sosial yang harus menjadi pedoman masyarakat.

    Namun jika masyarakat tidak bisa mempertahankannya hingga norma-normanya bertentangan, maka semangat persatuan dan solidaritas akan hilang dan konflik sosial akan lebih mudah muncul.

    Lemahnya Sanksi Terhadap Pelanggaran Norma Yang Berlaku

    Norma berfungsi untuk menciptakan keteraturan dalam kehidupan. Setiap pelanggaran terhadap norma akan dikenakan sanksi.

    Namun melemahnya sanksi terhadap pelanggaran akan menimbulkan kekecewaan di masyarakat. Di masa depan, masyarakat akan mengabaikan norma-norma tersebut.

    Jika keadaan ini terus berlanjut maka dapat dipastikan konflik akan sering terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk.

    Baca Juga: Makin Luasnya Wilayah Voc Berakibat Kemunduran Voc Itu Sendiri Sebab

    Proses Dekomposisi Muncul

    Interaksi disosiatif terjadi ketika seseorang atau sekelompok orang terlibat dalam interaksi sosial yang mengganggu atau bahkan melemahkan solidaritas kelompok.

    Salah satu interaksi disosiatif yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah persaingan.

    Setelah menyadari bahwa pengaruh pluralisme dalam masyarakat Indonesia dapat menimbulkan konflik jika tidak diciptakanintegrasi nasional, apa yang ingin kamu lakukan?

    Ingatlah bahwa kemerdekaan yang kita miliki saat ini merupakan hasil persatuan dan solidaritas seluruh masyarakat Indonesia pada masa lalu. Akankah Anda kemudian diam-diam menyaksikan perpecahan yang terjadi?

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done