Seperti namanya, sambil mempelajari geografi, kita tentunya akan belajar tentang berbagai ilmu geografi. Apa itu geografis? Geografis adalah...
Daftar Isi [Tampil]

    Seperti namanya, sambil mempelajari geografi, kita tentunya akan belajar tentang berbagai ilmu geografi. Apa itu geografis? Geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan posisi dan bentuknya terhadap dunia.

    Letak geografis ini dibatasi oleh berbagai ciri geografis di muka bumi dan nama wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah tersebut.

    Misalnya saja letak geografis Indonesia yang berada di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Lalu bagaimana letak geografis suatu negara? Inilah jawabannya!


    Dalam Hal Apa Letak Geografis Suatu Negara Penting?

    Letak geografis suatu negara dapat dipahami dari letaknya di permukaan bumi. Selain itu, letak suatu wilayah dapat dilihat relatif terhadap wilayah lain dari letak wilayah tersebut di dunia.

    Namun secara umum letak geografis suatu wilayah ditentukan oleh aspek astronomi, geografis, geologi, fisiografi, dan sosial budaya. Arti masing-masingnya adalah sebagai berikut.

    1. Lokasi Astronomi

    Letak astronomis adalah kedudukan suatu daerah yang dihubungkan oleh garis lintang dan garis bujur sedemikian rupa sehingga kedua garis tersebut membentuk suatu titik koordinat pada satelit atau peta.

    Misalnya posisi astronomis Indonesia berada di antara 6° LU-11° LS dan 95° BT-141° BT. Pengaruh letak astronomis Indonesia menyebabkan wilayah ini tergolong negara yang beriklim tropis atau panas.


    2. Lokasi Geologi

    Setting geologi adalah kedudukan suatu wilayah relatif terhadap struktur dan komposisi batuan penyusun bumi. Letak geologi Indonesia dicirikan oleh tiga wilayah dangkal: perairan dangkal Sunda, perairan dangkal Sahul, dan peralihan antara keduanya.

    Sunda Shoal merupakan wilayah dangkal yang meliputi wilayah barat Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Beting Sahul meliputi wilayah Indonesia bagian timur yaitu Papua dan sebagian Maluku.

    3. Fisiografi

    Fisiografi merupakan salah satu cabang ilmu Geografi yang mempelajari suatu wilayah atau negara berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya, serta ciri-ciri fisiknya.

    Dapat dikatakan fisiografi merupakan gabungan posisi geografis dan astronomi seperti garis lintang dan garis bujur, letak dengan daerah lain, batuan yang ada di bumi, relief permukaan bumi dan hubungannya dengan laut.

    4. Sosial Budaya

    Letak geografis mempengaruhi kehidupan sosial budaya. Pengaruh letak geografis terhadap jumlah penduduk disebabkan karena letak Indonesia yang berada di persimpangan dua benua dan dua samudera. Inilah dampaknya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia; Indonesia misalnya, sangat dipengaruhi oleh budaya asing.

    Inilah pertanyaan “Bagaimana kedudukan suatu negara ditinjau dari letak geografisnya?” Apakah itu semua artikel tentang pertanyaan itu? dengan penjelasan. Demikianlah artikel yang dapat PC bagikan mengenai pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran geografi dan semoga bermanfaat.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done