Dalam pembelajaran IPA kita mengenal hukum Pascal sebagai salah satu hukum yang dibahas dalam pelajaran sekolah. Ternyata hukum Pascal juga ...
Daftar Isi [Tampil]

    Dalam pembelajaran IPA kita mengenal hukum Pascal sebagai salah satu hukum yang dibahas dalam pelajaran sekolah. Ternyata hukum Pascal juga berlaku pada berbagai alat yang digunakan sehari-hari. Alat Merupakan dongkrak hidrolik yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal. Mari simak uraian lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui contoh alat lainnya.



    4 Alat Yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal

    Hukum Pascal dikenal sebagai salah satu hukum fisika yang membahas secara rinci tekanan yang diberikan oleh suatu zat cair dalam suatu area tertutup dan kemudian diteruskan ke segala arah dengan gaya yang sama. Hukum Pascal ditemukan oleh seorang matematikawan dan fisikawan Perancis bernama Blaise Pascal.

    Pembahasan lengkap mengenai hukum Pascal terdapat pada buku berjudul.Kumpulan Rumus Biologi Fisika Sekolah Menengah Karya Maria Elisabeth E.k., S.si (2017:106) menyatakan bahwa Hukum Pascal merupakan hukum yang menjelaskan sifat tekanan pada zat cair. Hukum Pascal menyatakan bahwa:

    Hukum Pascal kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini kita ketahui dari banyaknya alat khusus yang memudahkan pekerjaan manusia dengan menerapkan hukum Pascal. Alat apa saja yang prinsip pengoperasiannya berdasarkan hukum Pascal?

    Dalam buku berjudulKonsep Dasar dan Penerapan Mekanika Fluida pada Teknik Mesin Ditulis oleh Suhendra, ST, M.Sc. (2019:7) menyatakan bahwa dongkrak hidrolik, mesin pneumatik dan pompa hidrolik merupakan perangkat yang bekerja sesuai prinsip hukum Pascal dan memerlukan fluida agar dapat beroperasi secara maksimal.

    Tidak hanya itu, hukum Pascal juga berlaku pada peralatan hidrolik kendaraan bermotor yaitu rem hidrolik. Pengereman pada kendaraan bermotor dilakukan dengan bantuan zat cair atau fluida transmisi tekanan sehingga gaya yang diberikan pada pedal rem dapat diteruskan ke silinder. mesin Berisi minyak rem.


    Minyak rem pada kendaraan bermotor kemudian menekan bantalan rem yang dihubungkan dengan piringan logam, sehingga timbul gaya gesek antara bantalan rem dengan piringan logam tersebut. Gesekan inilah yang kemudian menahan atau menghentikan putaran roda kendaraan sehingga kendaraan terhenti setelah dilakukan pengereman.

    Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa contoh alat yang prinsip pengoperasiannya berdasarkan hukum Pascal adalah dongkrak hidrolik, rem hidrolik, mesin pneumatik, dan pompa hidrolik. Masing-masing alat ini mengimplementasikan hukum Pascal agar dapat berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat ya!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done