Perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh dua negara atau lebih. Perdagangan internasional da...
Daftar Isi [Tampil]

    Perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh dua negara atau lebih. Perdagangan internasional dapat terjadi karena perbedaan antar negara tersebut. Perbedaan tersebut disebabkan oleh sumber daya alam, tingkat teknologi, selera konsumen, dan lain-lain. Itu mungkin dalam bentuk.


    Jelaskan 3 Faktor Yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Antar Negara

    Tiga faktor yang mendorong perdagangan antar negara adalah:

    1. Perbedaan sumber daya alam

    Sumber daya alam merupakan faktor penting dalam kegiatan produksi. Sumber daya alam tiap negara berbeda-beda. Negara yang kaya akan sumber daya alam tertentu akan mempunyai keunggulan dalam produksi barang atau jasa yang berasal dari sumber daya alam tersebut.

    Misalnya Indonesia yang kaya akan sumber daya minyak bumi. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai posisi yang diuntungkan dalam produksi minyak bumi dan turunannya. Indonesia mengekspor minyak ke negara lain yang membutuhkan minyak.

    Baca Juga: Manfaat Perdagangan Antar Pulau

    2. Perbedaan tingkat teknologi

    Tingkat teknologi juga menjadi faktor penting dalam kegiatan produksi. Negara yang tingkat teknologinya tinggi akan mempunyai keunggulan dalam produksi barang atau jasa yang membutuhkan teknologi tinggi.

    Misalnya Jepang yang memiliki tingkat teknologi tinggi di bidang elektronika. Oleh karena itu, Jepang mempunyai keunggulan dalam produksi barang elektronik. Jepang mengekspor produk elektronik ke negara lain yang membutuhkan produk elektronik.

    3. Perbedaan selera konsumen

    Selera konsumen juga menjadi faktor yang mengarahkan perdagangan antar negara. Selera konsumen berbeda-beda di setiap negara. Negara yang selera konsumennya berbeda dengan negara lain akan mempunyai peluang untuk mengekspor barang atau jasa ke negara tersebut.

    Misalnya, Indonesia mempunyai selera konsumen yang menyukai makanan pedas. Oleh karena itu, Indonesia mengekspor makanan pedas ke negara lain yang memiliki selera konsumen yang sama.

    Selain ketiga faktor tersebut, ada faktor lain yang mendorong perdagangan antar negara:
    • Kebutuhan akan barang atau jasa
    • mencari keuntungan
    • perjanjian perdagangan bebas
    • globalisasi
    Perdagangan internasional mempunyai banyak manfaat bagi negara-negara yang terlibat. Manfaat ini meliputi:
    • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
    • Meningkatkan pendapatan nasional
    • meningkatkan perekonomian
    • Meningkatkan kerja sama antar negara
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done