Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana Lengkap dengan Struktur – Salah satu ciri menonjol dari sebuah Teks Prosedur adalah ada langkah atau...
Daftar Isi [Tampil]

    Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana Lengkap dengan Struktur – Salah satu ciri menonjol dari sebuah Teks Prosedur adalah ada langkah atau metode yang dijelaskan lebih detail.

    Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami secara pasti struktur suatu teks prosedur, sehingga perlu pembahasan lebih lanjut dalam uraian pada contoh teks prosedur kompleks dengan berbagai tema berikut ini. Ayo, lihat!


    Struktur Tepat Teks Prosedur

    Setelah Anda memahami maknanya, Anda juga perlu mengetahui seperti apa sebenarnya struktur teks prosedur ini. Perlu diketahui bahwa teks prosedur ini tidak dapat dibuat secara sembarangan atau sistematis.

    Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat teks prosedur; Salah satunya tentu saja adalah struktur teks.

    1. Judul

    Judul berisi uraian singkat tentang apa yang akan dibahas nanti dalam keseluruhan teks. Seperti yang lainnya, judulnya tidak boleh terlalu panjang.

    Apalagi jika melebihi 12 kata. Tentu saja hal ini akan membingungkan pembaca dan menyebabkan dia tidak mengerti apa yang ingin disampaikan penulis.

    2. Pendahuluan

    Sebenarnya promosi ini tidak bersifat wajib. Namun, teks prosedur yang baik pasti akan memuat hal-hal tersebut.

    Terdapat juga contoh teks prosedur kompleks dengan berbagai tema yang memerlukan penjelasan lebih lanjut.

    Tujuan pendahuluan adalah untuk menyampaikan maksud atau tujuan teks prosedur yang dijelaskan.

    3. Tujuan

    Struktur ketiga adalah teks prosedur harus memuat tujuan. Tujuannya adalah untuk menguraikan judul yang telah dibuat sebelumnya.

    Hal ini juga dapat berupa serangkaian hasil akhir yang ingin dicapai. Dengan demikian, pembaca dapat menentukan indikator mana yang ingin diperoleh dari suatu teks prosedur.

    4. Bahan

    Struktur selanjutnya adalah bahan, yang meliputi alat dan perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan sesuatu.

    Bahan-bahan perlu dicantumkan dalam teks prosedur cara membuat makanan tertentu. Namun misalnya pada teks prosedur mengenai Covid 19, mungkin penjelasannya bisa lebih sederhana dan ringkas.

    5. Langkah

    Struktur ini merupakan struktur yang harus diterapkan agar diperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan teks prosedur.

    Tentunya dalam menjelaskan langkah-langkah tersebut perlu dituliskan secara lebih sistematis, konsisten atau berurutan. Tidak boleh sembarangan atau serampangan karena akan membingungkan pembaca.

    6. Kesimpulan

    Kesimpulan dalam teks prosedur dapat juga disebut dengan konfirmasi ulang. Dari mana? Karena dengan demikian akan menjelaskan hakikat dari semua yang disebutkan.

    Bagian ini bersifat opsional, artinya bisa disertakan atau tidak. Namun ada baiknya untuk menyertakannya agar teks prosedur memiliki bentuk yang sempurna.

    Nah itulah beberapa struktur teks prosedur yang perlu Anda ketahui dan terapkan saat membuat. Sekarang mari kita beralih ke contoh teks prosedur kompleks tentang berbagai topik di bawah ini.

    Baik itu hotel Covid-19, pariwisata, restoran dll. Mari kita ambil contoh teks prosedur mengenai. Baca terus untuk mengetahui beberapa contoh teks prosedur berikut!

    Contoh Teks Prosedur Kompleks Dengan Tema Beragam

    Seperti yang dijelaskan di atascontoh teks prosedur Berbagai tema kompleks akan mudah ditemukan di berbagai tempat.

    Karena Indonesia saat ini masih dalam fase Covid 19, juga tentang protokol kesehatan, serta tema-tema lain seperti memasak, pengurusan SIM, paspor dan lain-lain.

    Tentu saja tujuan teks prosedur adalah agar pembaca mengetahui langkah-langkah apa yang harus diambil agar berhasil.

