Pengendalian Pertumbuhan Penduduk – Panduancode.com Bukan rahasia lagi jika pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat tinggi. Pertumbuhan po...
Daftar Isi [Tampil]

    Pengendalian Pertumbuhan Penduduk – Panduancode.com Bukan rahasia lagi jika pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat tinggi. Pertumbuhan populasi; Yaitu pertambahan atau penurunan jumlah penduduk akibat kelahiran, kematian dan migrasi.

    Sejauh ini, india menempati peringkat ke-4 dengan jumlah penduduk terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, per Juni 2022, jumlah penduduk Indonesia tercatat sebanyak 275.361.267 jiwa.

    Meski begitu, pertumbuhan penduduk Indonesia dalam beberapa dekade terakhir diperkirakan lebih lambat dibandingkan periode sebelum tahun 1980.



    Bagaimana Mengatasi Pertumbuhan Penduduk?

    Pertumbuhan penduduk Indonesia dalam beberapa dekade terakhir dinilai lebih lambat dibandingkan periode sebelum tahun 1980. Hal ini terkait dengan keberhasilan kebijakan pemerintah yang menerapkan program Keluarga Berencana (PD) dalam menekan laju pertumbuhan penduduk. Selain program KB, ada berbagai cara yang dilakukan negara untuk mengatasi kepadatan penduduk.

    Di bawah ini berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.

    1. Mempromosikan Program Imigrasi

    Salah satu program yang bermanfaat untuk mengatasi kepadatan penduduk tanpa menekan pertumbuhan penduduk adalah program promosi imigrasi. Migrasi merupakan suatu program yang bertujuan untuk memindahkan penduduk dari daerah padat penduduk ke daerah yang masih jarang penduduknya. Migrasi ini akan mendorong pemerataan populasi.

    Jika jumlah penduduk terdistribusi secara merata, hal ini akan membantu mendorong pemerataan pembangunan. Program migrasi akan dialihkan ke berbagai wilayah Indonesia yang berpenduduk lebih sedikit, sehingga mengurangi kepadatan penduduk di daerah padat penduduk.

    Seperti kita ketahui, wilayah yang paling padat penduduknya di Indonesia adalah Pulau Jawa. Bahkan Pulau Jawa dikenal sebagai salah satu pulau terpadat di dunia. Sejauh ini, pemerintah Indonesia telah menerapkan program imigrasi secara besar-besaran. Sasaran program migrasi pemerintah adalah masyarakat Pulau Jawa yang sering dimukimkan kembali di kawasan timur Indonesia, misalnya di Pulau Kalimantan.

    Peserta migrasi biasanya akan diberikan akomodasi dan diberikan lahan untuk bercocok tanam. Banyak dampak positif yang bisa dirasakan dengan cara ini; Tidak hanya pemerataan jumlah penduduk, jumlah pengangguran di Pulau Jawa juga bisa berkurang, dan lahan-lahan kosong yang semula berada di wilayah timur bisa diubah menjadi lahan produktif.

    2. Kesempatan kerja yang setara

    Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar alasan masyarakat berpindah tempat tinggal adalah karena alasan pekerjaan. Memang benar bahwa pasar kerja saat ini masih sangat timpang, dengan banyak pekerjaan yang hanya tersedia di wilayah padat seperti kota-kota besar.

    Selain itu, lapangan kerja juga sering ditemukan di daerah yang sudah mempunyai jumlah penduduk yang besar, karena hal ini memungkinkan tersedianya banyak calon konsumen dan menjamin tidak terjadinya kelangkaan tenaga kerja sehingga produsen dapat mengurangi gaji karyawannya.

    Melihat fenomena tersebut, pemerintah mulai melaksanakan berbagai program pemerataan kesempatan kerja; Dengan kata lain, banyak pabrik yang dibangun di luar Jawa, perkebunan dibuka agar para pengangguran bisa lebih produktif, dan lahan pertanian baru dibuka untuk digarap. dengan mengolah tanah tersebut.

    Pemerintah Indonesia sebenarnya melakukan hal tersebut untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu buktinya, saat ini banyak lowongan kerja di instansi pemerintah yang berada di wilayah luar Pulau Jawa. Hal ini akan mengurangi kepadatan penduduk karena banyak orang yang akan pindah ke luar Pulau Jawa untuk bekerja.

    3. Menekan Pertumbuhan Penduduk dengan Program Keluarga Berencana

    Salah satu cara yang terbukti menjadi solusi efektif dalam mengatasi kepadatan penduduk adalah melalui promosi program keluarga berencana atau KB. Keluarga berencana merupakan program yang dibuat pemerintah untuk masyarakat Indonesia dengan membatasi jumlah anak dan menganjurkan agar sebuah keluarga hanya mempunyai 2 orang anak.

