Manakah dari berikut ini yang merupakan ciri kebahasaan teks eksplanasi? - Pernahkah kamu bertemu?pertanyaan Berikut ciri-ciri kebahasaan te...
Daftar Isi [Tampil]

    Manakah dari berikut ini yang merupakan ciri kebahasaan teks eksplanasi? - Pernahkah kamu bertemu?pertanyaan Berikut ciri-ciri kebahasaan teks ekspositori?

    Mari kita bahas bersama untuk mendapatkan jawaban yang benar dari ahli bahasa teks eksplanasi. Karena disini Panduancode.com akan menjelaskan jawabannya secara detail.

    Saya ingin mengingatkan Anda bahwa teks eksplanasi sering kali digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah sejelas mungkin.

    Tujuan dari teks informasional adalah untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tentang suatu peristiwa atau peristiwa yang telah terjadi.

    Informasi tersebut berupa fakta dan data. Secara umum, teks ini juga akan memuat argumen penulis mengenai peristiwa tersebut. Namun argumennya sama sekali tidak mengesankan pembaca.



    Ciri Linguistik Teks Deskripsi

    Apa saja ciri kebahasaan teks eksplanasi? Beberapa fitur PC dirangkum di bawah ini.

    1. Menggunakan Kata Ganti

    Kata ganti (pronoun) adalah kata yang menggantikan kata benda (a noun) atau frase kata benda (a word mean a noun).

    Beberapa kata ganti yang sangat tepat digunakan antara lain I, you, he, their, you, we, this, dan this.

    2. Menggunakan Kata Keterangan

    Kata keterangan adalah kata keterangan yang menerangkan kata sifat dan kata kerja. Contoh ciri kebahasaan parafrase: less continue (less = adverb, continue = verb). Sangat cantik (sangat = kata keterangan, cantik = kata sifat).

    3. Menggunakan Bahasa Standar

    Tidak dapat dipungkiri bahwa teks seperti itu harusnya menggunakan bahasa yang baku. Bahasa baku dirancang agar pembaca lebih memahami informasi yang ingin disampaikan.

    Baca Juga: Penulisan Tanggal Surat Yang Benar Adalah

    4. Penggunaan Istilah Khusus

    Ciri kebahasaan teks eksplanasi dan contoh berikutnya adalah penggunaan istilah-istilah khusus. Istilah khusus ini dapat berupa nama ilmiah atau dapat berupa nama lain suatu benda.

    Misalnya virus Corona punya istilah lain seperti Covid-19 atau SARS-CoV-2.

    5. Menggunakan Konjungsi

    Konjungsi atau kata-kata yang dihubungkan juga merupakan ciri dari teks ini. Karena kalimat-kalimat dalam teks informatif cukup panjang, maka perlu adanya penghubungan kata-kata.

    Yang penting membuat kalimat tertulis menjadi lebih indah dan bermakna.

    Ini adalah deskripsi fitur-fitur Panduancode.com teks deskripsi linguistik.

    Sekarang Anda harus lebih memahami apa saja ciri-ciri kebahasaan teks informatif dan bagaimana caranya. Semoga informasi Panduancode.com ini bermanfaat.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done