Di sana batu ginjal Batu pada rongga ginjal dapat menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh manusia, terutama batu ginjal. Untuk lebih memaha...
Daftar Isi [Tampil]

    Di sana batu ginjal Batu pada rongga ginjal dapat menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh manusia, terutama batu ginjal. Untuk lebih memahaminya, yuk simak penjelasan lengkap mengenai fungsi ginjal dan penyakit yang bisa terjadi pada ginjal.


    Penyakit Akibat Adanya Batu Ginjal Pada Rongga Ginjal

    Ginjal Dikenal sebagai salah satu organ penting pada manusia. Hal ini dikarenakan ginjal mempunyai fungsi dan peran khusus dalam tubuh manusia, terutama dalam proses ekskresi yang terjadi di dalam tubuh manusia.

    Fungsi dan peranan ginjal dijelaskan dalam buku berjudul. Juara Berprestasi Terbaik US/M SD/MI 2017 yang disusun oleh Uly Amalia dan Anggia Eka Purwanti (2016:189) menjelaskan bahwa ginjal merupakan alat ekskresi yang fungsinya menyaring zat asing (terutama urea) dari darah dan mengeluarkannya bersama air dalam bentuk urin. Manusia mempunyai sepasang ginjal yang terletak di sekitar pinggang, di sisi kiri dan kanan perut.

    Karena ginjal memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, maka penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini kemungkinan terjadi jika terdapat kelainan atau penurunan fungsi ginjal.penyakit di dalam tubuh. Misalnya, adanya batu ginjal di rongga ginjal menyebabkan sejumlah penyakit.

    Buku tersebut memberikan contoh penyakit dan kelainan yang terjadi pada ginjal.Ringkasan Biologi Dasar Jilid 2 : Ditulis oleh Diandra Sang Pencipta, Siti Pramitha Retno Wardhani, S.Si. (2022: 211) menjelaskan bahwa terdapat berbagai kelainan dan penyakit pada ginjal.


    Batu Ginjal

    Merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan senyawa kalsium dan asam urat pada rongga ginjal atau kandung kemih, akibat kurang minum air putih atau sering buang air kecil.

    Nefrit

    Kerusakan glomerulus ginjal akibat alergi terhadap racun bakteri. Nefritis biasanya disebabkan oleh bakteri streptokokus. Penyakit ini dapat menyebabkan uremia, yaitu bercampurnya urin dengan darah sehingga menyebabkan air memburuk dan menumpuk di kaki, yang disebut edema.

    Gula Diabetes

    Hal ini terjadi akibat kurangnya hormon antidiuretik dalam tubuh, sehingga volume urin yang dihasilkan cukup banyak, akibatnya penderita harus sering buang air kecil.

    Diabetes

    Akibat kekurangan hormon insulin, kelebihan gula darah tidak dapat diubah menjadi glikogen dan glukosa tetap berada di dalam darah dan akhirnya dikeluarkan melalui urin.

    Albuminuria

    Penyakit yang ditandai dengan adanya molekul albumin dan protein lain dalam urin. Penyakit ini disebabkan oleh rusaknya alat penyaring.

    Hematuria

    Hal ini ditandai dengan adanya sel darah merah dalam urin. Hal ini disebabkan adanya peradangan pada organ kemih atau iritasi akibat gesekan batu ginjal.

    Penjelasan lengkap mengenai penyakit akibat batu ginjal pada rongga ginjal dapat kita pahami sebagai pengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh khususnya ginjal.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done