    Ada yang dijadikan halaman, ada pula yang dijadikan poster unik agar pembaca tidak bosan dan mengerti maksud yang ingin disampaikan.

    Berikut beberapa contoh teks prosedur kompleks dengan struktur yang benar dan lengkap. Dengan cara ini Anda dapat membuat versi lain dengan susunan serupa.

    Baca semua detailnya di bawah ini.


    1. Contoh Teks Prosedur Kompleks Sehubungan dengan Covid 19 di Tempat Wisata
    Panduan Perjalanan Selama Covid 19

    Gabung

    Pemerintah memang menerapkan prokes ketat dan memperbolehkan berbagai industri pariwisata membuka wilayahnya. Prosedur ini harus diikuti oleh semua wisatawan yang berkunjung.

    Tujuan

    Tujuannya untuk menghindari virus Covid 19, menggairahkan perekonomian masyarakat Indonesia, dan menjamin kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

    Masa new normal juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku masyarakat. Mereka perlu mewaspadai lingkungan sekitar, terutama saat berada di tempat wisata.

    Prosedur yang ditetapkan oleh pemilik objek wisata ini harus dipatuhi. Mulai dari standar dasar, langkah pemeriksaan hingga sanksi jika terjadi pelanggaran.

    Perlu diketahui, jika tempat wisata terbukti melanggar prosedur, akan dikenakan sanksi tersendiri dari pemerintah setempat.

    Bahan

    Standar Tempat
    • Seluruh karyawan di objek wisata ini telah divaksinasi lengkap.
    • Seluruh karyawan dan pengelola harus mematuhi kewajiban memakai masker dan alat pelindung diri untuk sterilisasi area.
    • Pembersih tangan tersedia untuk pengunjung di seluruh restoran dan di mejanya.
    • Di tempat wisata, cairan disinfektan disemprotkan pada titik-titik yang banyak pengunjungnya dan dilakukan sterilisasi setiap 6 jam sekali.
    • Seminggu sekali tempat wisata melakukan asesmen rutin sebagai upaya penanganan dan pencegahan Covid-19 di tempat wisata.
    • Objek wisata telah menyediakan barcode untuk memindai aplikasi Peduli Perlindungan.
    Tenda medis darurat disediakan bagi mereka yang sakit.

    Langkah

    Langkah-Langkah Pencegahan Covid 19 di Tempat Wisata:

    • Setiap pengunjung harus diperiksa suhu tubuhnya dengan bantuan alat pendeteksi di pintu masuk.
    • Sesuai standar kesehatan, setiap pengunjung wajib memakai masker di dalam dan di luar kawasan.
    • Pengunjung wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum tiba di objek wisata dan selama berkunjung.
    • Pengunjung wajib mencuci tangan, terutama di area yang banyak orang, seperti pintu toilet, pagar tangga, dan area umum lainnya.
    • Setelah menggunakan kamar mandi, pastikan lantai dalam keadaan kering, bebas bau dan idealnya bersih, serta cuci tangan dengan sabun.
    • Pengunjung yang menderita demam, sesak nafas, batuk atau pilek dilarang memasuki tempat wisata.
    • Minimalkan transaksi dengan menggunakan uang tunai.
    Pengunjung harus menjaga jarak aman saat bepergian.

    Larutan

    Oleh karena itu, seluruh karyawan, pengelola, dan pengunjung tempat wisata harus mematuhi banyak poin di atas.

    Kami juga menjaga standar ketat mengenai kebersihan tempat. Jika ada yang melanggar, akan diberikan sanksi sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat.

    Misalnya, nama seseorang di suatu objek wisata masuk daftar hitam, dikenakan sanksi keuangan, atau langsung dikeluarkan dari sekolah. Tujuannya agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

    Oleh karena itu, melalui teks pedoman di atas diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat menaatinya dan tidak ada seorangpun yang dengan sengaja melanggarnya.

    2. Contoh teks prosedur kompleks cara mendapatkan Surat Izin Mengemudi
    Bagaimana SIMnya

    Gabung

    Dokumen yang wajib Anda bawa saat mengemudi adalah Surat Izin Mengemudi atau SIM Anda. Untuk mendapatkannya, Anda perlu pergi ke kantor polisi terdekat dan memenuhi berbagai syarat.