    Dalam program KB, ibu diberikan berbagai cara khusus untuk mencegah kehamilan. Cara yang dilakukan antara lain dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, menggunakan metode KB, menggunakan suntikan dan jarum suntik, dan lain sebagainya. terjadi. Program Keluarga Berencana ini terbukti berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk sehingga jumlah penduduk di Indonesia saat ini tidak terlalu tinggi.

    Sosialisasi program Keluarga Berencana telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dapat diakses di tingkat Puskesmas. Program Keluarga Berencana banyak dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia, namun masih terdapat sebagian masyarakat Indonesia yang tidak mau melaksanakan KB karena menganggap KB tidak sejalan dengan pemahaman dan prinsip yang dianutnya.

    4. Mengesahkan undang-undang yang menetapkan usia minimum untuk menikah

    Dalam beberapa tahun terakhir, sering terjadi kasus anak muda di Indonesia yang menyimpang dari norma. Banyak anak usia sekolah yang hamil di luar nikah dan kemudian dikeluarkan dari sekolah. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, kasus serupa terjadi hampir di setiap negara.

    Hal ini tidak hanya berdampak negatif terhadap masa depan pelajar, namun juga berdampak negatif terhadap kepadatan penduduk di Indonesia dalam jangka panjang. Bayangkan seorang anak usia sekolah menengah akan melahirkan seorang bayi, artinya anak tersebut sudah melahirkan anak kecil lainnya di usia mudanya.

    Jika banyak anak usia sekolah yang sudah memiliki bayi, maka pertumbuhan penduduk di Indonesia pasti akan meledak. Ini bukan hanya tentang hamil di luar nikah; Terkadang di berbagai wilayah Indonesia kita bisa menjumpai orang tua yang sengaja menikahkan anaknya, terutama anak perempuannya, di usia muda.

    Maka untuk mengatasinya, pemerintah mengeluarkan undang-undang untuk mengatasi masalah ini. Undang-undang ini mengatur pengaturan mengenai penentuan usia minimal menikah bagi perorangan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi laju pertumbuhan penduduk dan melampaui kepadatan penduduk.

    5. Pembatasan tunjangan anak bagi PNS dan TNI sampai anak kedua

    Salah satu alasan masyarakat tidak khawatir dengan jumlah anak adalah karena mereka menerima tunjangan anak dari pemerintah atau swasta. Tunjangan ini diambil dari gaji yang diperoleh setiap bulannya. Oleh karena itu, cara pemerintah menekan pertumbuhan penduduk adalah dengan membatasi maksimal tunjangan anak hanya pada anak kedua saja.

    Hal ini sejalan dengan program Keluarga Berencana yang merekomendasikan setiap keluarga sebaiknya mempunyai dua orang anak saja. Dengan terbatasnya tunjangan anak, seseorang pasti akan berpikir dua kali untuk memiliki banyak anak, mengingat semakin mahalnya biaya hidup, terutama biaya pendidikan.

    Namun program ini sulit dilaksanakan di pedesaan karena jumlah pekerja di desa tidak banyak dan masyarakat desa mempunyai anggapan bahwa “semakin banyak anak maka semakin banyak kekayaan”. Namun hal ini dapat membantu mengatasi kepadatan berlebih di wilayah perkotaan.

    6. Pengenaan Tarif Tinggi terhadap Imigran

    Banyak faktor yang mendukung kepadatan penduduk Indonesia, tidak hanya dari segi jumlah penduduk asli Indonesia tetapi juga besarnya jumlah penduduk asing.

    Wisatawan asing yang tidak melakukan perjalanan sehari (pulang pergi dalam satu hari) dari negara asalnya ke Indonesia dan kembali ke negaranya. Banyak juga wisatawan yang merasa nyaman dan tinggal di Indonesia untuk sementara waktu. Hal-hal seperti inilah yang dapat meningkatkan kepadatan penduduk di Indonesia.

    Kegiatan masuknya orang asing ke Indonesia disebut dengan migrasi. Pelaku migrasi ini disebut imigran. Pada umumnya para pendatang akan mengurus berbagai jenis dokumen administrasi serta biaya ketika masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengurangi kepadatan penduduk pendatang adalah dengan meningkatkan tingkat upah administratif. Hal ini diharapkan dapat memberikan efek membuat para pendatang lebih berpikir sebelum menetap di Indonesia.

    7. Diseminasi Pendidikan Kependudukan ke Berbagai Jenjang Pendidikan

    Dapat dikatakan permasalahan kepadatan penduduk merupakan permasalahan yang sangat serius. “Pekerjaan rumah” bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga masyarakat. Masyarakat juga harus mewaspadai dampak negatif kepadatan penduduk karena masyarakat juga merupakan penyebab utama kepadatan penduduk.

    Oleh karena itu, penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai masalah ini. Salah satu caranya adalah dengan memberikan dukungan kepada masyarakat mengenai dampak negatif kepadatan penduduk. Jika sosialisasi dapat tersampaikan dengan baik maka hal ini akan sangat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat yang pada akhirnya akan menurunkan laju pertumbuhan penduduk.

