Secara linguistik, biografi Berasal dari kata Yunani bios yang berarti kehidupan dan graphien yang berarti tulisan. Biografinya seperti diku...
Daftar Isi [Tampil]

    Secara linguistik, biografi Berasal dari kata Yunani bios yang berarti kehidupan dan graphien yang berarti tulisan. Biografinya seperti dikutip dari buku, berdasarkan asal kata.Endonezya Cilt 1, Agus Trianto (2007) Bisa diartikan sebagai tulisan tentang kehidupan.

    Biografi pada dasarnya dapat diartikan sebagai tulisan kisah hidup seseorang oleh orang lain. Meski begitu, biografi sebenarnya juga dapat menggambarkan kisah hidup seseorang, namun biografi jenis ini disebut dengan autobiografi.

    Umumnya, orang-orang yang digambarkan dalam teks biografi adalah orang-orang yang memiliki kisah sukses, kisah pengabdian yang berjasa, atau kisah latar belakang. angka-tokoh lainnya. Contoh biografi yang bisa kita temukan berdasarkan terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI antara lain buku biografi karya Cut Nyak Dien, Mohammad Hatta dan lain-lain.


    Contoh Teks Biografi Singkat

    Mengingat biografi berasal dari kata Yunani bios yang berarti kehidupan dan graphien yang berarti menulis, maka secara umum teks biografi berisi tentang kisah hidup seorang tokoh yang diceritakan secara tertulis oleh orang lain. dalam pelajaran bahasa Indonesia Teks biografi mudah dikenali karena mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

    Baca Juga: Daya Tarik Kota Bagi Masyarakat Yang Tinggal Di Desa Adalah
    • Memberikan informasi tentang karakter atau profil seseorang
    • Artikel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga
    • Tulisan-tulisannya cenderung formal dan bersifat naratif
    • Karena berisi biografi tertulis, maka memuat informasi tentang tempat lahir, latar belakang pendidikan, profesi, dll. Berisi fakta dengan detail.
    • Strukturnya terdiri dari prompt (perkenalan awal), catatan peristiwa penting, dan redirect (kesimpulan atau interpretasi penulis terhadap cerita tokoh).
    Untuk memahami seperti apa teks biografi sederhana, lihatlah contoh biografi di bawah ini:
    • BJ Habibie lahir pada tanggal 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Nama lengkap presiden ketiga Indonesia adalah Prof. DR (HC). bahasa Inggris Dr. Sc. Banyak. Bacharuddin Jusuf Habibie. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Presiden ketujuh Republik Indonesia. Ibu Habibie berasal dari Pulau Jawa dan Ayahnya berasal dari Pare-Pare. Sejak kecil, ia memiliki kepintaran di bidang teknologi dan sains, khususnya fisika.
    • Beliau belajar Teknik Mesin di ITB atau Institut Teknologi Bandung selama enam bulan, kemudian melanjutkan pendidikan di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule di Jerman pada tahun 1955. Ibunya, R.A., membiayai pendidikannya. menyambut. Tuti Marini Puspowardoyo. Butuh waktu 10 tahun bagi Habibie muda untuk menyelesaikan studi sarjana hingga doktoralnya di Aachen, Jerman. Berbeda dengan kebanyakan pelajar Indonesia yang menerima beasiswa di luar negeri, ibu mereka membiayai pendidikan mereka selama masa studi sarjana dan pascasarjana, dimana ibu Habibie menjalankan bisnis katering dan menyewa rumah di Bandung sebagai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membayar biaya kuliah Habibie di universitas. 
    • Semasa kuliah di Jerman, Habibie belajar dan mempelajari desain dan konstruksi pesawat terbang di Fakultas Teknik Mesin. Butuh waktu lima tahun untuk menyelesaikan studinya di Jerman, di mana Habibie menerima Dilpom-Ingenenieur, atau diploma teknik, yang mencakup summa cum laude.
    • Habibie yang menikah dengan teman SMA-nya Hasri Ainun Besari Hanım pada tahun 1962, melanjutkan program doktoralnya bersama istrinya yang tinggal bersamanya di Jerman. Saat itu, Habibie harus bekerja untuk membiayai biaya kuliah dan biaya rumah tangga. Ia banyak berjasa bagi negeri ini sepanjang hidupnya, ia menciptakan pesawat terbang pertama di Indonesia.
    Demikian ulasan singkat biografinya. Saya harap informasi ini bermanfaat!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done