    Tujuan

    Memiliki Surat Izin Mengemudi bertujuan untuk menghindarkan Anda dari melakukan pelanggaran saat berada di jalan. Selain itu, ia juga menjalankan kewajibannya sebagai warga negara yang baik dan menaati peraturan.

    Bahan dan Langkah-Langkahnya (Dapat digabungkan atau dibedakan sesuai tema yang ditulis)

    Persyaratan tersebut berupa dokumen administratif sebagai berikut:

    Kartu Tanda Penduduk (KTP).

    Surat keterangan sehat jasmani dari dokter yang diakui negara dan surat keterangan sehat rohani dari psikolog.

    Setelah kedua file siap ikuti langkah produksi SIM di bawah ini:

    Mengirimkan seluruh berkas administrasi ke loket pendaftaran untuk mendapatkan nomor urut.

    Jika tiba giliran Anda, daftarlah dengan mengisi file pendaftaran, foto Anda, dan sidik jari Anda yang diperlukan untuk membuat kartu SIM.

    Mengikuti ujian teori tentang peraturan atau peraturan lalu lintas, mengemudi, keterampilan mengemudi, teknik pengoperasian kendaraan bermotor.

    Ujian teori harus lulus, jika tidak maka akan diulang dalam waktu 7 hari.

    Setelah lulus ujian teori, calon SIM dapat melanjutkan ke ujian praktik. Kandidat diharuskan berkendara melewati berbagai rintangan dan kondisi.

    Seluruh tahapan ujian praktek harus dilalui dengan benar tanpa ada kendala apapun. Kaki juga harus tetap di tempatnya dan tidak terjatuh.

    Apabila tahap ini tidak dilalui, maka pemohon harus mengulanginya setelah 14 hari.

    Jika Anda masih gagal sebanyak 4 kali, Anda tidak dapat mengikuti ujian dalam 30 hari ke depan. Berkas pemohon akan otomatis dibatalkan dan dimulai dari awal.

    Memulai dari awal berarti menyiapkan file dari awal.

    Apabila pemohon telah lulus ujian praktik, maka dapat melanjutkan proses pembayaran atau biaya pembuatan SIM.

    Larutan

    Jika Anda tidak memiliki keterampilan yang memadai dalam mengendarai sepeda motor, mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) bukanlah hal yang mudah dilakukan.

    Namun, semua itu bisa diatasi dengan latihan rutin. Hanya karena sulit bukan berarti Anda tidak akan mengalami masalah mengemudi tanpa SIM, karena pentingnya dokumen ini adalah dari segi keselamatan pribadi.

    Selain itu, pemerintah juga mulai menerapkan aturan ketat terkait kepemilikan SIM. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya tiket elektronik di berbagai titik yang telah dipasang CCTV.

    Jadi sekarang Anda perlu mempersiapkan diri agar berhasil mengikuti tes mengemudi. Baik secara teori maupun praktek.

    Tapi yang penting adalah latihan. Mulai sekarang jangan lupa belajar dan mempersiapkan diri dengan baik!

    3. Contoh teks prosedur rumit cara membuat paspor
    Cara Membuat Paspor

    Kata pengantar

    Tentunya memiliki paspor sangat diperlukan bagi masyarakat Indonesia yang sering bepergian ke luar negeri.

    Tujuan

    Tujuannya untuk melegitimasi diri Anda sebagai turis bekerja yang sedang berlibur atau yang lainnya. Ada berbagai persyaratan yang harus dilengkapi dan diserahkan ke kantor imigrasi.

    Bahan dan Langkah-Langkahnya (Dapat digabungkan sesuai tema yang ditulis)
    • KTP.
    • Kartu Keluarga.
    • Akta nikah, akta kelahiran, ijazah atau akta baptis.
    • Surat keterangan kewarganegaraan bagi orang asing yang telah mendapat status kewarganegaraan dari Indonesia.
    Apabila Anda melakukan perubahan nama, harus menyertakan juga surat yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang yang menyatakan perubahan nama tersebut.