    Dengan demikian, jika masyarakat sendiri sadar akan bahaya dan dampak overcrowding, maka masyarakat juga akan sadar akan jumlah anak yang cukup.

    8. Memperlancar dan meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan

    Pendidikan juga memainkan peran besar dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk. Hal ini terutama berlaku bagi generasi muda yang ingin menikah di usia muda. Pada zaman dahulu, kita banyak menjumpai generasi muda yang baru saja lulus sekolah menengah, tidak melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas dan memutuskan untuk menikah.

    Oleh karena itu, pemerintah berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan agar banyak siswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    Keinginan untuk menikah di usia yang masih sangat muda bisa saja tertunda karena adanya keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Hal ini perlu didorong karena akan memberikan dampak positif bagi banyak pihak.


    Faktor Penyebab Pertumbuhan Penduduk

    Lalu apa saja faktor yang memicu pertumbuhan penduduk yang pesat tersebut? Pertumbuhan penduduk menunjukkan laju pertambahan suatu wilayah atau negara dalam kurun waktu tertentu.

    Pertumbuhan penduduk merupakan perubahan jumlah penduduk yang berupa pertambahan dan penurunan luas daratan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk:

    1. Kematian (Kematian)

    Kematian dapat disebabkan oleh berbagai faktor; misalnya pengaruh usia dan/atau kondisi lingkungan tempat tinggal mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka. Misalnya saja ketidaktersediaan pangan, rendahnya sanitasi lingkungan, serta faktor kesehatan penduduk.

    Selain itu, banyak faktor yang terjadi di luar kendali manusia dan dapat menyebabkan tingginya angka kematian, seperti bencana alam. Jika faktor ini terjadi maka akan menyebabkan angka jumlah penduduk menurun, dan jika angka kematian menurun maka yang terjadi adalah sebaliknya.

    2. Kelahiran (Fertilitas)

    Kelahiran dapat dianggap sebagai faktor utama pertumbuhan penduduk di dunia. Jika angka kelahiran lebih tinggi dari angka kematian, maka angka pertumbuhan mental juga akan meningkat. Faktor kelahiran juga dapat memacu percepatan teknologi kesehatan.

    Namun hal ini juga akan berdampak pada pertumbuhan penduduk yang bisa meningkat secara signifikan akibat peningkatan angka kelahiran. Berbeda dengan kematian yang mempunyai fungsi menurunkan jumlah penduduk, kelahiran akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan laju pertumbuhan penduduk.

    Faktor-faktor yang mendorong kelahiran dapat dibedakan menjadi dua yaitu faktor yang mendukung kelahiran.pro-natalis) dan faktor yang menghambat kelahiran (anti-natalisme). Faktorpro-natalis Hal ini mungkin terjadi karena maraknya pernikahan muda dan anggapan serta prinsip bahwa banyak anak yang mempunyai nasib baik.

    Sedangkan,anti-natalisme Hal ini bisa terjadi bila program Keluarga Berencana (KB) dilaksanakan dengan membatasi jumlah anak dalam keluarga.

    3. Perpindahan (Migrasi)

    Migrasi adalah perpindahan suatu kelompok dari suatu daerah ke daerah lain. Migrasi dilakukan dalam rangka mencari sumber pendapatan baru untuk mencegah kelaparan akibat meningkatnya kepadatan penduduk.

    Pengaruh Negatif Kepadatan Penduduk

    1. Terlalu Banyak Pengangguran

    Salah satu dampak negatif kepadatan penduduk adalah tingginya jumlah pengangguran. Hal ini disebabkan meskipun jumlah lapangan kerja tidak bertambah, namun jumlah penduduk selalu bertambah dan/atau peningkatannya tidak sebanding.

    2. Kejahatan Meningkat

    Dampak lain yang terlihat dari kepadatan penduduk adalah meningkatnya angka kejahatan. Dampak ini juga termasuk dampak tidak langsung. Banyak orang yang tidak mendapatkan pekerjaan akan memaksa orang untuk melakukan tindakan kriminal seperti mencuri, mencopet, merampok dan lain sebagainya.

    3. Banyak sampah yang dibuang sembarangan

    Kepadatan penduduk juga menimbulkan lingkungan yang kotor akibat pembuangan sampah yang sembarangan. Kawasan pemukiman yang terlalu padat otomatis akan menghasilkan lebih banyak sampah dibandingkan yang dapat dipenuhi oleh sampah rumah tangga.

    Itulah beberapa dampak kepadatan penduduk. Seperti yang telah kita ketahui, kepadatan penduduk secara umum mempunyai banyak dampak negatif. Selain dampak yang disebutkan pada poin sebelumnya, masih ada contoh lain seperti berkurangnya ketersediaan lahan, berkurangnya ketersediaan udara bersih, berkurangnya ketersediaan sanitasi, rusaknya lingkungan dan masih banyak lagi. Saya harap artikel ini bermanfaat.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done