Bagian terakhir atau penutup dari sebuah teks-teks penjelasan Disebut apakah itu? Teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelask...
Daftar Isi [Tampil]

    Bagian terakhir atau penutup dari sebuah teks-teks penjelasan Disebut apakah itu? Teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan suatu peristiwa.

    Anda mungkin akan familiar dengan teks ekspositori ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Teks deskriptif dapat berupa deskripsi suatu proses atau peristiwa tertentu.

    Penjelasan dalam teks eksplanasi dapat merujuk pada entitas alam atau teori yang berasal dari penelitian sebelumnya. Salah satu ciri teks ekspositori adalah menggunakan kalimat pasif.

    Selain itu, pada umumnya sebagian besar teks eksplanasi menggunakan bahasa atau penjelasan ilmiah. Selain itu, pembahasan umumnya berfokus pada topik umum atau umum.


    Bagian Terakhir Atau Penutup Teks Eksplanasi Disebut?

    Anda tidak boleh sembarangan saat membuat teks deskriptif. Karena ada struktur yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini adalah struktur teks eksplanasi yang baik dan benar.

    1. Gambaran umum

    Seringkali pernyataan umum mencakup berbagai proses dalam suatu peristiwa. Misalnya proses pembentukan, proses pembentukan dan lain-lain.

    2. Kumpulan penjelasan

    Fungsi utama teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan suatu peristiwa atau fenomena tertentu. Oleh karena itu, teks eksplanasi berisi rangkaian kalimat yang menjelaskan bagaimana peristiwa itu bisa terjadi.

    Baca Juga: Kalimat Berikut Yang Termasuk Bagian Isi Dari Teks Negosiasi Adalah

    3. Komentar atau kesimpulan

    Bagian terakhir adalah komentar atau kesimpulan. Pada bagian ini Anda perlu menjelaskan akibat dari suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi.

    Saat ingin membuat teks deskriptif, Anda harus membuat outline terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar pernyataan Anda dapat diterima dengan baik oleh audiens. Jangan sampai target audiens Anda kesulitan memahami pesan yang ingin Anda sampaikan.

    Membuat teks eksplanasi sendiri bisa jadi mudah atau sulit. Meski terkesan cukup sederhana, membuat teks deskriptif dengan baik dan akurat memerlukan keahlian khusus.

    Setelah membaca struktur penulisan teks ekspositori, Anda seharusnya tidak lagi kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan di akhir teks ekspositori. Bagian terakhir atau penutup teks eksplanasi disebut komentar.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done