    Paspor lama untuk permohonan penggantian paspor.
    • Jika Anda sedang belajar atau bekerja di luar negeri, lampirkan Kartu Tanda Mahasiswa atau bukti kerja.
    • Jika semua file sudah lengkap, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Silakan datang ke kantor imigrasi terdekat, tidak harus dari tempat tinggal utama Anda.
    • Silakan membeli formulir aplikasi yang disediakan di konter.
    • Isi formulir dengan data sebenarnya.
    • Siapkan dokumen asli dan fotokopi dari dokumen persyaratan di atas.
    • Dapatkan nomor antrian dan tunggu giliran Anda dipanggil.
    • Kembalikan formulir yang sudah diisi ke bagian pendaftaran.
    • Dapatkan tanda terima, rekam sidik jari, dan jadwalkan foto.
    • Setelah tahap wawancara, biasanya Anda akan diminta menunjukkan dokumen asli.
    Setelah tahap wawancara selesai, bayar sejumlah nominal paspor di konter. Pada tahap ini, Anda akan diberitahu kapan paspor Anda bisa diterima.

    Apabila tiba waktunya pengambilan paspor, harap membawanya ke kantor imigrasi tempat Anda mendaftar sebelumnya. Jangan meninggalkannya terlalu lama atau meninggalkannya di luar jadwal.

    Larutan

    Kesimpulannya, menyiapkan paspor itu mudah dan tidak ribet jika mengikuti langkah dan aturan di atas.

    Terkadang masalahnya mungkin disebabkan oleh dokumen yang hilang atau kesalahan dalam data yang dimasukkan.

    Namun jika tidak ada kendala, prosedur pembuatan paspor akan cepat selesai. Yang terbaik adalah mendapatkan paspor Anda terlebih dahulu, hingga 7 hari sebelum keberangkatan.

    Ingatlah bahwa Anda tidak tahu kapan paspor akan siap. Cepat atau lambatnya hal itu tergantung pada banyaknya pemohon paspor saat ini.

    4. Contoh Teks Prosedur Kompleks di Restoran dan Hotel Berbahasa Inggris

    Di bawah ini adalah contoh teks prosedur bahasa Inggris kompleks yang sering ditemukan baik di hotel maupun restoran internasional:

    Pedoman atau Protokol Kesehatan di Hotel dan Restoran

    Kata pengantar

    Anda juga dapat melihat contoh teks tata cara pencegahan Covid-19 tahun 2022 di bawah ini.

    Akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), restoran dan hotel mengalami kendala dalam beroperasi.

    Tujuan

    Hal ini menyebabkan berbagai usaha harus beroperasi dengan jam terbatas dan harus menutup usahanya untuk sementara waktu.

    Namun saat ini seluruh hotel dan restoran tetap beroperasi seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan. Aturan yang harus dipatuhi oleh pengelola hotel dan restoran adalah sebagai berikut:

    Bahan dan Langkah

    Letakkan hand sanitizer di setiap sudut ruangan.

    Kelola antrian dan kerumunan di tempat dengan menentukan jumlah maksimum pelanggan yang diperbolehkan masuk atau menggunakan fasilitas di area umum restoran dan hotel.

    Gantungkan poster yang berisi aturan mengenai protokol kesehatan di masa new normal.

    Tempatkan penanda jarak sosial di area yang sering ditemui (antrian seperti lift, kasir, lobi, dll).

    Atur tempat duduk untuk meminimalkan kontak antara pengunjung yang satu dengan pengunjung lainnya.

    Keluarga yang tinggal serumah dan ingin duduk berdekatan diperbolehkan dengan syarat menjaga jarak, memakai masker dan hanya melepas saat makan dan minum.

    Disinfektan harus disemprotkan secara berkala ke seluruh area yang sering bersentuhan dengan masyarakat.

    Seringkali mudah untuk menemukan teks prosedur yang rumit di situs online atau di situs web lembaga pemerintah yang menerbitkannya. Dapat juga dilakukan di kantor tempat Anda mendaftarkan paspor atau SIM, seperti yang dijelaskan.

    Sekarang Anda bisa melakukannya sendiri dengan melihat referensi atau beberapa contoh teks prosedur kompleks pada berbagai tema di atas. Misalnya teks prosedur di bandara atau lokasi lainnya.

    Semoga artikel contoh teks prosedur kompleks dengan berbagai tema ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk berkunjung Panduancode.com Informasi untuk artikel bermanfaat dan menarik lainnya!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done